PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN MINAT BELAJAR

rohantizani z, nuraina nuraina, novia novia

Abstract


Penelitian ini dilakukan atas dasar rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMPS Iskandar Muda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pendekatan pembelajaran contextual teaching and learning pada materi sistem persamaan linear dua variabel dan minat siswa melalui penerapan pendekatan contextual teaching and learning. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian ini menggunakan nonequivalent control group design, Penelitian ini menggunakan uji sebelah pihak yaitu pihak kanan dan dari hasil uji man-whitney u-test diperoleh asymp.sig (1-tailed) yaitu 0,000 < α=0,005 yang menunjukkan bahwa đ»0 ditolak. Artinya pembelajaran dengan pendekatan contextual teaching and learning lebih baik secara signifikan dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Pendekatan contextual teaching and learning juga dapat meningkatkan minat belajar siswa terlihat dari hasil uji hipotesis dimana nilai sig. < 0,05. Siswa memberi  respon positif terhadap pembelajaran contextual teaching and learning.


Keywords


problem solving; interest; linear equal systems

Full Text:

PDF

References


Budiarto, A. 2012. “Penerapan Strategi Pembelajaran CTL (contextual teaching and learning) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Pada Mata Pelajaran Sistem Pengapian Di SMK Muhammadiyah 1 Bantul”. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Gisty, N. A. 2018 “Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Aritmatika Sosial Di kelas VII MTs Swasta Taman Pendidikan Islam (TPI) Sawit Seberang Tahun Pelajaran 2017/2018”. Skripsi. Universitas Islam Negeri, Medan.

Hake, R.R. 2007. Design-Based Research In Physics Education: A Review in A.E., Kelly, R.A. Lesh, & J.Y. Back, ads, (in press), Handbook of Design Research Methods in Mathematics, Science, and Technology Education. Erlbaum. (Online).www. Physics.indiana.edu, /~hake/DBR-Physics3.pdf. Diakses tanggal 05 November 2019

Junita, R. 2019. “Analisis Minat Belajar Dan Aktivitas Belajar Melalui Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pesisir Selatan”. Skripsi. Universitas Lampung

Khaerunisa, A. A. 2012. “Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dalam Membuat Hiasan Pada Busana (Embroidery) Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe 73 Numbered Head Together Di SMK Karya Rini Yogyakarta”. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta

Laili, H. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa MTs Nurul Hakim Kediri Ditinjau Dari Segi Gender”. Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan. Volume 5. Nomor 2. November 2016.

Lestari, I., Anding, Y., & Mailizar. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Situation Based Learning Dan Kemamdirian Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis”. Journal Nasional Pendidikan Matematika, vol. 3, no. 1, Maret 2019 : 95-108.

Rizqi, A. A. 2016. “Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa melalui Blended Learning Berbasis Pemecahan Masalah”. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 191-202. Retrieved from https: //journal. unnes. ac. id/sju/index. php/prisma/article/view/21457

Santosa, R.H., Khamid, A. 2016. “Keefektifan Pendekatan PBL dan CTL Ditinjau Dari Komunikasi Matematis Dan Motivasi Belajar Siswa SMP”. Jurnal Pendidikan Matematika, volume 11, No. 2, Desember 2016: 111-122.

Sariningsih, R. 2014. “Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP”. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STIKIP Siliwangi Bandung.Vol. 3.No. 2. September 2014

Sholihah, D. A., Mahmudi, A. 2015. “Keefektifan Experiental Learning Pembelajaran Matematika MTs Materi Bangun Ruang Sisi Datar”. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. Volume 2. Nomor 2. November 2015.

Sugiyono 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Ulya, H. 2016. Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Bermotivasi Belajar Tinggi Berdasarkan Ideal Problem Solving. Jurnal Konseling GUSJIGANG. Volume 2, No. 1, Juni2016: 9

Yulinda, N., Irawati, R., Gusrayani., D. (2016). “Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Kepercayaan Diri Siswa Pada Materi Volume Kubus Dan Balok”. Jurnal Pena Ilmiah. Volume 1. Nomor 1.




DOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v2i2.9268

Article Metrics

 Abstract Views : 133 times
 PDF Downloaded : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 rohantizani z, nuraina nuraina, novia novia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats