IMPLEMENTASI ALGORITMA LEVENSHTEIN DISTANCE DAN ALGORITMA KNUTH MORRIS PRATT PADA APLIKASI ASMAUL HUSNA BERBASIS ANDROID

Uli Fitrianti, Mutammimul Ula

Abstract


Perkembangan teknologi mobile phone memicu perkembangan
aplikasi-aplikasi yang berbasis android. Salah satunya adalah
perkembangan perangkat yang dapat memberikan informasi secarterangkum layaknya sebuah asmaul husna digital. Adanya aplikasasmaul husna yang terintegrasi dengan perangkat seluler akan
sangat mempermudah para pengguna dalam belajar dan mengingatentang 99 nama-nama asmaul husna yang telah terangkum dalam
beberapa kategori bahasan dan dapat menutupi kekurangan darasmaul husna berbentuk buku yang kurang praktis baik dari segbentuk maupun dari segi kemampuan seperti pembelajaran terkainformasi tertentu masih harus dilakukan secara manual. AlgoritmLeveshtein Distance dan algoritma Knuth Morris Pratt merupakan
algoritma string matching. Pada penelitian tugas akhir ini penulimembuat suatu aplikasi asmaul husna menggunakan algoritmLevenshtein Distance dan algoritma Knuth Morris Pratt berbasiandroid yang dapat memberikan kemudahan bagi setiap orandalam belajar dan mengingat nama Allah SWT. Hasil dari penelitian
ini adalah penggunaan algoritma Levenshtein Distance untuk proses
pengecekan ejaan jawaban yang diiputkan oleh pengguna dan
algoritma Knuth Morris Pratt untuk proses pencocokan jawababerupa string yang sudah benar dengan string yang tersimpan dalam
database yang dapat memudahkan para pengguna mengetahui hasscore akhir jawaban yang benar dan jawaban yang salah.

Kata kunci : String Matching, Levenshtein Distance, Knuth Morris PratAplikasi Asmaul Husna, Android


Full Text:

PDF

References


Andi. 2013. Pemograman Android dengan APP Inventor. Kerjasama Andi

dan Wahana Komputer: Yogyakarta dan Semarang.

Aprilianti, Yunis, dkk., 2013. Aplikasi Game Edukasi Matematika Berbasis

Android Application Of Education Mobile Games For Math Based On

Android. Teknik Informatika, Institut Sains dan Teknologi AKPRIND

Yogyakarta. Yogyakarta. Jurnal SCRIPT. ISSN : 2338-6304 Vol.1 No.1

[Diakses pada situs

http://journal.akprind.ac.id/index.php/script/article/ download/54/39

Selasa, 6 September 2016]

Ariyati, Sri, dan Titik Misriati. 2016. Perancangan Animasi Interaktif

Pembelajaran Asmaul Husna. Teknik Komputer AMIK BSI. Bekasi dan

Jakarta. Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI. ISSN : 2442-2436 Vol. II No.1

[Diakses pada situs

http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jtk/article/download/369/27

Jumat, 2 September 2016]

A.S., Rosa, dan M. Shalahuddin. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak

Terstruktur dan Berorientasi Objek. Informatika: Bandung.

Damarullah, Wandy, dkk. 2013. Aplikasi Pengenalan dan Pembelajaran

Bahasa Korea (Hangeul) Berbasis Android. Teknik Informatika, Institut

Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta. Yogyakarta. Jurnal SCRIPT.

ISSN : 2338-6304 Vol. 1 No. 1

[Diakses pada situs

http://download.portalgaruda.org/article.php?article=181516&val=6283&

title=

APLIKASI%20PENGENALAN%20DAN%20PEMBELAJARAN%20BAH

ASA%20KOREA%20(HANGEUL)%20BERBASIS%20ANDROID Jumat, 2

Desember 2016]

Dryad, Pandu. 2016.Perkembangan Versi-versi OS Android.

[Diakses pada situs http://www.techijau.com Jumat, 2 Desember 2016]

Haviluddin. 2011. Memahami Penggunaan UML (Unified Modelling

Language). Program Studi Ilmu Komputer FMIPA Mulawarman.

Samarinda.

[Diakses pada situs https://informatikamulawarman.com/2011/10/01jurnal-informatika-mulawarman-feb-2011.pdf

Kamis,

September

Hutabarat, Rahmi Nanipaima. 2016. Aplikasi Ensiklopedia Provinsi Aceh

Berbasis Android Menggunakan Algoritma Apostolico-Crochemore.

Program Studi Teknik Informatika. Universitas Malikussaleh:

Lhokseumawe.

Junedy. S, Richard. 2014. Perancangan Aplikasi Deteksi Kemiripan Isi

Dokumen Teks Dengan Menggunakan Metode Levenshtein Distance.

Teknik Informatika STMIK Budi Darma Medan. Medan. Jurnal Pelita

Informatika Budi Darma. ISSN : 2301-9425 Vol.VII No.2

[Diakses pada situs http://pelita

informatika.com/berkas/jurnal/28.%20richard%20jjune.pdf Kamis, 1

September 2016]

Kurniawan. Tony. 2011. Pengembangan Aplikasi Helpdesk Pada JICT

(Jakarta Internasional Container Terminal). Universitas Islam Negeri Syarif

Hidayatullah. Jakarta.

[Diakses pada situs

http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/250/1/101434

-TONI%20KURNIAWAN-FST.PDF Kamis, 1 September 2016]

Kusumaningati, Imam FR. 2012. Ngandroid Hidup Menjadi Mudah dan

Menyenangkan Dengan Android. PT Elex Media Komputindo: Jakarta.

Pradana, Pandu. 2013. Mengenal Android Lebih Dekat. Skripta Media

Creative: Yogyakarta.

Rossaria, Maya, dkk. 2015. Implementasi Algoritma Pencocokan String

Knuth Morris Pratt Dalam Aplikasi Pencarian Dokumen Digital Berbasis

Android. Teknik Informatika Universitas Bengkulu. Bengkulu. Jurnal

Rekursif. ISSN 2303-0755 Vol. 3 No.2

[Diakses pada situs

http://download.portalgaruda.org/article.php?article=406637&val=7008&

title=

Implementasi%20Algoritma%20Pencocokan%20String%20Knuth%20Morri

sPratt%20dalam%20Aplikasi%20Pencarian%20Dokumen%20Digital%20Ber

b

asis%20Android

Jumat,

September

Satria, Dedi. 2014. Aplikasi Ensiklopedia Digital Phylum Mollusca Berbasis

Android Dengan Metode String Matching. Program Studi Teknik

Informatika. Politeknik Negeri Lhokseumawe: Lhokseumawe.

Soleh, Moch. Yusup. 2011. Implementasi Algoritma Knuth Morris Pratt

dan Booyer-Moore dalam Aplikasi Search Engine Sederhana. Teknik

Informatika Institut Teknologi Bandung. Bandung.

[Diakses pada situs

http://informatika.stei.itb.ac.id/~rinaldi.munir/Stmik/20102011/Makalah2010/MakalahStima2010-096.pdf

Jumat,

September




DOI: https://doi.org/10.29103/sisfo.v1i2.243

Article Metrics

 Abstract Views : 834 times
 PDF Downloaded : 811 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Uli Fitrianti, Mutammimul Ula

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


 
 

Universitas Malikussaleh
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.