Pengaruh Reward, Punishment, Dan Gaya Komunikasi Guru Terhadap Prestasi Akademik Siswa Di Sma Negeri 1 Lembah Gumanti
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Reward, Punishment, dan Gaya Komunikasi Guru secara Parsial dan secara simultan terhadap Prestasi Akademik Siswa Di SMA Negeri 1 Lembah Gumanti. Teknik pengambilan sampel menggunakan Rumus Slovin dengan metode pengambilan sampel accidental Sampling yaitu pengambilan sampel secara acak. Penelitian ini menggunakan model Analisis Regresi Linear Berganda. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuisioner dengan jumlah responden sebanyak 87 orang siswa di SMA Negeri 1 Lembah Gumanti. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa Reward, Punishment, dan gaya komunikasi guru secara simultan atau uji F berpengaruh signifikan terhadap prestasi akademik siswa di SMA Negeri 1 Lembah Gumanti. Begitupun dengan hasil penelitian Uji t secara parsial dihasilkan bahwa variabel reward, Punishment, dan Gaya Komunikasi Guru berpengaruh positif signifikan terhadap Prestasi Akademik Siswa di SMA Negeri 1 Lembah Gumanti.
Full Text:
PDFReferences
Arini, Ni Kadek Sukiati. 2012. Pengaruh Tingkat Intelegensi Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Akademik Siswa Kelas II SMA Negeri 99 Jakarta. Universitas Gunadarma.
Amirudin. Dkk. 2020. Pengaruh Metode Reward And Punishment Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Di SDIT Tahfidz Qur’an Al-Jabar Karawang). Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia. Indonesia Journal Of Islamic Education. Vol.7 No.2.
Azis. 2016. Reward Punishment Sebagai Motivasi Pendidikan ( Perspektif Barat Dan Islam). Sekolah Tinggi Agama Islam Masjid Syuhada Yogyakarta. Cendikia Vol. 14, No 2.
Bafadol, Ibrahim. 2017. Sanksi Dan Penghargaan Dalam Pendidikan Islam. Edukasi Islami. Jurnla Pendidikan Islam. Hal 48-64.
Djamarah dan Saiful Bahri. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Firdaus. 2020. Esensi Reward Dan Punishment Dalam Diskursus Pendidikan Agama Islam. Universitas Islam Riau. Indonesia. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah Vol. 5, No. 1.
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 21 update PLS regresi. Semarang: Badan Penerbit Univesitas Diponegoro.
Hamdayani, Aam. 2019. Indikator Pemberian Reward.
Khan, alamgir, dkk. 2017. Communiccatin Skills Of A Teacher And Its Role In The Developtment Og The Student Academicc Succes: Journal Of Education And Practive. ISSN 2222-1735 (paper). Vol 8, No 1
Khumaero, Lathifah Al dan Sandy Arief. 2017. Pengaruh Gaya Mengajar Guru, Disiplin Belajar Dan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang, Indonesia. ISSN: 2252-6544.
Mutawakkil, dan Nuraedah. 2019. Gaya Komunikasi Dosen Dalam Pembelajaran Mahasiswa. Jurnal Ilmu Komunikasi. Volume 3 No. 2. Universitas Tadulako Palu.
Pajarilloaquino, Irene. 2019. Pengaruh Hadiah Dan Hukuman Terhadap Kinerja Akademik Mahasiswa Sekolah Tinggi Pendidikan Guru.
Pingge, Herominus Delu Dkk. 2016. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kecamatan Kota Tambolaka. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. Vol 2, No.1
Saputra, Dicky Dkk. 2017. Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional II Sumatera Barat. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Taman siswa Padang. Vol 8 No 1.
Suprianto, wahyu, Rini Iwandiri. 2017. Kecenderungan Sivitas Akademika Dalam Memilih Sumber Referensi Untuk Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Di Perguruan Tinggi. Pustakawan Universitas Gajah Mada.
Sujiati, Pijar Dkk. 2018. Pengaruh Gaya Komunikasi Dosen Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa HUMAS Program Pendidikan Vokasi. Jurnal Sosial Humaniora Terapan. ISSN 2622-1152. Vol 1. No 1.
Umamah, Kamilia Nur, Dkk. 2018. Prestasi Akademik Ditinjau Dari Keterlibatan Remaja Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni. Vol 2, No 1. Hal 108-114.
Widiyono, Aan. 2019. Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas IV SDUT Bumi Kartini Jepara. Jurnal Pendidikan Dasar. ISSN : 2656-3223 Vol. 1, No 2
Yahanana, Anisa. 2017. Pengaruh Gaya Mengajar Guru Dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS Di SMA Negeri Banyudono Tahun Ajaran 2016/2017. UNS-FKIP. Jurusan pendidikan Ekonomi-K7413017-2017
Yusuf, Andi Muhammad. 2017. Pengaruh Komunikasi Interpersonal Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 7 Makassar. Ilmu Komunikasi Dakwah Dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar.
DOI: https://doi.org/10.29103/sisfo.v5i1.5201
Article Metrics
Abstract Views : 340 timesPDF Downloaded : 52 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Yusniar Yusniar, Reni Aulia Fitri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Universitas Malikussaleh |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.