Analisis Sentimen Cyberbullying pada Media Sosial Twitter menggunakan Metode Support Vector Machine dan Naïve Bayes Classifier

Munirul Ula, Sayed Fachrurrazi

Abstract


Media sosial yang paling popular yaitu twitter yang penggunanya dapat menuangkan opini mereka secara publik dan cepat mendapatkan informasi dan tanggapan dari berbagai sudut pandang. Tetapi dibalik banyak dampak positif oleh sosial media, ada pula dampak negatif bagi penggunanya khususnya pada media sosial twitter, salah satunya adalah Cyberbullying. Tindakan Cyberbullying berdampak negatif pada korban tetapi juga pelaku karena dapat dituntut pidana berdasarkan UU No.11 Tahun 2008 mengenai informasi dan transaksi elektronik (UU ITE). Oleh karena itu dilakukanlah penelitian analisis sentimen Cyberbullying pada pengguna media sosial twitter untuk mengklasifikasikan tweet yang bermuatan negatif dan netral menggunakan metode support vector machine dan naïve bayes classifier. Data inputan pada analisis ini berupa tweet yang diperoleh dari API twitter dengan memasukkan 10 keyword yang berpotensi menimbulkan Cyberbullying yang tiap katanya tidak lebih dari 100 data tweet. Output pada penelitian ini berupa klasifikasi sentimen Cyberbullying dan sentimen netral yang telah melewati preprocessing. Dari hasil pengujian diperoleh akurasi menggunakan metode Support vector machine sebesar 72% dan akurasi menggunakan metode Naïve Bayes sebesar 69%.

References


Fersini, E. (2017). NETWORKS : A MACHINE. In Sentiment Analysis in Social Networks. Elsevier Inc. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-804412-4.00006-1

Iglesias, C. A., & Moreno, A. (2020). Sentiment Analysis for Social Media. MDPI AG.

Imani, F. A., Kusmawati, A., & Tohari, H. M. A. (2021). PENCEGAHAN KASUS CYBERBULLYING BAGI REMAJA PENGGUNA SOSIAL MEDIA. 2(1).

Jo, T. (2018). Text Mining: Concepts, Implementation, and Big Data Challenge. Springer International Publishing. https://books.google.co.id/books?id=gBtfDwAAQBAJ

Liu, B. (2020). Sentiment Analysis: Mining Opinions, Sentiments, and Emotions. Cambridge University Press. https://books.google.co.id/books?id=PdX7DwAAQBAJ

Mohan, L. (2020). Support Vector Machine Accuracy Improvement with Classification. 1–5. https://doi.org/10.1109/CICN.2020.85

Munirul, Ula, Alvanof, M. M., & Triandi, R. (2020). Analisa Dan Deteksi Konten Hoax Pada Media Berita. Jurnal Teknologi Terapan & Sains 4.0 Universitas Malikussaleh, 1, 2.

Najibah, B., Ratri, A., & Sari, Y. A. (2021). Analisis Sentimen Review Produk Kecantikan menggunakan Metode Naïve Bayes. 5(12), 5635–5641.

Prasetyo, B. A. (2021). Analisis Sentimen Pengguna Twitter untuk Text Berbahasa Indonesia terhadap Pelayanan Home Fix Broadvand. Analisis Sentimen Pengguna Twitter Untuk Text Berbahasa Indonesia Terhadap Pelayanan Home Fix Broadvand.

Rahman, A. (2017). Online News Classification Using Multinomial Naive Bayes. 6(1).

Sayed Fachrurrazi, B. (2018). Penggunaan Metode Support Vector Machine Untuk Mengklasifikasi Dan. Jurnal Sistem Informasi, 2(2), 1–10.

Wanto, A. (2020). Data Mining : Algoritma dan Implementasi. Yayasan Kita Menulis.

Yang, F. (2018). An Implementation of Naive Bayes Classifier. 2018 International Conference on Computational Science and Computational Intelligence (CSCI), 301–306. https://doi.org/10.1109/CSCI46756.2018.00065




DOI: https://doi.org/10.29103/techsi.v14i2.12103

Article Metrics

 Abstract Views : 510 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 42 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Munirul Ula, Sayed Fachrurrazi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Indexed by:

          

Google Scholar
   
 

 


© Copyright of Journal TECHSI, (e-ISSN:2614-6029, p-ISSN:2302-4836).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.