Pengaruh Perencanaan Pajak, Beban Pajak Tangguhan, Leverage dan Profitabilitas Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di BEI

Rahma Fitria, Dy Ilham Satria, Indrayani Indrayani, Nur Afni Yunita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk untuk menguji pengaruh perencanaan pajak, beban pajak tangguhan, leverage, dan profitabilitas terhadap manajemen laba pada perusahaan Manufaktur sektor Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di BEI. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah 52 perusahaan dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan data panel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial perencanaan pajak dan profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap manajemen laba, beban pajak tangguhan tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba, sedangkan leverage berpengaruh negatif dan signifikan terhadap manajemen laba. Secara simultan perencanaan pajak, beban pajak tangguhan, leverage, dan profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap manajemen laba pada Manufaktur sektor Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di BEI. 

Keywords


Perencanaan Pajak, Beban Pajak Tangguhan, Leverage, Profitabilitas dan Manajemen Laba.

Full Text:

PDF

References


Agustia, D. (2013). Pengaruh Faktor Good Corporate Governance, Free Cash Flow, dan Leverage Terhadap Manajemen Laba. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Vol. 15, No. 1.

Cahyani, R. (2016). Pengaruh Manajemen Laba dan Corporate Social Responsibility Terhadap Agresivitas Pajak. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Giovani, M. (2017). Pengaruh Struktur Kepemilikan, Tata Kelola Perusahaan dan Karakteristik Perusahaan Terhadap Manajemen Laba. Jurnal Akuntansi dan Bisnis, Vol. 15, No. 2.

Herawati, H., & Ekawati, D. (2016). Pengaruh Perencanaan Pajak Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, Vol. 4, No. 1.

Kasmir. (2016). Analisis Laporan Keuangan. (Edisi 1). Rajawali Pers, Jakarta.

Kharifah, W. N. (2019). Pengaruh Beban Pajak Tangguhan dan Perencanaan Pajak Terhadap Manajemen Laba Dengan Umur Perusahaan Sebagai Pemoderasi Pada Perusahaan Yang Terdaftar Pada Indeks LQ45 Tahun 2014-2018. Universitas Pancasakti Tegal.

Khoiroh, A. (2019). Pengaruh Pajak Tangguhan, Perencanaan Pajak dan Ukuran Perusahaan Terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan Farmasi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2013-2018. Universitas Pancasakti Tegal.

Kisno, & Istianingsih. (2018). Deteksi Manajemen Laba Melalui Karakteristik Perusahaan dan Beban Pajak Tangguhan. Jurnal Keuangan dan Perbankan, Vol. 14, No. 2.

Lestari, D. S. A., Kurnia, I., & Yunita. (2018). Pengaruh Perencanaan Pajak dan Ukuran Perusahaan Terhadap Manajemen Laba (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2017). Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi & Akuntansi), Vol. 2, No. 3.

Lestari, K. C., & Wulandari, O. (2019). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Manajemen Laba (Studi Kasus Pada Bank Yang Terdaftar di BEI Tahun 2016-2018). Jurnal Akademi Akuntansi, Vol. 2, No. 1.

Maria, I. I. (2020). Pengaruh Perencanaan Pajak dan Beban Pajak Tangguhan Terhadap Manajemen Laba. Universitas Muhammadiyah Malang.

Maslihah, A. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Aktiva Pajak Tangguhan, Perencanaan Pajak dan Leverage Terhadap Manajemen Laba. Jurnal Akuntansi Pajak Dewantara, Vol. 1, No. 1.

Munira, R. (2021). Pengaruh Leverage, Penurunan Arus Kas Operasi, Fixed Aset Intensity dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Keputusan Revaluasi Aset Tetap Pada Perusahaan Subsektor Kimia Yang Terdaftar di 5 Bursa Asean Tahun 2017-2019. Universitas Malikussaleh.

Negara, A. A. G. R. P., & Saputra, I. D. G. D. (2017). Pengaruh Perencanaan Pajak dan Beban Pajak Tangguhan Terhadap Manajemen Laba. Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, Vol. 20, No. 3.

PSAK Nomor 46. Tentang Pajak Penghasilan.

Purwiyanto, F., Wijayanti, I., & Nauli, S. (2021). Manajemen Laba Dengan Indikator Penyebabnya. ALIANSI (Jurnal Manajemen & Bisnis), Vol. 16, No. 1.

Rizqi, I. A. (2019). Pengaruh Perencanaan Pajak, Beban Pajak Tangguhan, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Kimia Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018. Universitas Pancasakti Tegal.

Rusdyanawati, E., Mahsina, & Hidayati, K. (2020). Pengaruh Perencanaan Pajak Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Makanan dan Minuman Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ekonomi & Bisnis (EkoBis), Vol. 1, No. 2.

Setyawan, B., & Harnovinsah. (2016). Pengaruh Beban Pajak Tangguhan, Profitabilitas dan Perencanaan Pajak Terhadap Manajemen Laba (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Otomotif dan Komponen Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2014). Jurnal Manajemen dan Akuntansi, Vol. 1, No. 1.

Setyawan, W., Wulandari, S., & Widyaningrum. (2021). Pengaruh Perencanaan Pajak, Beban Pajak Tangguhan dan Profitabilitas Terhadap Manajemen Laba. Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis (EKOMABIS), Vol. 2, No. 2.

Silvia, T. H. (2019). Pengaruh Perencanaan Pajak, Beban Pajak Tangguhan, Aktiva Pajak Tangguhan dan Profitabilitas Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Barang Konsumsi. Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Alfabeta, Bandung.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D). Alfabeta, Bandung.

Suheri, T. R. R., Fitriyani, D., & Setiawan, D. (2020). Analisis Pengaruh Beban Pajak Kini, Aset Pajak Tangguhan, Discretion Accrual, dan Tax Planning Terhadap Manajemen Laba. Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan (Mankeu), Vol. 9, No. 03.

Suryono, E. (2017). Bebagai Model Pengukuran Earnings Management: Mana Yang Paling Akurat. Sustainable Competitive Advantage-7 (SCA-7), Vol. 7.

Utami, J., Manik, T., & Husna, A. (2018). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Aset Pajak Tangguhan, Beban Pajak Tangguhan dan Akrual Terhadap Manajemen Laba. Jurnal Akuntansi Universitas Maritim Raja Ali Haji, Vol. 1.

W., K. R., Herlina, I., Shandi, D., & B., M. R. (2020). Manajemen Laba: Profitabilitas, Leverage dan Ukuran Perusahaan Sektor Pertambangan. JIMEA (Jurnal Ilmiah MEA), Vol. 4, No. 3.

Yuniar, J. S., & Wulandari, R. (2021). Pengaruh Perencanaan Pajak, Beban Pajak Tangguhan dan Karakteristik Perusahaan Terhadap Manajemen Laba. Jurnal Sakuntala, Vol. 1, No. 1.




DOI: https://doi.org/10.29103/jam.v1i2.8618

DOI (PDF): https://doi.org/10.29103/jam.v1i2.8618.g4407

Article Metrics

 Abstract Views : 472 times
 PDF Downloaded : 197 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2962-6927

Flag Counter

 

 

 

 

Stat Counter Jurnal Akuntansi Malikussaleh