PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR

faizal kamal, Nina Rahayu

Abstract


Peningkatan pengembangan karakter di sekolah dasar dapat dicapai dengan memasukkannya ke dalam pembelajaran. Tujuan pendalaman ini adalah buat memperjelas penataan pendidikan karakter dengan  pendidikan matematika pada sekolah dasar (perancangan kelas, penerapan pendidikan,  penilaian pembelajaran matematika, dan lain-lain). teknik yang digunakan yaitu kualitatif dan tergantung pada jenis penelitian kepustakaan. Dengan kata lain, ia menggunakan banyak informasi literatur untuk mensurvei subjek penelitian. Metode menguraikan  data yang digunakan yaitu analisis data yang saling berhubungan  langsung memakai teknik Miles dan Huberman. Tujuan pendalaman adalah: 1) mengelola  pendidikan karakter dengan pembelajaran matematika seperti rancangan strategi dan RPP seperti mengajarkan karakter tentang bersifat kritis dan memberikan kartu asesmen kepribadian kepada siswa; perhitungan pribadi yang tersirat  dalam silabus dan RPP adalah  religius, integritas, disiplin, demokrasi, kreatif, rasa keingintahuan, toleransi, peduli masyarakat, komunikasi dan bertanggung jawab. 2) Pengolahan pembelajaran karakter melalui ketangkasan persiapan pembelajaran matematika mengandaikan pendidik sudah mengenal agama, disiplin, metode, dan penerapan perlindungan lingkungan. 3) Pengembangan pendidikan karakter dalam penilaian pembelajaran. Guru matematic menyelenggarakan ujian harian dan menilai siswa dengan mengamati sikap, pengetahuan, dan keterampilan belajar mereka. Evaluasi atau penilaian pembelajaran yang berlangsung dalam proses pembelajaran atau tes dapat dilakukan dengan cara mengamati sikap, keilmuan dan berketrampilan sosial keagamaan murid

Keywords


pendidikan matematika; pendidikan karakter; sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Amelia, W., Marini, A., & Nafiah, M. (2022). Pengelolaan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 520–531.

Dalam, K., & Matematika, P. (2013). PENERAPAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA Urip Tisngati Pendidikan Matematika, STKIP PGRI Pacitan. 664–676.

Judiani, S. (2010). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum. 16(April).

Juhartutik, J. (2011). Menjadi Guru Matematika Kreatif dan Berwawasan Pendidikan Karakter. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 2(1).

Manullang, M. (2014). Manajemen pembelajaran matematika martua manullang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 21(2), 1–6.

Novianti, D. E. (2021). JPE ( Jurnal Pendidikan Edutama ) Vol . 8 No . 2 Juli 2021. 8(2), 117–124.

Pendidikan, P., Jurusan, M., Stain, T., Abstrak, P., Sekolah, B., Pertama, S. M., Umum, S. M., Dasar, S., Pertama, S. M., Umum, S. M., Sekolah, M., Sekolah, M., & Kunci, K. (n.d.). HAKIKAT PENDIDIKAN MATEMATIKA Oleh: Nur Rahmah. 1–10.

Santoso, E. (2020). PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA. 2(2), 35–41.

Siswondo, R., & Agustina, L. (2021). Penerapan Strategi Pembelajaran Ekspositori untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran Matematika. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(1), 33–40. http://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/3155




DOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v3i2.11892

Article Metrics

 Abstract Views : 150 times
 PDF Downloaded : 66 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 faizal kamal, Nina Rahayu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats