IMPLENTASI DATA MINING UNTUK REKOMENDASI PAKET MENU MAKANAN DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI

Mukti Qamal, Fadli Syah, Az Zura Izmi Parapat

Abstract


Saat ini dunia bisnis sedang sangat berkembang salah satunya bisnis Restoran. Sebuah restoran memiliki banyak menu dari makanan, minuman dan cemilan. Dimana setiap harinya restoran akan melakukan transaksi dari menu tersebut sehingga data transaksi penjualan menjadi menumpuk. Namun data transaksi yang ada ini belum dimanfaatkan dengan baik. Salah satu pemanfaatan yang dapat dilakukan dari data transaski yaitu melakukan pengolahan data, dimana menu yang dipesan oleh pelanggan yang berbeda-beda dapat dilakukan analisis untuk menentukan paket menu yang dapat menjadi rekomendasi kepada para pelanggan. Salah satu teknologi yang dapat digunakan untuk mewujudkannya adalah data mining. Algoritma apriori termasuk jenis aturan asosiasi pada data mining yang dapat digunakan untuk menentukan pola kombinasi antar itemset. Pada penelitian ini digunakan 1000 data transaksi penjualan. Dimana nilai support dan confidence yang dimasukkan yaitu 30 %. Setelah mengetahui pola pembelian konsumen, kita bisa mengatur strategi penjualan seperti membuat paket menu berupa makanan dan minuman. Hasil yang diperoleh dari perhitungan algoritma apriori yaitu, pola kombinasi menu makanan dan minuman yang paling sering dipesan adalah Nasi Putih Ayam Penyet dan Air Mineral dengan nilai confidence tertinggi yaitu 41,69%


References


Nurchalifatul, F. (2015). Penerapan Metode Asosiasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Mengetahui Kombinasi Antar Itemset Pada Pondok Kopi. 6.

Gunadi, G., & Sensuse, D. I. (2012). Penerapan Metode Data Mining Market Basket Analysis Terhadap Data Penjualan Produk Buku Dengan Menggunakan Algoritma Apriori Dan Frequest Pattern

Growth (FP-GROWTH) : Studi Kasus Percetakan PT.Gramedia. Telematika Mkom, 15.

Nursikuwagus, A., & Hartono, T. (2016). Implementasi Algoritma Apriori Untuk Analisis Penjualan Dengan Berbasis Web. Simetris, 7.

Purnamasari, P. I., Marisa, F., & Wijaya, I. D. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Rekomendasi Paket Menu Menggunakan Algoritma Apriori Dengan Metode Market Basket Analisis Pada Kings Food Kendari. Spiritl, 11.

Yanto, R., & Khoiriah, R. (2015). Implementasi Data Mining Dengan Metode Algoritma Apriori Dalam Menentukan Pola Pembelian Obat. Citec Journal, 12.




DOI: https://doi.org/10.29103/techsi.v14i1.6747

Article Metrics

 Abstract Views : 255 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Mukti Qamal, Fadli Syah, Az Zura Izmi Parapat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Indexed by:

          

Google Scholar
   
 

 


© Copyright of Journal TECHSI, (e-ISSN:2614-6029, p-ISSN:2302-4836).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.