PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA KELAS X MA SWASTA AL ZAHRAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh metode pembelajaran Two Stay Two Stray ( TSTS ) lebih baik daripada siswa yang memperoleh metode pembelajaran biasa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan quasi eksperiment dengan menggunakan nonequivalent control grup design. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan komunikasi matematis terbagi atas pretest dan Posttest. Analisis data yang dilakukan untuk tes kemampuan komunikasi matematis menggunakan uji-t karena data skor N-Gain berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen, kemudian data diolah menggunakan software SPSS 18. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh hasil penelitian bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Two Stay Two Stray lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran biasa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ansari, I. B. (2015). Komunikasi Matematik Strategi Berpikir dan Manajemen Belajar Konsep dan Aplikasi . Banda Aceh: Penerbit Pena.
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Hendriana, H. R. (2018). Hard Skills dan Soft Skills. Bandung: PT Refika Aditama.
Hidayati, P. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Knisley Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMP. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Lie, A. (2007). Cooperative Learning Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang Kelas. Jakarta: PT Grasindo.
Nasional, D. P. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. United States of America: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
Nuraina. (2012). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Disposisi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments di Kelas VII SMP Negeri 1 Gandapura Kabupaten Biereun. Medan: Universitas Negeri Medan .
Riznanda, A. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self Regulated Learning Siswa Dengan Menggunakan Metode Discovery Learning Pada Materi Relasi dan Fungsi. Aceh Utara: Universitas Malikussaleh.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian . Bandung: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v1i1.4291
Article Metrics
Abstract Views : 346 timesPDF Downloaded : 56 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats