PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 2 DEWANTARA

Ria Andriana, Muliana Muliana, Yeni Listiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diterapkan melalui model pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diterapkan melalui pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental design dengan rancangan nonequivalent control group design. Teknik pemilihan sampel yaitu menggunakan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 2 Dewantara, sedangkan yang menjadi sampelnya adalah dua kelas yaitu kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-B sebagai kelas kontrol. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan obsevasi kegiatan guru dan siswa. Data dianalisis dengan menggunakan SPSS versi 18 dengan uji prasyarat menggunakan uji Mann-Whitney U-Test. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa skor rataan N-gain siswa yang menerapkan model pembelajaran berbasis masalah sebesar 0,8381 (kategori tinggi)  lebih tinggi dari siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional sebesar 0,4191 (kategori sedang). Dari hasil uji Mann-Whitney U-Test di atas didapat nilai Asymp. Sig  (2-tailed) yaitu 0,000< α = 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menerapkan model pembelajaran berbasis masalah lebih  baik secara signifikan daripada siswa yang hanya mendapat pembelajaran konvensional. Dan hal itu juga terlihat dari aktifitas guru sebesar 83,63% (kategori sangat  baik) dan aktivitas siswa sebesar 77,7% (kategori sangat  baik) sehingga dapat disimpulkan bahwa selama kegiatan pembelajaran siswa dapat beradaptasi dengan model yang diajarkan sehingga didapatkan nilai yang meningkat.


Keywords


Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Pembelajaran Berbasis Masalah, Garis dan Sudut

Full Text:

PDF

References


Anas, M. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV MIN Sepabatu Kecamatan Tinambung Kabupaten Polewali Mandar. Sulawesi Selatan: Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar.

Arends, R. I. (2007). Learning To Teach. New York: McGraw-Hill.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Handayani, D. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di Kelas VIII MTS S Al-Washliyah Tahun Ajaran 2016/2017. Sumatera Utara: Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UINSU.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2018). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT Aditama.

Kennedy, Leonard, M., Tipps, Steve, &. J., & Art. (2008). Guiding Children's Learning of Mathematics. Belmont, USA: Thomson Wadsworth.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematicsا. NCTM.

Rusman. (2016). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v1i1.4305

Article Metrics

 Abstract Views : 102 times
 PDF Downloaded : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.