Evaluasi Status Kesuburan Tanah Sawah Tadah Hujan dan Irigasi di Kecamatan Nisam Kabupaten Aceh Utara

Anggi Novita Sari, Muliana Muliana, Yusra Yusra, Khusrizal Khusrizal, Halim Akbar

Abstract


Petani sawah budidaya tanaman padi di Kecamatan Nisam Kabupaten Aceh Utara pada dua tipe sawah yaitu sawah tadah hujan dan sawah irigasi yang diperkirakan tingkat kesuburannya berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui status kesuburan tanah pada lahan sawah tadah hujan dan irigasi yang terdapat di Kecamatan Nisam Kabupaten Aceh Utara. Penelitian ini dilaksanakan pada lahan sawah tadah hujan dan irigasi yang terdapat di 12 desa dalam Kecamatan Nisam Kabupaten Aceh Utara. Penelitian ini merupakan metode survei deskriptif dengan empat tahapan, yaitu tahap persiapan, tahap survei pendahuluan, tahap survei utama, dan tahap analisis data serta penyajian hasil. Penentuan lokasi pengambilan sampel tanah dengan cara purposive sampling. Uji kolerasi dilakukan untuk melihat keterkaitan antara satu sifat kimia dengan yang lainnya. Hasil evaluasi kesuburan tanah menunjukkan status kesuburan tanah pada sawah tadah hujan berada pada kelas rendah dan pada sawah irigasi berada pada kelas rendah hingga sedang dengan faktor pembatas kesuburan ialah C-organik dan P2O5 total pada semua desa, pH (H2O), K2O total, serta kejenuhan basa (KB). Korelasi antar sifat kimia tanah menunjukkan bahwa peningkatan pH (H2O) dipengaruhi oleh peningkatan Ca-dd, dan KB. Peningkatan C-organik juga sejalan dengan meningkatkan P2O5, KTK, dan Ca-dd. Peningkatan K2O juga diikuti oleh peningkatan KTK dan K-dd.Peningkatan KTK dan KB dipengaruhi oleh meningkatnya Ca-dd.

Keywords


Status kesuburan tanah; Tanah sawah; C-organik; P2O5 total.

Full Text:

PDF

References


Ansyori., Sudarsono. R., Poerwanto., dan Darmawan. 2010. Kriteria Kesesuaian Lahan Untuk Tanaman Pisang Cavendish yang Dikelola Secara Intensif di Way Kambas Lampung Timur, Indonesia. Jurnal Tanah Tropika. 15(2) : 159-167.

Ardi, D., Suswati. D.,Harzriani. R. 2015. Identifikasi Karakteristik Lahan Sawah Irigasi dan Sawah Tadah Hujan di Desa Batu Ampar Kecamatan Belimbing Kabupaten Melawi. Jurnal Agroteknologi. 1(2).

Astungkara, T. S., Syam. T., Nurmauli.N., dan Mahi. A. K. 2014. Evaluasi Kesesuaian Lahan Pertanian Padi Sawah Irigasi Kelompok Tani Mekar Desa Tulung Balak Kecamatan Batanghari Nuban Kabupaten Lampung Timur. J. Agrotek Tropika. 2(3) : 509-513.

Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Aceh Utara. 2020. Data Produksi Tanaman Pangan Lima Tahun Terakhir, Aceh Utara.

Harahap, S. F. , Walida. H., Fadillah. W. 2018. Evaluasi Status Kesuburan NPK Tanah Sawah Tadah Hujan di Kecamatan Beringin Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Agroplasma (STIPER). 5(1).

Husni, M. R., Surfardi., dan Khalil. M. 2016. Evaluasi Status Kesuburan Tanah Pada Beberapa Lahan Kering Di Kabupaten Pidie Provinsi Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian Unsyiah. 1(1). Hal: 147-154.

Jawang, U. P. 2021. Penilaian Status Kesuburan dan Pengelolaan Tanah Sawah Tadah Hujan di Desa Umbu Pabal Selatan Kecamatan Umbu Ratu Nggay Barat. Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia. 26(3).421-427.

Kaya, E. 2014. Pengaruh Pupuk Organik dan Pupuk NPK Terhadap pH dan K-Tersedia Tanah Serta Serapan K, Pertumbuhan dan Hasil Padi Sawah. Jurnal Buana Sains. 14(2): 113-122.

Lantoi, R. R., Darman. S., dan Patadungan. Y. S. 2016. Identifikasi Kualitas Tanah Sawah Pada Beberapa Alokasi di Lembah Palu Dengan Metode Skoring Lowery. Jurnal Agroland. 23(3): 243-250.

Lestari, S. U dan Muryanto. 2018. Analisis Beberapa Unsur Kimia Kompos Azolla mycrophylla. Jurnal Ilmiah Pertanian.14(2).

Mahbub, I. A., Tampubolon. G., Mukhsin. 2018. Optimalisasi Produksi Padi Sawah Melalui Evaluasi Status Kesuburan Tanah (Studi Kasus di Desa Rawa Medang Kecamatan Batang Asam Kabupaten Tanjung Jabung Barat). Jurnal Tanah dan Sumberdaya Lahan. 1(2).

