Pengaruh Free Cash Flow, Pertumbuhan Penjualan Dan Likuiditas Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Aneka Industri Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2019-2021

Mursidah Mursidah, Yunina Yunina, Fatia Rahmi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Free Cash Flow, Pertumbuhan Penjualan dan Likuiditas Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Pada Perusahaan Sub-sektor Aneka Industri Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2019 2021. Sampel dalam penelitian ini adalah Perusahaan Sub-sektor Aneka Industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Dalam penarikan sampel, penulis menggunakan teknik purposive sampling yaitu metode penarikan sampel dengan menggunakan kriteria tertentu. Data yang diperoleh dari publikasi Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan sebanyak 111 observasi dengan estimasi regresi data panel. Hasil penelitian menemukan bahwa variabel free cash flow dan pertumbuhan penjualan berpengaruh dan signifikan sedangkan likuiditas tidak memiliki pengaruh dan tidak signifikan terhadap variabel Kinerja Keuangan Perusahaan.


Keywords


Free Cash Flow; Pertumbuhan Penjualan; Likuiditas; Kinerja Keuangan Perusahaan

Full Text:

PDF

References


Brigham, E., & Houston, J. (2019). Fundamentals of Financial Management 15e. Boston: Cengage Learning

Catherine, & Nariman, A. (2020). Pengaruh Intellectual capital, Free cash Flow dan Struktur Modal Terhadap Kinerja Keuangan. Jurnal Paradigma Akuntansi, 1186-1195.

Durrotun. N., danW. E. Tri. 2012, Analisis Pengaruh ROE, DER, DPR, Growth Dan Firm Size Terhadap Price To Book Value, Diponegoro Journal Of Management, 1(1): 2-6.

Fahmi, I. (2014). Analisis Kinerja keuangan Cetakan ketiga. bandung: Alfabeta.

Jensen, M. C. (1976). Theory of the firm: managerial behaviour, Agency costs and ownership structure. Journal of Financial economics.

Kieso, D. E., Weygandt, J. J., Warfield, T. D., Wiecek, I. M., & Mcconomy, B. J. (2019). Intermediate Accounting (Edisi 17).

Martono, D. A. (2014). Manajemen Keuangan. ekonisia.Yogyakarta.

Muhharoni, G., S. E. B. Santoso., dan C. Pratama. 2021. Ratio: Reviu Akuntansi Kontemporer Indonesia. 2(1).

Munawir. (2017). Analisis Laporan Keuangan; (Edisi Keem). Yogyakarta: Liberty.

Penman, & Stephen, H. (2010). Financial Statement analysis and security valuation. mcgraw: hill.

Rambe, B. H. 2020. Analisis Ukuran Perusahaan, Free Cash Flow (FCF), Dan Kebijakan Hutang Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ecobisma, 7(1): 54-64. Komputindo. Jakarta.

Subramanyam, K., & Wild, J. J. (2010). Analisa laporan Keuangan Edisi 1.

Sulastri, A., Puspa, D. F., dan P. Fauziati. 2016. Pengaruh Leverage, Size perusahaan dan Kinerja lingkungan terhadap kinerja keuangan Perusahaan yang terdaftar di bursa efek ndonesia. Jurnal fakultas Ekonomi, 8 (1).

Sunardi, N., & Febrianti, F. (2020). Likuiditas dan Kebijakan Hutang pengaruhnya terhadap Kinerja Perusahaan dan dampaknya terhadap nilai perusahaan pada industri sektor telekomunikasi di indonesia. Jurnal ilmiah Manajemen Forkamma, 3(3).

Tasmil, L. J., Malau, N., & Nasution, M. (2019). Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Current Ratio, Debt to Equity Ratio terhadap Kinerja Keuangan PT. Sirma Pratama Nusa. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 131-139.




DOI: https://doi.org/10.29103/jak.v11i1.10331

Article Metrics

 Abstract Views : 678 times
 PDF Downloaded : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 mursidah mursidah, Indrayani Indrayani, Yunina Yunina, Fatia Rahmi

Jurnal Akuntansi dan Keuangan (JAK)

ISSN 2301-4717