LONCENG KEMATIAN PENDIDIKAN HUKUM DI INDONESIA TINJAUAN FILOSOFIS
Abstract
Makalah berjudul Lonceng Kematian Pendidikan Hukum Di Indonesia Tinjauan Filosofis, mengangkat dua persolan yaitu pertama apa hakekat pendidikan hukum? Kedua bagaimana formulasi kedepan pendidikan hukum di Indonesia?. Kedua problem itu akan dijawab menggunakan pendekatan filosofis, teoritis dan yuridis. Teori yang digunakan untuk menganalisis kedua persoalan itu adalah teori abstraksi dari Aristoteles dan teori psikoanalisis dari Sigmund Freud. Hasilnya pertama hakekat pendidikan hukum adalah adalah mendewasakan anak didik untuk mandiri, obyektif independen, memilki karakter budi pekerti luhur, berkecerdasan intelektual, emosional, sosial dan spiritual yang tinggi. Kedua, pendidikan hukum kedepan dirancang untuk mampu menciptakan anak didik yang cerdas sesuai dengan tujuan pendidikan yang termuat dalam kosntitusi, dengan menekankan pada etika religius, serta memasukan kurikulum terintegrsi yang menekankan pada berfikir yang komprehensif praktis dan teoritis.
Kata Kunci: Lonceng kematian, pendidikan hukum
References
Hasan Langgulung, 2003, Pendidikan Islam Dalam Abad 21, Cetakan ketiga, PT. Pustaka Al-Husna Baru, Jakarta.
M. Djumransjah, 2004, Pengantar Filsafat Pendidikan, Cetakan Pertama, Bayu Media Publishing, Malang.
M. Ngalim Purwanto, 2003, Ilmu Pendidikan Teoritis Dan Praktis, Edisi Kedua, Cetakan Kelima Belas, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Muhammad Attiyah Al-Abrasyii, Tanpa Tahun, Ruuhu At-Tarbiyah Wa At-Ta’liim, Cetakan Kesepuluh, (Al-Qoohirah; Daar Ihkyaau Al-Kutub Al-‘Arobiyah).
Muhibbin Syah, 2010, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru,:PT. Remaja Rosdakarya Bandung.
Prasetya, 2000, Fisafat Pendidikan Untuk IAIN, PTAIN, PTAIS, Cetakan ke-dua, CV. Pustaka Setia, Bandung.
Sri Warjiyati, 2018, Memahami dasar Ilmu Hukum, Prenada Media, Jakarta.
Alif Cahya Setiyadi, Konsep Demokrasi Pendidikan Menurut John Dewey, At-Ta’dib Vol. 5. No. 1 Shafar 1430
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesai Tahun 1945
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas),
Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
https://www.zonareferensi.com/pengertian-pendidikan/, diakses Senin 29 Juli 2019 pukul 10.30.
Rhara Irawan, Konseling Psikoanalisis, Sejarah Hidup Sigmund Freud, ttps://www.academia. edu/30268490
Halelaluddin Syawal, Psikoanalisis Sigmund Freud dan Implikasinya dalam Pendidikan, www.researchgate.net/publication/323535054
Bagir Manan, Peranan Pendidikan Hukum dalam Pembangunan dan Penegakkan Hukum untuk Masa Depan Indonesia, Makalah disampaikan pada peresmian digital campus Univ. Pelita Harapan, Jumat, 20 Pebruari 2004
DOI: https://doi.org/10.29103/sjp.v8i1.2491
Article Metrics
Abstract Views : 507 timesPDF Downloaded : 79 times PDF Downloaded : 119 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Emi Puasa Handayani, Zainal Arifin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PRINT ISSN: 1693-7074
ONLINE ISSN: 2715-5455
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.