Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dengan Menggunakan Model Talking Stick Berbantuan Video Animasi

Susanti Sri Anggreny Pangaribuan, Muliana Muliana, Erna Isfayani, Hayatun Nufus, Amam Taufiq Hidayat

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh suatu permasalahan yaitu rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dan kurangnya penggunaan media pada proses pembelajaran. Demikian diberi solusi dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick dengan berbantuan video animasi yang bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa menggunakan model pembelajaran Talking Stick berbantuan video animasi lebih baik daripada pembelajaran biasa. Pendekatan penelitian berbentuk kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperiment dan menggunakan nonequivalent control group design. Adapun populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VII MTsS Darul Falah, sedangkan yang menjadi sampel yaitu siswa kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-B sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik sampling total. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui tes dan non tes untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pretest-posttest dan data tersebut dianalisis menggunakan uji t. Data diolah menggunakan software SPSS 25. Hasil signifikan statistik nilai asyimp sig (2-tailed) adalah 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka 𝐻o ditolak sehingga hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan model Talking Stick lebih baik daripada pembelajaran biasa pada kelas VII MTsS Darul Falah.

Keywords


Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis; Talking Stick; Video Animasi

Full Text:

PDF

References


Fitriana, P. (2018). Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep dengan Model Pembelajaran Kontekstual (CTL) dan Model Pembelajaran Quantum Teaching pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII SMP Muhammadiyah 16 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2017/2018. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Hapsari, Gita Permata Puspita., & Z. (2021). Analysis Of The Needs of Animated Video Media Based on The Canva Application in Science. Pancasakti Science Education Journal, 6(1), 22–29. https://doi.org/10.24905/psej.v6i1.43

Juwita, N. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Model Inkuiri Pada Siswa SMP. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

Kadir, & Mayden. (2017). Mathmatical Communication Skill of Junior Secondary School Student in Coastal Area. Jurnal Teknologi: Social Sciences.

Lembaga Negara Republik Indonesia. (2003). Undang Undang No. 20 tahun 2003. Sekretariat Negara.

Rahmayanti, L., & Istianah, F. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Se-Gugus Sukondono Sidoarjo aily Rahmayanti PGSD FIP Universitas Negeri Surabaya Abstrak. 06(04), 429–439.

Rizky, Y. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Aritmatika Sosial Melalui Penerapan Model Probing Prompting Pada Siswa Kelas VII Pondok Pesanten Darul Istiqomah Huta Padang Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara. IAIN Padangsidimpuan.

Sugiono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sumaryati, S. (2017). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS. Universitas Lampung.

Wahab, A., & Dkk. (2021). Efektifitas Pembelajaran Statistika Pendidikan Menggunakan Uji Peningkatan N-Gain di PGMI. Jurnal Basicedu, 5(2), 1039–1045.

Wisada, P. D., Sudarma, I. K., & Yuda S, A. I. W. I. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735




DOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v3i2.12384

Article Metrics

 Abstract Views : 69 times
 PDF Downloaded : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Susanti Sri Anggreny Pangaribuan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats