ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN MEANS ENDS ANALYSIS PADA HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI MIN 2 ACEH TAMIANG

Jihan Ayu Fadila, Nina Rahayu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis model pembelajaran Means Ends Analysis pada hasil belajar matematika siswa di MIN 2 Aceh Tamiang. Jenis penelitian adalah kualitatif. Subjek penelitian siswa kelas II di MIN 2 Aceh Tamiang yang berjumlah 23 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan2adalah tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menujukkan bahwa pada saat proses pembelajaran siswa mengalami kesulitan memahami maksud dari soal cerita sehingga kebingungan menyelesaikan soal. Siswa hanya membaca soal, namun sulit memahami tujuan dari soal. Pada tahapan atau langkah model pembelajaran MEA, guru terlebih dahulu menjelaskan apa itu soal cerita dan guru membantu siswa mendefinisikan maksud dari soal cerita tersebut. Guru mengarahkan siswa untuk memahami apa yang diketahui dan ditanyakan dari soal cerita. Dengan demikian ada peningkatan hasil belajar matematika siswa setelah menggunakan model pembelajaran MEA.Kata Kunci: Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) dan Hasil Belajar Matemtika Siswa

Keywords


model pembelajaran MEANS ANALYSIS dan hasil belajar matematika siswa

Full Text:

PDF

References


Anwar, Chairul. 2014. Hakikat Manusia dalam Pendidikan. Yogyakarta: Suka-Press.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta: Rineka Cipta.

Azhari, Muhammad. 2017. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII-F SMPN 14 Banjarmasin melalui Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA). EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.5 No 1.

Haider, Hilde and Alexander Eichler, dkk. 2014. How we use what we learn in Math: An Integrative account of the development of commutativity, An Official Journal of EARLI, no. 1.

Juniyarti, Nina. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Means End Analysis (MEA) dalam Setting untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, Vol 2 No 3.

Lestari, Diana Ayu Citra. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Diidk SMA. UIN Raden Intan Lampung.

Margono, S. 2005. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Muladi, Slamet. 2015. Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar dalam Pembelajaran Matematika dengan menggunakan Model Pembelajaran Problem Solving pada Siswa Kelas VIII B MTS N Pundong Bantul. Universitas PGRI Yoyakarta.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.

Sugiyono. 2010. Metodologi Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Tanzeh, Ahmad. 2009. Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Teras.




DOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v3i2.11884

Article Metrics

 Abstract Views : 48 times
 PDF Downloaded : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jihan Ayu Fadila

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats