PENGARUH PENDEKATAN OPEN ENDED BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIFMATEMATIS SISWA

Nur Al Fira Sirait, Fajriana Fajriana, Rifaatul Mahmuzah

Abstract


Hasil observasi awal diperoleh bahwa siswa selama ini hanya dilatih dengan soal tertutup dan juga belum terbiasa menemukan  cara lain dalam menyelesaikan persoalan yang sedang dipelajarinya sehingga mengakibatkan siswa kurang mampu dalam memecahkan masalah yang menuntut siswa untuk berpikir kreatif. Untuk mengatasi masalah tersebut maka peneliti menggunakan pembelajaran pendekatan Open Ended. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pendekatan Open Ended berbantuan Video Animasi terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimental dan rancangan penelitian the nonequivalent posttest-only control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP tahun ajaran 2022/2023. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol yang diproleh dengan teknik purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes akhir (post-test). Analisis data yang dilakukan menggunakan uji-t sampel bebas karena data yang diperoleh berdistribusi normal dan homogen. Data diolah menggunakan software SPSS 26 dengan kriteria pengujiannya tolak  jika nilai sig. . Dari hasil uji-t diperoleh hasil signifikan 2-tailedsehingga  ditolak dan  diterima. Berdasarkan analisis tersebut disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan Open Ended berbantuan Video Animasi terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.


Keywords


Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa, Open Ended Berbantuan Video Animasi

Full Text:

PDF

References


Abidin, J., Euis Eti Rohaeti, M. A. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP KELAS VIII Pada Materi Bangun Ruang. Pembelajaran Matematika Inovatif, 1, 779–784. https://doi.org/10.29407/nor.v5i1.12096

Arifani, N. H., Sunardi, & Setiawani, S. (2015). Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa SMP Kelas VIII di SMP Negeri 6 Jember, SMP Al Furqan 1, SMP Negeri 1 Rambipuji, dan SMP PGRI 1 Rambipuji. Jurnal Kadikma, 6(2), 159–172.

Aripin, U., & Purwasih, R. (2017). Penerapan Pembelajaran Berbasis Alternative Solutions Worksheet Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 225–233. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i2.989

Eni Defitriani, E. (2014). Profil Berpikir Kreatif Siswa Kelas Akselerasi Dalam Memecahkan Masalah Matematika Terbuka. Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 65. https://doi.org/10.20884/1.jmp.2014.6.2.2905

Mulyati, S., Suryani, Y., & Setiawan, I. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Open Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Variabel Moderator Motivasi Belajar. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 16(02), 123–132. https://doi.org/10.25134/equi.v16i02.2174

Nisa, K. W. (2013). Pengaruh Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Listrik Dinamis Kelas X Di Sman I Gondang Tulungagung. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 02(03), 143–146.

Pangestu, N. S., & Hasti Yunianta, T. N. (2019). Proses Berpikir Kreatif Matematis Siswa Extrovert dan Introvert SMP Kelas VIII Berdasarkan Tahapan Wallas. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 215–226. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.472

Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006. Mentri Pendidikan Nasional. hlm 346

Putri, A. A., & Simanjuntak, E. (2022). Pengaruh Pendekatan Open-Ended Berbantuan Video Animasi terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa di Kelas VIII SMP Negeri 2 Kualuh Selatan. Jurnal Inspiratif, 8(2), 85–96.

Suryadi. (2017). Penerapan Pendekatan Open Ended Pada Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Di Kelas VII SMPN 4 BANDA ACEh. Skripsi, 68.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Wanelly, W., & Fauzan, A. (2020). Pengaruh Pendekatan Open Ended dan Gaya Belajar Siswa terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Jurnal Basicedu, 4(3), 523–533. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.388

Widianti, V. A. (2019). Pengaruh Pendekatan Open Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Self Efficacy Dalam Pemecahan Masalah Fisika.




DOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v3i2.13769

Article Metrics

 Abstract Views : 60 times
 PDF Downloaded : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Fajriana Fajriana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats