LONCENG KEMATIAN PENDIDIKAN HUKUM DI INDONESIA TINJAUAN FILOSOFIS

Emi Puasa Handayani, Zainal Arifin

Abstract


Makalah berjudul Lonceng Kematian Pendidikan Hukum Di Indonesia Tinjauan Filosofis, mengangkat dua persolan yaitu pertama  apa hakekat pendidikan hukum? Kedua bagaimana formulasi kedepan pendidikan hukum di Indonesia?. Kedua problem itu akan dijawab menggunakan pendekatan filosofis, teoritis dan yuridis. Teori yang digunakan untuk menganalisis kedua persoalan itu adalah teori abstraksi dari Aristoteles dan teori psikoanalisis dari Sigmund Freud. Hasilnya pertama hakekat pendidikan hukum adalah adalah mendewasakan anak didik untuk mandiri, obyektif independen, memilki karakter budi pekerti luhur, berkecerdasan intelektual, emosional, sosial  dan spiritual  yang tinggi. Kedua, pendidikan hukum kedepan dirancang untuk  mampu menciptakan anak didik yang cerdas sesuai dengan tujuan pendidikan yang termuat dalam kosntitusi, dengan menekankan pada etika religius, serta memasukan kurikulum terintegrsi yang menekankan pada berfikir yang komprehensif praktis dan teoritis.

Kata Kunci: Lonceng kematian, pendidikan hukum


Full Text:

PDF PDF

References


Hasan Langgulung, 2003, Pendidikan Islam Dalam Abad 21, Cetakan ketiga, PT. Pustaka Al-Husna Baru, Jakarta.

M. Djumransjah, 2004, Pengantar Filsafat Pendidikan, Cetakan Pertama, Bayu Media Publishing, Malang.

M. Ngalim Purwanto, 2003, Ilmu Pendidikan Teoritis Dan Praktis, Edisi Kedua, Cetakan Kelima Belas, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Muhammad Attiyah Al-Abrasyii, Tanpa Tahun, Ruuhu At-Tarbiyah Wa At-Ta’liim, Cetakan Kesepuluh, (Al-Qoohirah; Daar Ihkyaau Al-Kutub Al-‘Arobiyah).

Muhibbin Syah, 2010, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru,:PT. Remaja Rosdakarya Bandung.

Prasetya, 2000, Fisafat Pendidikan Untuk IAIN, PTAIN, PTAIS, Cetakan ke-dua, CV. Pustaka Setia, Bandung.

Sri Warjiyati, 2018, Memahami dasar Ilmu Hukum, Prenada Media, Jakarta.

Alif Cahya Setiyadi, Konsep Demokrasi Pendidikan Menurut John Dewey, At-Ta’dib Vol. 5. No. 1 Shafar 1430

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesai Tahun 1945

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas),

Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

https://www.zonareferensi.com/pengertian-pendidikan/, diakses Senin 29 Juli 2019 pukul 10.30.

Rhara Irawan, Konseling Psikoanalisis, Sejarah Hidup Sigmund Freud, ttps://www.academia. edu/30268490

Halelaluddin Syawal, Psikoanalisis Sigmund Freud dan Implikasinya dalam Pendidikan, www.researchgate.net/publication/323535054

Bagir Manan, Peranan Pendidikan Hukum dalam Pembangunan dan Penegakkan Hukum untuk Masa Depan Indonesia, Makalah disampaikan pada peresmian digital campus Univ. Pelita Harapan, Jumat, 20 Pebruari 2004




DOI: https://doi.org/10.29103/sjp.v8i1.2491

Article Metrics

 Abstract Views : 527 times
 PDF Downloaded : 94 times  PDF Downloaded : 127 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Emi Puasa Handayani, Zainal Arifin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PRINT ISSN: 1693-7074
ONLINE ISSN: 2715-5455


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.