PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL

Wulan Ndari, Maryana Maryana, Yeni Listiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis inkuiri terbimbing yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model ADDIE, yaitu 1) Analysis, 2) Desain, 3) Development, 4) Implementation, dan 5) Evaluation. Instrumen pengumpulan data penelitian adalah lembar validasi LKS dan lembar angket respon siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data uji ahli materi dan ahli media serta data angket respon siswa. Uji coba produk dilaksanakan di kelas VII MTsN 2 Aceh Utara. Data hasil penelitian diperoleh hasil validasi ahli media 95,84% dengan kategori sangat valid, dan hasil validasi ahli materi 84,73% dengan kategori valid. Hasil kepraktisan LKS kelompok kecil 84,17% dengan kategori praktis, dan hasil kepraktisan LKS kelompok besar 92,5% dengan kategori sangat praktis. Sehingga diperoleh LKS berbasis inkuiri terbimbing pada materi aritmatika sosial yang valid dan praktis.

 

Kata Kunci : Lembar Kerja Siswa (LKS), Inkuiri Terbimbing, Aritmatika Sosial


Keywords


Lembar Kerja Siswa (LKS), Inkuiri Terbimbing, Aritmatika Sosial

Full Text:

PDF

References


Armis, & Suhermi. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning Untuk Siswa Kelas VII Semester 1 SMP/MTs Materi Bilangan dan Himpunan. Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 25-42.

Astuti, P., Purwoko, & Indaryanti. (2017). Pengembangan LKS untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Mata Pelajaran Matematika di Kelas VII SMP. Jurnal Gantang, 145-155.

Habibi, A., & Irawati, T. N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting Learning (PPL) dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Islam jember, 33-43.

Hidayanti, D., & Utami, T. H. (2016). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Matematika Dengan Pendekatan Saintifik pada Pokok Bahasan Garis Singgung Lingkaran untuk SMP Kelas VIII. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 42-56.

Lahagu, F. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Mata Pelajaran Ekonomi pada Materi Sistem dan Alat Pembayaran kelas X di SMA Negeri 1 Prambanan. Sleman: https://repository.usd.ac.id.

Marno. (2019). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta Selatan: DITPAIS.

Nurliana. (2017). Pengembangan LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Tekanan Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Malang: http://etheses.uin-malang.ac.id.

Sukma, L. K., & Muliati, S. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Saintifika, 59-63.

Tegeh, M., Nyoman, J., & Ketut, P. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v2i1.7302

Article Metrics

 Abstract Views : 238 times
 PDF Downloaded : 30 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Wulan Ndari, Maryana Maryana, Yeni Listiana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats