ADVERTISING AND PURCHASE DECISION IN THE SHOPEE MARKETPLACE: Impact on Student e-Satisfaction

Surya Darni, Azhari Azhari, Sutan Febriansyah

Abstract


This study aimed to examine the effect of advertising on purchase decisions and the e-satisfaction of Students at the University of Bumi Persada Lhokseumawe, and examined the mediating effect of purchase decision. The sampling method used was purposive sampling and respondents were collected by distributing structured questionnaires to 120 respondents who had shopped at the Shopee marketplace. the data analysis method used is path analysis using Multiple Linear Regression with the help of SPSS Software. The results showed that advertising had a positive and significant effect on e-satisfaction and the purchase decision mediated between the advertising variable and the e-satisfaction. This has implications for enriching knowledge and theory on e-satisfaction and digital marketing.


Keywords


Advertising, Purchase Decision, e-Satisfaction, Shopee

Full Text:

PDF

References


Afis, T. H., & Handayani, T. (2020). Peran promosi melalui iklan katalog dalam keputusan pembelian konsumen (Studi kasus pada minimarket Indomaret di Kota Bengkalis). Jurnal Ekonomi dan Manajemen Teknologi, 4(2).

Amaliah, A. (2019). Pengaruh Iklan, Harga, dan E-Service Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Pengguna Online Travel Agent Tiket. Com (Doctoral dissertation, Universitas Sumatera Utara).

Asrianda, Khalil, M., Asnawi, & Bachri, N. (2020). Fuzzy AHP Model in Influencing the Decision to Visit a Coffee Shop. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(2), 372–381.

Asy’ari, & Bachri, N. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Belanja Online Pada Mahasiswa Universitas Malikussaleh. Jurnal Visioner and Strategis, 9(1), 30–34.

Bachri, N. (2018). Credibility-Profit Chain in Indonesian Islamic Banking Industry. Indian Journal of Public Health Research & Development, 9(12), 321–326.

Bachri, N. (2019). Statistika Dasar untuk Bisnis : Teori, Pendekatan dan Contoh Kasusnya. Jejak Publisher.

Dewi, A. M. (2018). Pengaruh iklan online melalui instagram terhadap keputusan pembelian bagi peningkatan penjualan produk kuliner lokal. Jurnal Ekonomi Universitas Kadika, 3(1), 3.

Farhat, L. (2020). Keputusan pembelian online. Scientific journal of reflection: economic, accounting, management and business, 3(1), 51-60.

Fitria, D., Abubakar, R., & Bachri, N. (2016). Pengaruh Kualitas Jasa terhadap Kepuasan dan World of Mounth Pengguna Jasa Taman Penitipan Anak di Kota Lhokseumawe. Jurnal Manajemen Indonesia (J-MIND), 1(1), 85–94.

Fitri, A., Bachri, N., & Abubakar, R. (2018). Pengaruh Kemampuan Inovasi terhadap Keputusan Pembelian Roti Bantal melalui Daya Tarik Produk dan Daya Tarik Promosi sebagai Variabel Mediasi di Kota Banda. Jurnal Manajemen Indonesia (J-MIND), 2(1), 31–47.

Heri, H., Sudarno, S., & Junaedi, A. T. (2022). Inovatifitas Produk Dari Perspektif Pelanggan Dan Atraksi Iklan Terhadap Niat Pembelian Dimediasi Oleh Kepuasan Pelanggan. Kurs: Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis, 7(2), 204-213.

Hermawan, H. (2017). Sikap konsumen terhadap belanja online. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 16(1), 136-147.

Ilaisyah, H. L., & Sulistyowati, R. (2020). Pengaruh brand ambassador dan iklan terhadap keputusan pembelian konsumen pada marketplace Tokopedia. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(3), 904-910.

Ismail, M., Sahabuddin, R., Idrus, M. I., & Karim, A. (2022). Faktor Mempengaruhi Keputusan Pembelian pada Online Marketplace pada Mahasiswa Universitas Hasanuddin. SEIKO: Journal of Management & Business, 5(1), 49-59.

Isyanahapsari, S., & Nurseto, S. (2018). Pengaruh periklanan dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian secara online pada situs belanja online (Studi kasus pada pengguna e-commerce elevenia di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(1), 117-129.

Kartini, I., Wibowo, E. W., & Sugiyanto, E. (2021). Pengaruh Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Berdampak Loyalitas Dalam Berbelanja Online Pada Shopee. Jurnal Lentera Bisnis, 10(1), 57-66.

Kartika, M., & Ganarsih, R. L. (2019). Analisis e-WOM, online shopping experience dan trust terhadap keputusan pembelian dan kepuasan konsumen e-Commerce Shopee pada mahasiswa pascasarjana Universitas Riau. Jurnal Tepak Manajemen Bisnis, 11(2), 289-307.

