Analisis Kepatuhan Pemerintah Daerah Terhadap Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (Plat Merah) Di Samsat Kota Lhokseumawe

syafinatul afza, Razif Razif, Wahyuddin Wahyuddin, Yunina Yunina

Abstract


Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) merupakan salah satu sumber pendapatan asli daerah dan telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pembiayaan dan pembangunan pemerintah di setiap daerah. Semakin besar jumlah kendaraan yang  ada di setiap daerah maka semakin besar peluang untuk menyumbang penerimaan di setiap Daerah. Selain Kendaraan Pribadi, kendaraan Umum dan Kendaraan Dinas juga tidak luput dari kewajiban pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor. Jumlah penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor Kendaraan dinas di suatu daerah  berbanding lurus dengan jumlah kendaraan dinas yang ada pada suatu daerah. Kendaraan dinas ditandai dengan plat berwarna merah dan besar Nilai Pajak Kendaran Bermotor lebih rendah dibanding dengan kendaraan pribadi dan kendaraan umum. Metode penelitian adalah kualitatif. Responden adalah 33 OPD yang ada di Kota Lhokseumawe. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa penerimaan pajak kendaraan dinas di Kota Lhkoseumawe belum patuh dibuktikan dengan masih banyaknya tunggakan terhadap kendaraan dinas milik pemerintah yang belum membayar pajak.


Keywords


Motor Vehicle Tax (PKB), Taxpayer Compliance, Official Vehicles

References


Amaliyyah, Rizqi. 2021. “Efektivitas Pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor Kendaraan Dinas Dalam Meningkatkan Pajak Asli Daerah” 1 (10): 6.

Haryanti, Setyani Sri, and Kurniawan Aji Wijaya. 2020. “Sistem Pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor Melalui Layanan Samsat Keliling Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak.” ProBank 4 (2): 147–65. https://doi.org/10.36587/probank.v4i2.507.

Dilla, Anggun Citra, Program Studi, Akuntansi Syariah, Fakultas Ekonomi, D A N Bisnis, Universitas Islam Negeri, and Sumatera Utara. 2020. Analisis Kontribusi Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor ( Pkb ) Tehadap Pendapatan Asli Daerah ( Pad ) Di Kota Pematangsiantar ( Studi Kasus Pada Kantor Bersama Samsat / Uppd Pematangsiantar ).

Pratama, R. A., & Mulyani, E. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Petugas Pajak, Sanksi Perpajakan, Dan Biaya Kepatuhan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM Di Kota Padang. Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 1(3), 1293–1306. https://doi.org/10.24036/jea.v1i3.143

I made adi darma putra & I ketut Jati. 2017. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Kantor Bersama Samsat Tabanan” 18: 557–86.




DOI: https://doi.org/10.29103/jam.v1i3.9199

Article Metrics

 Abstract Views : 193 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2962-6927

Flag Counter

 

 

 

 

Stat Counter Jurnal Akuntansi Malikussaleh