ANALISIS SELF-CONFIDENCE SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MASA PANDEMI COVID-19

Reza Muliadi, Mutia Fonna, Herizal Herizal

Abstract


Pandemi Covid-19 telah membuat sistem pembelajaran mengalami perubahan. Perubahan tersebut berdampak pada aspek self-confidence siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aspek self-confidence siswa kelas XI SMA Negeri 1 Dewantara dalam pembelajaran matematika di masa pandemi Covid-19. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiannya adalah penelitian survei. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Dewantara dengan sampelnya siswa di kelas XI MIA 1, XI MIA 2, XI MIA 4, XI MIA 5, dan XI IIS yang dipilih menggunakan teknik sampling purposive. Instrumen yang digunakan adalah angket/kuesioner. Analisis data dilakukan secara deskriptif, yaitu menjelaskan bagaimana kemampuan self-confidence siswa dan menentukan kategori self-confidence siswa dengan menggunakan kategorisasi mean hipotetik. Hasil penelitian yang didapat diantaranya: (1) Siswa percaya diri saat melaksanakan pembelajaran matematika, namun kurang percaya diri pada materi atau soal yang (2) Aspek self-confidence siswa berada di kategori sedang.


Keywords


Pandemi Covid-19, Pembelajaran Matematika, Self-Confidence

Full Text:

PDF

References


Dewi, S., & Minarti, E.D. (2018). Hubungan Antara Self-Confidence Terhadap Matematika dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Lingkaran. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 189-198.

Hendriana, H., Rohaeti, E.E, & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematika Siswa. Bandung: Refika Aditama.

Islami, A., & Rusliah, N. (2020). Pengaruh Self Confidence Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami, 3(1) : 187-193.

Kemendagri. (2020). Pedoman Umum Menghadapi Pandemi Covid-19 Bagi Pemerintah Daerah Pencegahan, Pengendalian, Diagnosis dan Manajemen. Jakarta: Kemendagri.

Kemendikbud. (2013). Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.

Kementdikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nomor 58, Tahun 2014, tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama (SMP)/ Madrasah Tsanawiyah (MTs). Jakarta: Kemendikbud.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M.R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Masruroh, A. A., Faturohman, Y, Hidayat, W, & Rohaeti, E. E. (2019). Analisis Self-Confidence Siswa Kelas X HT 3 SMK Sangkuriang 2 Dalam Pembelajaran Matematika. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 2(6), 379-384.

Siyoto, S., & Sodik, M.A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Sleman: Literasi Media Publishing.

Sugiyono. (2007). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v1i2.6496

Article Metrics

 Abstract Views : 204 times
 PDF Downloaded : 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Reza Muliadi, Mutia Fonna, Herizal Herizal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats