APLIKASI TATA CARA BERWUDHU MENURUT 4 (EMPAT) MAZHAB BERBASIS ANDROID
Abstract
Aplikasi tata cara berwudhu dibuat berbasis android dengan tujuan mempermudah pengguna untuk mempelajaran tata cara berwudhu yang baik dan benar, dengan empat perbedaan Mazhab, yaitu Mazhab Hanafi, Mazhab Maliki, Mazhab Hambali, dan Mazhab Syafi’i. Permasalahan utama dari segi media pembelajaran terkadang kita bingung bagaimana perbedaan tata cara berwudhu dalam empat Mazhab tersebut, dan anak-anak yang baru mengenal tentang pembelajaran berwudhu juga tentunya sangat sulit untuk memahami jika orang tua hanya mengajarkan anak dari buku-buku, tentunya dengan cara tersebut belum efektif untuk mengajarkan tata cara berwudhu kepada anak-anak. Dengan adanya masalahan tersebut dibuatlah aplikasi tata cara berwudhu menurut empat Mazhab berbasis android. Pada penelitian ini menggunakan motode SDLC waterfall karena metode ini dapat mempermudah pengerjaan project sistem yang akan dibangun dapat terjadwal dengan baik dan mudah dikontrol. Serta perancangan desain sistem ini menggunakan rancangan UML. Aplikasi tata cara berwudhu dibuat menggunakan Android Studio. Hasil dari aplikasi ini adalah menampilakan tata cara berwudhu dengan empat Mazhab yaitu Mazhab Hanafi, Mazhab Maliki, Mazhab Syafi’i dan Mazhab Hambali. Aplikasi tata cara berwudhu yang dibangun ini nantinya dapat mempermudah pihak orang tua atau guru untuk mengajarkan anak didiknya tentang tata cara berwudhu serta orang tua juga dapat melakukan pendekatan kepada anak dengan cara memanfasatkan media pembelajaran yang berbasis teknologi. dengan adanya aplikasi ini anak-anak juga dapat dengan mudah belajar tata cara berwudhu serta tampilan aplikasi ini juga menarik bagi anak-anak.
Kata Kunci: Aplikasi, Pembelajaran, SDLC Waterfall, UML, Android
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.29103/tts.v2i2.4708
Article Metrics
Abstract Views : 1379 timesPDF Downloaded : 13347 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Teknologi Terapan and Sains 4.0
(p)-ISSN : 2722-8428 - (e)-ISSN : 2988-3989