Muliana., Anwar. S., Hartono. A., Susila. A. D., dan Sabiham. S. 2018. Pengelolaan dan Pemupukan Fosfor dan Kalium Pada Pertanian Intensif Bawang Merah Di Empat Desa Di Brebes.Jurnal Hortikultura Indonesia. 9(1). 27-37.

Munawar, A. 2013.Kesuburan Tanah dan Nutrisi Tanaman. IPB Press, Bogor.

Mu’min, M. I. A., Joy. B., dan Yunianti. A. 2016. Dinamika Kalium Tanah dan Hasil Padi Sawah (Oryza sativa L.)Akibat Pemberian NPK Majemuk dan Penggenangan Pada Fluvaquntic Epiaquepts. Jurnal Soilrens. 14(1).

Mutert, E., T. Dierolf, and Fairhust. 2000. Soil fertility kit : a toolkit for acid upland soil fertility management in Southeast Asia. PPI: Singapore.

Nariratih I, Damanik MMB, dan Sitanggang G. 2013. Ketersediaan Nitrogen pada Tiga Jenis Tanah Akibat Pemberian Tiga Bahan Organik dan Serapannya pada Tanaman Jagung. Jurnal Online Agroekoteknologi. 1(3).

Nazir, M., Syakur., dan Muyassir. 2017. Pemetaan Kemasaman Tanah dan Analisis Kebutuhan Kapur di Kecamatan Keumala Kabupaten Pidie.Jurnal Ilmiah Pertanian Unsyiah. 2(1).

Palembang, J. N., Jamilah., Sarifuddin. 2013. Kajian Sifat Kimia Tanah Sawah dengan Pola Pertanaman Padi Semangka di Desa Air Hitam Kecamatan Lima Puluh Kabupaten Batubara. Jurnal Online Agroekoteknologi. 1(4).

Pinatih, D. A. S. P., Kusmiyarti. T. B., Susila. K. D. 2015. Evaluasi Status Kesuburan Tanah Pada Lahan Pertanian di Kecamatan Denpasar Selatan. E-Jurnal Agroekoteknologi Tropika. 4 (4).

Rofik, A., Sudarto dan Djajadi. 2019. Analisis Evaluasi Sifat Kimia Tanah Pada Lahan Tembakau Varietas Kemloko di Sentra Tembakau Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Jurnal Tanah dan Sumberdaya Lahan. 6(2).

Sakti, P., Purwanto., Selamat M., Sutopo. 2011. Status Ketersediaan Makronutrisi (N,P, dan K) Tanah Sawah Dengan Teknik dan Irigasi Tadah Hujan di Kawasan Industri Karanganyar, Jawa Tengah. Bonoworo Wetlands. 1(1). 8-19.

Sembiring, I. S., Wawan., dan Khoiri. M. A. 2015. Sifat Kimia Tanah Dystrudepts dan Pertumbuhan Akar Tanaman Kelapa Sawit (Eaeis guineensis Jacq.)Yang Diaplikasi Mulsa Organik Mucuna bracteata. JOM Faperta. 2(2).

Suarjana, W., Supadma. N. A. A., dan Arthagama. M. D. 2015. Kajian Status Kesuburan Tanah Sawah Untuk Menentukan Anjuran Pemupukan Berimbang Spesifik Lokasi Tanaman Padi di Kecamatan Manggis.E- Jurnal Agroekoteknologi Tropika. 4(4).

Sulakhudin., Suswati. D., dan Gafur. S. 2017. Kajian Status Kesuburan Tanah Pada Lahan Sawah Di Kecamatan Sungai Kunyit Kabupaten Menpawah. Jurnal Pedon Tropika Edisi 1. 3 : 106-114.

Tangketasik, A., Wikarniti. N. M., Soniari. N. N., dan Narka. W. 2012. Kadar Bahan Organik Tanah Pada Tanah Sawah dan Tegalan di Bali Serta Hubungannya Dengan Tekstur Tanah. Jurnal Agrotrop. 1(2).101-107.

Virzelina, S., Tampubolon. G., dan Nasutian. H. 2019. Kajian Status Unsur Hara Cu dan Zn pada Lahan Padi Sawah Irigasi Semi Teknis : Studi Kasus di Desa Sri Agung Kecamatan Batang Asam Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Jurnal Agroecotania. 2(1), 11-26.

Widyantari, D.A.G., Susila, K.D., dan Kusmawati, T. 2015. Evaluasi Status kesuburan Tanah untuk Lahan Pertanian di Kecamatan denpasar Timur. E-Jurnal Agroekoteknologi Tropika. 4 (4). 294-298

Wilson., Supriadi., dan Guchi. H. 2015. Evaluasi Sifat Kimia Tanah pada Lahan Kopi di Kabupaten Mandailing Natal.Jurnal Online Agroekoteknologi. 3(2) . 642 – 648.

Zainudin dan Kesumanungwati, R. 2021. Penilaian Status Kesuburan Tanah Pada Beberapa Penggunaan Lahan di Samarinda. Jurnal Agroekoteknologi Tropika Lembab. 3(2). 106-111.




DOI: https://doi.org/10.29103/jimatek.v1i2.8467

Article Metrics

 Abstract Views : 1235 times
 PDF Downloaded : 364 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Anggi Novita Sari, Muliana Muliana, Yusra Yusra, Khusrizal Khusrizal, Halim Akbar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroekoteknologi (JIMATEK)