PERAN MODEL PEMBELAJARAN NHT TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI DALAM MATERI SATUAN BERAT SD
Abstract
NHT merupakan suatu model pembelajaran berkelompok yang setiap anggota kelompoknya bertanggung jawab atas tugas kelompoknya, sehingga tidak ada pemisahan antara siswa yang satu dan siswa yang lainnya dalam satu kelompok untuk saling memberi dan saling menerima. Dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana peran model pembelajaran NHT terhadap hasil belajar dan motivasi dalam materi satuan berat SD, metode penelitian ini yaitu studi kepustakaan atau literatur review bisa disebut suatu riset kepustakaan. Hasil belajar mencakup kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik. Yang harus diingat, hasil belajar adalah perubahan perilaku keseluruhan bukan hanya salah satu aspek potensi kemanusian saja. Hasil belajar dipengaruhi banyak faktor karena manusia dalam mencapai hasil belajar tidak hanya menyangkut aktivitas fisik saja. Hakikat dari motivasi belajar merupakan dorongan internal dan eksternal pada anak didik yang sedang belajar untuk merubah tingkah laku.
Kata kunci: NHT, Studi Pustaka, Peran
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v2i2.7466
Article Metrics
Abstract Views : 348 timesPDF Downloaded : 156 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Fadhilah Putri Amalia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats