Aplikasi Penyedia Jasa IT Berbasis Mobile Khusus Kota Lhokseumawe

M David Khalid, Munirul Ula, Sayed Fachrurrazi

Abstract


Aplikasi penyedia jasa IT berbasis mobile khusus Kota Lhokseumawe adalah sebuah solusi teknologi yang dirancang untuk memfasilitasi interaksi antara penyedia jasa IT dan pelanggan di wilayah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk merancang, membangun, dan mengimplementasikan aplikasi penyedia jasa IT berbasis mobile dengan focus pada kemudahan penggunaan, efisiensi, dan penghematan waktu. Metode penelitian kualitatif digunakan untuk menganalisis permasalahan terkait aplikasi tersebut serta focus pada analisis kebutuhan dan masalah yang relevan dengan sistem penyedia jasa IT. Data diperoleh melalui studi kepustakaan dari berbagai sumber referensi seperti artikel jurnal, makalah, artikel web, dan sumber video pembelajaran online. Dalam penelitian ini, digunakan berbagai alat dan bahan termasuk perangkat keras (hardware) seperti laptop dan smartphone, serta perangkat lunak (software) seperti figma, android studio, visual studio code, dan browser. Model pengembangan sistem yang dipilih adalah model waterfall, di mana proses pengembangan dilakukan secara terstruktur dan setiap tahapannya saling berkaitan serta harus dikerjakan secara detail. Hasil dari perancangan, pembangunan, dan pengimplementasian aplikasi ini dapat memberikan manfaat signifikan dalam memperluas jangkauan pemasaran jasa IT, meningkatkan efisiensi transaksi jual beli jasa, dan membuka peluang bagi freelancer untuk memanfaatkan keahlian mereka. Aplikasi ini memungkinkan penyedia jasa IT untuk mendaftarkan layanan mereka dan memungkinkan pelanggan untuk menemukan jasa yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Selain itu, aplikasi ini tidak hanya memberikan solusi praktis, tetapi juga menyumbangkan wawasan yang berharga dalam perkembangan tekonolgi di Kota Lhokseumawe

Full Text:

PDF

References


Arman SP. 2020. Teknologi Informasi (IT) Sebagai Alat Syiar Budaya Islam di Bumi Nusantara Indonesia. STMIK Insan Pembangunan.

Agusti Maula Qahfi. 2019. Perancangan Desain Antarmuka Aplikasi Situs Keren Sebagai Satart Up Penyedia Jasa Pembuatan Website. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Arshita Nurul Anastasia, Inge Handriani, 2018. Aplikasi Sistem Order Jasa Graphic Designer Berbasis Web Pada PT. Decorner. Universitas Mercu Buana.

Budi Raharjo, 2019. Pemrograman Android Dengan FLUTTER. Informatika Bandung

Delia Mediana, Andi Iwan Nurhidayat. 2017. Rancang Bangun Aplikasi Heldesk (A-Desk) Berbasis Web Menggunakan Framework Laravel (Studi Kasus Di PDAM Surya Sembada Kota Surabaya). Universitas Negeri Surabaya.

Dhika Kamesywara. 2019. Pembuatan Dan Perancangan Aplikasi Penyedia Jasa Ilustrator Desain Grafis Berbasis Website. Universitas Mercubuana.

Ginanjar Wiro Sasmito. 2017. Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal. Politeknik Harapan Bersama.

Harista Prastanu, Lilyani Asri Utami, 2017. Sistem Informasi Pemesanan Jasa Pembuatan Website Pada PT. Prima Pilar Berbudi Berbasis Web. Inti Nusa Mandiri.

Hutahaean, Jeperson. 2015. Konsep Sistem Informasi. CV. BUDI UTAMA. Yogyakarta.

Idcloudhost.com (2022, 7 Februari). SQLite: Definisi Dan Cara Kerjanya. Diakses 13 Desember 2022, dari https://idcloudhost.com/sqlite-definisi-dan-cara-kerjanya/.

Kusnita Yusmiarti, 2016. Geographic Information System (GIS) Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) Pada Dinas Pendidikan Kota Pagaralam. AMIK lembah Dempo Pagaralam. Sumatera Selatan.

Made Yadi Dharma, Ngurah Gede Wiweka Naren Ananda, dkk. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Jasa Pengembangan Web Dan Android Berbasis Web. Politeknik Pos Indoesia.

Maniah, S. Kom., MT., Dini Hamidin, S.Si., MBA., MT. 2017. Analisis dan Perancangan sistem informasi. CV BUDI UTAMA. Yogyakarta.

M. Mursid, 2017, Manajemen Pemasaran, Bumi Aksara, Jakarta.

Nunung Nurmaesah, Tutik Lestari, dkk. 2017. Aplikasi Steganografi Untuk Menyisipkan Pesan Dalam Media Image. Universitas Budi Luhur.

Nadia Firly. 2018. Create Your Own Android Application. PT Gramedia. Jakarta.

Syafrizal Fachrie Pane, Wahyu Kurnia Sari, dkk. 2020. Membuat Aplikasi Pengolahan Data Administrasi Barang Menggunakan Aplikasi. Kreatif Industri Nusantra.

Sudiartha IKG, Indrayana INE, dkk. 2017. Membangun Struktur Realtime Database Firebase Untuk Aplikasi Monitoring Pergerakan Group Wisatawan. Politeknik Negeri Bali.

Wulfram I, Ervianto. 2017. Ekplorasi Teknologi Dalam Proyek Konstruksi. Andi. Yogyakarta

Wahyu Nur Cholifah, Yulianingsih, dkk. 2018. Pengujian Black Box Testing Pada Aplikasi Action & Strategy Berbasis Android Dengan Teknologi Phonegap. Universitas Indraprasta PGRI.




DOI: https://doi.org/10.29103/sisfo.v8i1.18086

Article Metrics

 Abstract Views : 46 times
 PDF Downloaded : 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 M David Khalid, Munirul Ula, Sayed Fachrurrazi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


 
 

Universitas Malikussaleh
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.