Pengaruh Lama Genangan dan Varietas Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Padi (Oryza Sativa. L) Di Sawah Rawa Lebak Kecamatan Nisam Kabupaten Aceh Utara

Safrizal Safrizal, Nazimah Nazimah, Nilahayati Nilahayati, Rd Selvy Handayani, Muhamad Yusuf, Razul Fuzari

Abstract


Lahan rawa lebak merupakan lahan rawa yang terletak pada daerah datar, cekung, dan tergenang air yang berasal dari luapan air sungai besar disekitarnya, curah hujan setempat, atau banjir kiriman. Letaknya relatif jauh dari pantai sehingga tidak di pengaruhi oleh pasang surut ait laut. Merakit varietas tanaman padi yang berdaya hasil tinggi dan beradaptasi baik pada ekosistem rawa dengan berbagai faktor pembatas pertumbuhan dan perkembangan tanaman padi, merupakan dasar untuk memanfaatkan ekosistem rawa menjadi salah satu sentra produksi padi.Penelitian dilaksanakan di Kecamatan Nisam dan Laboraturium Agroekoteknologi Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh pada bulan Agustus sampai dengan November 2022. Penelitian ini menggunakan Rancangan Petak Terbagi (RPT) yang disusun dalam rancangan acak kelompok (RAK). Petak utama adalah Lama Tergenang terdiri atas tiga taraf, yaitu tanpa genangan (G0), tergenang selama 1 minggu (G1), dan tergenang selama 2 minggu (G2). Anak petak adalah varietas padi, yaitu Ciherang (V1), Impari 32 (V2), Cantik Manis (V3) dan MR-297 (V4). Oleh karena itu terdapat 12 perlakuan dengan 3 ulangan sehingga terdapat 36 unit percobaan. Setiap unit percobaan merupakan plot yang berukuran 2 x 5 m, jarak tanam 25 x 30 cm, sehingga diperoleh 173 rumpun/plot. Hasil penelitian menunjukkan Perlakuan tergenang 1 dan 2 minggu merupakan perlakuan yang terbaik terhadap semua parameter yang diamati kecuali diameter batang, jumlah anakan, panjang malai berat gabah dan berat biji. Perlakuan varietas Inpari 32 dan MR-219 merupakan perlakuan yang terbaik terhadap semua perlakuan kecuali panjang malai dan jumlah anakan produktif. Berat gabah perrumpun, berat gabah kering dan berat biji terbaik itu ada pada varietas cantik manis. Terdapat interaksi antara perlakuan lama genangan dengan varietas terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman padi.

Keywords


Inpari 32; Gabah; Malai; Genangan; Produksi

Full Text:

PDF

References


Arsyad, D. M., Saidi, B. B., & Enrizal. (2014). Pengembangan Inovasi Pertanian di Lahan Rawa Pasang Surut Mendukung Kedaulatan Pangan. Jurnal Pengembangan Inovasi Pertanian 7 (4), 16-175.

[BPS] Badan Pusat Statistik. (2021). Statistik Indonesia 2021. Jakarta.

Boy, R., & Soeharsono. (2013). Inventarisasi dan Identifikasi Sumberdaya Genetik Tanaman Padi di Kabupaten Banggai. Prosiding Seminar Nasional Sumber Daya Genetik Pertanian (pp. 126-133).

Chozin, M., Pujiwati, H., Rustikawati., & Sumardi. (2016). In Optimization of PCR Protocol and Primers Screening for Development of Rapid Marker Associated with Submergence Tolerance in Rice Genotypes. International Seminar sustainable utilization of coastal resourcesin tropical zone (pp. 19-20). [Distanbun] Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh. (2022). Sawah Terendam Banjir Capai 10.410 Ha dan Rusak 3.023 Ha. Banda Aceh.

Iswari, K. (2012). Kesiapan teknologi panen dan pascapanen padi dalam menekan kehilangan hasil dan meningkatkan mutu beras. Jurnal Litbang Pertanian, 31(2), 58-67.

Pujiharti, Y. (2017). Peluang Peningkatan Produksi Padi Di Lahan Rawa Lebak Lampung. Jurnal Litbang Pertanian 36 (1), 13-20.

Rachmawati, D., & Retnaningrum, E. (2013). Pengaruh tinggi dan lama penggenangan terhadap pertumbuhan padi kultivar Sintanur dan dinamika populasi rhizobakteri pemfiksasi nitrogen non simbiosis. Bionatura, 15(2), 117-125.

Santhiawan, P., & Suwardike, P. (2019). Adaptasi Padi Sawah (Oryza sativa L.) Terhadap Peningkatan Kelebihan Air Sebagai Dampak Pemanasan Global. Jurnal Agro Bali 2(2), 130-144.

Wandansari, N. R., & Pramita, Y. (2019). Potensi Pemanfaatan Lahan Rawa untuk Mendukung Pembangunan Pertanian di Wilayah Perbatasan. AGRIEKSTENSIA: Jurnal Penelitian Terapan Bidang Pertanian, 18(1), 66-73.




DOI: https://doi.org/10.29103/jimatek.v2i3.15454

Article Metrics

 Abstract Views : 51 times
 PDF Downloaded : 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Safrizal Safrizal, Nazimah Nazimah, Nilahayati Nilahayati, Rd Selvy Handayani, Muhamad Yusuf, Razul Fuzari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroekoteknologi (JIMATEK)