IMPLEMENTASI ALGORITMA LEVENSHTEIN DISTANCE DAN ALGORITMA KNUTH MORRIS PRATT PADA APLIKASI ASMAUL HUSNA BERBASIS ANDROID
Abstract
Perkembangan teknologi mobile phone memicu perkembangan
aplikasi-aplikasi yang berbasis android. Salah satunya adalah
perkembangan perangkat yang dapat memberikan informasi secarterangkum layaknya sebuah asmaul husna digital. Adanya aplikasasmaul husna yang terintegrasi dengan perangkat seluler akan
sangat mempermudah para pengguna dalam belajar dan mengingatentang 99 nama-nama asmaul husna yang telah terangkum dalam
beberapa kategori bahasan dan dapat menutupi kekurangan darasmaul husna berbentuk buku yang kurang praktis baik dari segbentuk maupun dari segi kemampuan seperti pembelajaran terkainformasi tertentu masih harus dilakukan secara manual. AlgoritmLeveshtein Distance dan algoritma Knuth Morris Pratt merupakan
algoritma string matching. Pada penelitian tugas akhir ini penulimembuat suatu aplikasi asmaul husna menggunakan algoritmLevenshtein Distance dan algoritma Knuth Morris Pratt berbasiandroid yang dapat memberikan kemudahan bagi setiap orandalam belajar dan mengingat nama Allah SWT. Hasil dari penelitian
ini adalah penggunaan algoritma Levenshtein Distance untuk proses
pengecekan ejaan jawaban yang diiputkan oleh pengguna dan
algoritma Knuth Morris Pratt untuk proses pencocokan jawababerupa string yang sudah benar dengan string yang tersimpan dalam
database yang dapat memudahkan para pengguna mengetahui hasscore akhir jawaban yang benar dan jawaban yang salah.
Kata kunci : String Matching, Levenshtein Distance, Knuth Morris PratAplikasi Asmaul Husna, Android
Full Text:
PDFReferences
Andi. 2013. Pemograman Android dengan APP Inventor. Kerjasama Andi
dan Wahana Komputer: Yogyakarta dan Semarang.
Aprilianti, Yunis, dkk., 2013. Aplikasi Game Edukasi Matematika Berbasis
Android Application Of Education Mobile Games For Math Based On
Android. Teknik Informatika, Institut Sains dan Teknologi AKPRIND
Yogyakarta. Yogyakarta. Jurnal SCRIPT. ISSN : 2338-6304 Vol.1 No.1
[Diakses pada situs
http://journal.akprind.ac.id/index.php/script/article/ download/54/39
Selasa, 6 September 2016]
Ariyati, Sri, dan Titik Misriati. 2016. Perancangan Animasi Interaktif
Pembelajaran Asmaul Husna. Teknik Komputer AMIK BSI. Bekasi dan
Jakarta. Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI. ISSN : 2442-2436 Vol. II No.1
[Diakses pada situs
http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jtk/article/download/369/27
Jumat, 2 September 2016]
A.S., Rosa, dan M. Shalahuddin. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak
Terstruktur dan Berorientasi Objek. Informatika: Bandung.
Damarullah, Wandy, dkk. 2013. Aplikasi Pengenalan dan Pembelajaran
Bahasa Korea (Hangeul) Berbasis Android. Teknik Informatika, Institut
Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta. Yogyakarta. Jurnal SCRIPT.
ISSN : 2338-6304 Vol. 1 No. 1
[Diakses pada situs
http://download.portalgaruda.org/article.php?article=181516&val=6283&
title=
APLIKASI%20PENGENALAN%20DAN%20PEMBELAJARAN%20BAH
ASA%20KOREA%20(HANGEUL)%20BERBASIS%20ANDROID Jumat, 2
Desember 2016]
Dryad, Pandu. 2016.Perkembangan Versi-versi OS Android.
[Diakses pada situs http://www.techijau.com Jumat, 2 Desember 2016]
Haviluddin. 2011. Memahami Penggunaan UML (Unified Modelling
Language). Program Studi Ilmu Komputer FMIPA Mulawarman.
Samarinda.
[Diakses pada situs https://informatikamulawarman.com/2011/10/01jurnal-informatika-mulawarman-feb-2011.pdf
Kamis,
September
Hutabarat, Rahmi Nanipaima. 2016. Aplikasi Ensiklopedia Provinsi Aceh
Berbasis Android Menggunakan Algoritma Apostolico-Crochemore.
Program Studi Teknik Informatika. Universitas Malikussaleh:
Lhokseumawe.
Junedy. S, Richard. 2014. Perancangan Aplikasi Deteksi Kemiripan Isi
Dokumen Teks Dengan Menggunakan Metode Levenshtein Distance.
Teknik Informatika STMIK Budi Darma Medan. Medan. Jurnal Pelita
Informatika Budi Darma. ISSN : 2301-9425 Vol.VII No.2
[Diakses pada situs http://pelita
informatika.com/berkas/jurnal/28.%20richard%20jjune.pdf Kamis, 1
September 2016]
Kurniawan. Tony. 2011. Pengembangan Aplikasi Helpdesk Pada JICT
(Jakarta Internasional Container Terminal). Universitas Islam Negeri Syarif
Hidayatullah. Jakarta.
[Diakses pada situs
http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/250/1/101434
-TONI%20KURNIAWAN-FST.PDF Kamis, 1 September 2016]
Kusumaningati, Imam FR. 2012. Ngandroid Hidup Menjadi Mudah dan
Menyenangkan Dengan Android. PT Elex Media Komputindo: Jakarta.
Pradana, Pandu. 2013. Mengenal Android Lebih Dekat. Skripta Media
Creative: Yogyakarta.
Rossaria, Maya, dkk. 2015. Implementasi Algoritma Pencocokan String
Knuth Morris Pratt Dalam Aplikasi Pencarian Dokumen Digital Berbasis
Android. Teknik Informatika Universitas Bengkulu. Bengkulu. Jurnal
Rekursif. ISSN 2303-0755 Vol. 3 No.2
[Diakses pada situs
http://download.portalgaruda.org/article.php?article=406637&val=7008&
title=
Implementasi%20Algoritma%20Pencocokan%20String%20Knuth%20Morri
sPratt%20dalam%20Aplikasi%20Pencarian%20Dokumen%20Digital%20Ber
b
asis%20Android
Jumat,
September
Satria, Dedi. 2014. Aplikasi Ensiklopedia Digital Phylum Mollusca Berbasis
Android Dengan Metode String Matching. Program Studi Teknik
Informatika. Politeknik Negeri Lhokseumawe: Lhokseumawe.
Soleh, Moch. Yusup. 2011. Implementasi Algoritma Knuth Morris Pratt
dan Booyer-Moore dalam Aplikasi Search Engine Sederhana. Teknik
Informatika Institut Teknologi Bandung. Bandung.
[Diakses pada situs
http://informatika.stei.itb.ac.id/~rinaldi.munir/Stmik/20102011/Makalah2010/MakalahStima2010-096.pdf
Jumat,
September
DOI: https://doi.org/10.29103/sisfo.v1i2.243
Article Metrics
Abstract Views : 834 timesPDF Downloaded : 811 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Uli Fitrianti, Mutammimul Ula
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Universitas Malikussaleh |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.