IMPLEMENTASI ADDIE MODEL DALAM PENGEMBANGAN E-MODULE BERBASIS CASE METHOD
Abstract
ADDIE Model merupakan framework yang paling banyak digunakan oleh perancang instruksional karena memberikan pedoman yang fleksibel untuk membantu perancang instruksional membuat alat pendukung praktis. Dalam penelitian ini, ADDIE Model diimplementasikan dalam pengembangan e-module berbasis case method pada Mata Kuliah Pasar Modal Mata Kuliah Pendidikan Bisnis Universitas Negeri Medan. Penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa e-module Kursus Pasar Modal berbasis metode kasus yang dikembangkan valid, efektif, praktis, dan bermanfaat sebagai bahan perkuliahan. Hal ini ditunjukkan dengan hasil penilaian belajar siswa sebesar 80,95%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, Y. 2013. Instructional Design and Motivation in Computer-Based Learning Environment. IOSR Journal of Computer Engineering (IOSRJCE), 8(3), 9–12.
Branch, R. M. (2009). Intructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer.
Darmawan, D. (2013). Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Daryanto & Darmiatun, S. (2013). Menyusun Modul: Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.
Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2015). The Systematic Design of Instruction (8th Edition). New Jersey: Longmann.
Lestari, N. W. E., Hardinto, P., & Rokhmani, L. (2015). Pengembangan E-module Ekonomi Pada Materi Uang Dan Perbankan Untuk Siswa Kelas X A SMA Negeri 1 Panggul Trenggalek Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 8(1), 18 – 27.
Morrison, G. R. (2010). Designing Effective Instruction (6th Edition). John Wiley & Sons.
Mulyatiningsih, E. (2014). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Prayudha, D. R. (2016). Pengembangan E-module dengan Model Problem Based Learning pada Materi Bilangan Bulat Kelas VII. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 7(1), 48 – 56.
Putra, K. W. B., Wirawan, I M. A., & Pradnyana, G. A. (2017). Pengembangan E-module Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Untuk Siswa Kelas X Multimedia SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 14(1).
Sobri, M., Muid, A., & Daud, S. M. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Case method dalam Mengatasi Demotivasi Belajar During Mata Kuliah Muhadatsah Lil Mubtadiin Prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Jambi. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Budaya Islam, 2(2), 1-12.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.
Wulansari, E. W., Kantun, S., & Suharso, P. (2018). Pengembangan E-module Pembelajaran Ekonomi Materi Pasar Modal untuk Siswa Kelas XI IPS MAN 1 Jember Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 12(1), 1-7.
DOI: https://doi.org/10.29103/sisfo.v6i2.10298
Article Metrics
Abstract Views : 317 timesPDF Downloaded : 115 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Agnes Irene Silitonga, Pebri Hastuti, Roza Thohiri, Annisa Fadhillah Pulungan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Universitas Malikussaleh |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.