PENGENALAN METODE POSITIVE BEHAVIOR INTERVENTION SUPPORTS (PBIS) UNTUK PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA

Dwi Iramadhani, Widi Astuti, Zurratul Muna, Ika Amalia

Abstract


Program pengabdian masyarakat ini bertujuan meningkatkan keterampilan guru dalam hal: 1) pencapaian pencegahan perilaku menyimpang yang efektif; 2) meningkatkan interaksi sosial dan komunikasi positif; 3) mengembangkan tanggapan positif pada siswa dan guru. Penyelenggaraan program pengabdian ini melalui pelatihan metode pembelajaran berbasis Positive Behaviour Intervention Support (PBIS) yang difokuskan pada strategi, metode pembelajaran dan manajemen kelas guna menciptakan karakter siswa berbasis kearifan lokal “beumeutuah”. Sebanyak 20 orang guru TK Al Alaq Kreungkrukuh mengikuti kegiatan ini. Hasil dari pengabdian menunjukkan adanya perubahan pengetahuan guru dalam melakukan penerapan metode pembelajaran berbasis Positive Behaviour Intervention Support (PBIS). PBIS sebagai usaha pencegahan perilaku menyimpang secara efektif, meningkatnya interaksi sosial dan komunikasi positif.


Keywords


metode PBIS; pendidikan karakter; perilaku positif; guru

Full Text:

PDF

References


Aprezo, P, M., Dwi, Y, P, S., & Edy, P. 2017. Pengembangan Model Konseling Kelompok dengan Teknik Paradoxical Intention untuk Mengurangi Perilaku Agresi Verbal Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling. 6(2): 120-126.

Dunlap, G., Sailor, W., Horner, R . H., & Sugai, G. (2009). Overview and History of Positive Behavior Support. In W. Sailor, G.Dunlap, G.Sugai, & R.Horner (Ed.), Handbook of Positive Behavior Support (pp.2-16). New York: Springer Science.

Hallahan, D, P, Kauffman, J, M, & Pullen, P, G. 2009. Exceptional Learners, an Introduction to Special Education. Edisi 11. Pearson Education Inc. new Jersey.

Ismail, T. 2019. Pentingnya Peran Guru Kelas Dalam Mengatasi Perilaku Bullying Siswa Di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional PGSD, 27 April 2019 . ISBN 978-602-6258-11-3

Isnanto., Asni, I., Nurhatima, L. 2020. Pengendalian Tingkah Laku Siswa Melalui Pendekatan Manajemen Kelas. Jurnal of Educational Management. 1(1): 27-40.

Kemdikbud. 2014. Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.

Kolb, D. 2015. Experiental Learning: Experience as the Source of Learning and Development. Edisi 2. Pearson Education, Inc. New Jersey.

Rohmalina, 2015. Psikologi Belajar. Rajawali Pers. Jakarta.

Susanto, A. 2017. Proses Habituasi Nilai Disiplin Pada Anak Usia Dini Dalam Kerangka Pembentukan Karakter Bangsa. Jurnal Sosioreligi. 15(1): 18-34.

Vaughn, B., Duchnowski, A., Sheffield, S., & Kutash, K. 2005. Positive Behavior Support A Classroom – Wide Approach To Succesful Student Achievement and Interactions. Departement of Child and Family Study University of South Florida. Florida.




DOI: https://doi.org/10.29103/uhjpm.v1i1.9393

Article Metrics

 Abstract Views : 255 times
 PDF Downloaded : 38 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dwi Iramadhani, Widi Astuti, Zurratul Muna, Ika Amalia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

UBAT HATEE: Jurnal Pengabdian Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.