Liani, A. M., & Yusuf, A. (2021). Pengaruh e-trust terhadap e-loyalty dimediasi oleh e-satisfaction pada pengguna dompet digital Gopay. YUME: Journal of Management, 4(1).

Magdalena, A. (2018). Analisis Antara E-service Quality, E-satisfaction, dan E-loyalty dalam konteks E-commerce BLIBLI. Jurnal Strategi Pemasaran, 5(2).

Mahadin, B., Akroush, M. N., & Bata, H. (2020). The effects of tourism websites' attributes on e-satisfaction and e-loyalty: a case of American travellers' to Jordan. International Journal of Web Based Communities, 16(1), 4-33.

Mulfachriza, Bachri, N., & Biby, S. (2021). Pengaruh Bauran Pemasaran dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Konsumen Memiliki Kartu Kredit Bank BRI Dengan Gaya Hidup Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Manajemen Indonesia J-MIND, 6(1), 70–79.

Octaviani, L., & Sudrajat, A. (2016). Fenomena perilaku belanja online sebagai alternatif pilihan konsumsi di kalangan mahasiswa Universitas Negeri Surabaya. Paradigma, 4(03).

Prilano, K., Sudarso, A., & Fajrillah, F. (2020). Pengaruh harga, keamanan dan promosi terhadap keputusan pembelian toko online lazada. Journal of Business and Economics Research (JBE), 1(1), 1-10.

Prasetyo, H. D., & Purbawati, D. (2017). Pengaruh E-service quality Dan E-security seals terhadap E-satisfaction melalui Keputusan Pembelian konsumen E-commerce (Studi Kasus pada Konsumen Lazada Indonesia). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 6(1), 164-173.

Qabiluddin, Abubakar, R., & Bachri, N. (2018). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Pendengar Radio Dakwah Aceh Utara Dan Lhokseumawe. Jurnal Manajemen Indonesia (J-MIND), 2(1), 118–123.

Rian Romadhon (2021), Perubahan Perilaku Konsumen Online Era Digital, Business., (https://www.softwareseni.co.id/blog/)

Riyanto, K., & Suriyanti, S. (2021). Pengaruh Kepercayaan, Desain Website Dan Daya Tarik Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada tiket. com Di Bekasi. Jurnal Pelita Ilmu, 15(01), 42-47.

Santika, I. W., & Pramudana, K. A. S. (2018). Peran Mediasi E-Satisfaction Pada Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Loyalty Situs Online Travel di Bali. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 1(3), 278-289.

Sativa, A., & SRI, R. T. A. (2016). Analisis Pengaruh E-Trust dan E-Service Quality terhadap E-Loyalty dengan E-Satisfaction sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pengguna E-Commerce C2C Tokopedia) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).

Santoso, R., Erstiawan, M. S., & Kusworo, A. Y. (2020). Inovasi Produk, Kreatifitas Iklan Dan Brand Trust Mendorong Keputusan Pembelian. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 5(2), 133-145.

Sari, N. E., & Oswari, T. (2020). Pengaruh kemudahan, kepercayaan, dan keamanan terhadap kepuasan pelanggan melalui keputusan pembelian pada toko online Tokopedia. Creative Research Management Journal, 3(2), 34-46.

Setiawan, B., & Rabuani, C. C. (2019). Pengaruh iklan dan endorser terhadap brand awareness serta dampaknya pada keputusan pembelian. Riset: Jurnal Aplikasi Ekonomi Akuntansi Dan Bisnis, 1(1), 001-015.

Sobandi, A., & Somantri, B. (2020). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online. Winter Journal: Imwi Student Research Journal, 1(1), 41-52.

Taswiyah, T., & Imron, A. (2021). Persepsi Dan Preferensi Ibu Rumah Tangga Terhadap Sistem Berbelanja Secara Online/Online Shop. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 4(1), 128-137.

Tirtayasa, S., Lubis, A. P., & Khair, H. (2021). Keputusan pembelian: sebagai variabel mediasi hubungan kualitas produk dan kepercayaan terhadap kepuasan konsumen. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 5(1), 67-86.

Tobagus, A. (2018). Pengaruh E-service quality terhadap E-satisfaction Pada Pengguna di Situs Tokopedia. Agora, 6(1).

Utami, S. (2023). Belanja online menjadi trend remaja selama pandemi covid-19. AN-NISA: Jurnal Studi Gender dan Anak, 13(1), 730-738.




DOI: https://doi.org/10.29103/j-mind.v8i1.10747

Article Metrics

 Abstract Views : 214 times
 PDF Downloaded : 47 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Surya Darni, Azhari Azhari, Sutan Febriansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

P-ISSN: 2503-4367
E-ISSN: 2997-3948



Publisher :
Master's Program in Management Science  
Faculty of Economics and Business Malikussaleh University 

Address:
Tgk. Chik Di Tiro Street No. 26 Lancang Garam,
Lhokseumawe, Aceh, Indonesia


Lhokseumawe Aceh Indonesia

  Flag Counter

View My Stats