Transformasi Komunikasi Massa Era Digital Antara Peluang Dan Tantangan

Kamaruddin Hasan, Asmaul Husna, Muchlis Muchlis, Dwi Fitri, Zulfadli Zulfadli

Abstract


Komunikasi massa telah mengalami transformasi signifikan seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam era digital. Era digital telah membawa perubahan fundamental dalam cara informasi disampaikan, diterima, dikonsumsi dan feedback. Era digital telah memberikan dampak besar terhadap praktik dan transformasi komunikasi massa.Transformasi ini memberikan peluang baru sekaligus tantangan yang signifikan bagi komunikasi massa era digital. Untuk itu, tulisan ini mencoba menganalisis dampak transformasi komunikasi massa era digital, menyoroti peluang dan tantangan yang dihadirkan oleh teknologi komunikasi modern. Metode kepustakaan menjadi pilihan penelitian ini. Metode kepustakaan berperan penting dalam merumuskan dasar teoritis dan kerangka konseptual. Analisis komprehensif terhadap literatur yang relevan dengan komunikasi massa, teknologi digital, dan tren konsumsi informasi dilakukan untuk memahami perubahan yang telah terjadi. Pendekatan kualitatif digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari berbagai tulisan ilmiah, buku, laporan penelitian, dan sumber-sumber terpercaya lainnya. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa transformasi komunikasi massa dalam era digital telah membawa dampak signifikan pada berbagai aspek public, termasuk pola konsumsi informasi, interaksi sosial, dan bentuk-bentuk komunikasi. Tantangan utama yang dihadapi meliputi perluasan perangkat lunak dan platform digital, polarisasi informasi, privasi data, dan ketergantungan pada algoritma. Namun, era digital juga memberikan peluang baru, seperti partisipasi aktif public dalam pembentukan informasi, peningkatan akses informasi global dan kemampuan untuk membangun jejaring sosial lintas batas. Hasil kajian ini menunjukan bahwa transformasi komunikasi massa dalam era digital adalah fenomena yang kompleks dan terus berkembang. Tantangan dan peluang yang muncul memerlukan pendekatan yang konfrenhensif baik dari kalangan akademisi, praktisi media dan pengambil kebijakan untuk memastikan bahwa transformasi komunikasi massa ini memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi publik secara keseluruhan. Selain itu, perlu pendekatan yang tepat dan cepat, literasi media digital, kerangka regulasi yang efektif. Akademisi, pemerintah, praktisi, pelaku industri media dan masyarakat secara bersama-sama dapat memaksimalkan potensi positif dari transformasi ini sambil mengatasi pengaruh dan dampak negatif

Keywords


Transformasi Komunikasi Massa; Era Digital; Peluang dan Tantangan

Full Text:

PDF

References


Alo liliweri, (2011). Komunikasi Serba Ada Serba Makna.Jakarta : Prenada Media. Group

Ardianto, Elvinaro, dkk. (2004). Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Book, Cassandra L. (1980). Human Communication: Principles, Contexts, and Skills. New York :St. Martin‟s Press.

Bungin, Burhan. (2006). Sosiologi Komunikasi : Teori, Paradigma, dan Diskursus. TeknologiKomunikasi di masyarakat, Jakarta : Kencana pernada Media. Group.

Boyd, D., & Ellison, N. (2008). Social Network Sites: Definition, History, and Scholarship. Journal of Computer-Mediated Communication, 13(1), 210-230.

Blood, R. (2000). Weblogs: A history and perspective. Rebecca's Pocket.

Diah Wardhani. (2008). Media Relations: Sarana Membangun Reputasi. Organisasi. Yogyakarta. Graha Ilmu. Dowling, Grahame R. 1994.

De Veirman, M., Cauberghe, V., & Hudders, L. (2017). Marketing through Instagram influencers: the impact of number of followers and product divergence on brand attitude. International Journal of Advertising, 36(5), 798-828.

Effendy, Onong Uchjana. (2002). Ilmu Komunikasi Teori Dan Praktek. Bandung: PT Remaja

Höflich, J. R. (2016). Communication and social change in developing countries: A long thorny path. In Media and Social Change (pp. 13-27). Springer, Cham.

Jenkins, H. (2006). Convergence culture: Where old and new media collide. New York University Press.

Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons, 53(1), 59-68.

Lee, J. (2019). Augmented Reality: An Overview and Five Directions for AR in Education. Journal of Educational Technology & Society, 22(2), 85-96.

McQuail Teori Komunikasi Massa , Edisi 6 Buku 1. Jakarta: Salemba Humanika

Nurudin. 2007. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada. Pratikto, Riyono. 1987, Berbagai Aspek Ilmu Komunikasi.

Oxford Internet Institute (www.oii.ox.ac.uk) - Meneliti tentang interaksi manusia dan teknologi digital.

Thompson, M. (2019). Podcasting: New Aural Cultures and Digital Media. Springer.


Article Metrics

 Abstract Views : 1285 times
 PDF Downloaded : 282 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Kamaruddin Hasan, Asmaul Husna, Muchlis Muchlis, Dwi Fitri, Zulfadli Zulfadli

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office Program Studi Ilmu Politik - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh Kampus Bukit Indah - Lhokseumawe Telp/Fax: 0645 - 58450367 email: ilmu_politik_unimal@yahoo.com http://www.unimal.ac.id http://www.fisip-unimal.com

STAT COUNTER