ANALISIS KEBUTUHAN ALAT PERAGA SEDERHANA FISIKA DI KELAS XI IPA MA DARUL ULUM PALANGKA RAYA

Mai Ratih Kumalasari, Salihatun Wahdina, Hadma Yuliani, Nadia Azizah

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui kendala guru dan siswa dalam proses pembelajaran fisika. 2) Mengetahui media pembelajaran yang digunakan di kelas menurut guru dan siswa di kelas XI IPA MA Darul Ulum Palangka Raya. 3) Menganalisis kebutuhan  media pembelajaran berupa alat peraga fisika menurut guru dan siswa kelas XI di MA Darul Ulum. Metode pada penelitian ini adalah  mix method yaitu secara kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara untuk kualitatif ke guru fisika dan angket untuk kuantitatif ke siswa. Hasil dari wawancara dan angket yang diperoleh adalah 1)  Kendala yang dialami oleh guru berupa kurangnya media dan kendala siswa selama belajar fisika di kelas XI MA Darul Ulum Palangka Raya yaitu, pada mata pelajaran fisika terlalu banyak rumus (54,50%) dan berhitung dan kurangnya media pembelajaran pada saat proses pembelajaran fisika (41%); 2) Media pembelajaran yang digunakan dikelas menurut guru berupa modul, sedangkan menurut siswa berupa modul (86%) dan terkadang menggunakan PPT pada saat proses pembelajaran fisika (14%). 3) guru dan siswa merasa sangat membutuhkan pengembangan media pembelajaran fisika berupa alat peraga  (95,50%).

 

Kata Kunci:Analisis Kebutuhan, media pembelajaran, alat peraga sederhana, Fisika

 

ANALYSIS OF THE NEED FOR SIMPLE PHYSICS TEACHING AIDS IN CLASS XI IPA MA DARUL ULUM PALANGKA RAYA

 

Abstract: This study aims to 1) Knowing the constraints of teachers and students in the process of learning physics. 2) Knowing the learning media used in class according to teachers and students in class XI IPA MA Darul Ulum Palangka Raya. 3) Analyzing the needs of learning media in the form of teaching aids according to teachers and students of class XI at MA Darul Ulum. The method in this study is a  mix method , namely quantitatively and qualitatively. Data collection techniques in the form of qualitative interviews to physics teachers and quantitative questionnaires to students. The results of the interviews and questionnaires obtained are 1) Obstacles experienced by teachers in the form of lack of media and students' obstacles while studying physics in class XI MA Darul Ulum Palangka Raya, namely, in physics subjects there are too many formulas (54.50%) and arithmetic and lack of learning media during the physics learning process (41%); 2) The learning media used in the classroom according to the teacher is in the form of a module, while according to students it is in the form of a module (86%) and sometimes using PPT during the physics learning process (14%). 3) teachers and students feel that they really need the development of physics learning media in the form of teaching aids (95.50%).

 

Keywords:Physics, Learning Media, Simple Teaching Aid


Full Text:

PDF

References


Aminoto, T., Dani, R., & Yuversa, E. (2019). Pengembangan Termometer Gas Sebagai Alat Peraga Pembelajaran Pokok Bahasan Skala Suhu Mutlak. EduFisika : Jurnal Pendidikan Fisika, IV (2), 48-55.

Andarsyah, R., & Fadilla, R. (2020). Aplikasi Lelang Online Geographic Information System (WEBGIS) Intelligence PT. Pegadaian (Persero) Menggunakan Metode Research and development (R & D). Jurnal Teknik Informatika, XII (2), 1-7.

Arifuddin, A., Maufur, S., & Farida. (2018). Pengaruh Penerapan Alat Peraga Puzzle dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika di SD/MI. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, II (1), 10-17.

Budiman, A. A., Inggriani, A. S., Prasetyo, Y. A., Fauziah, N., & Sepriana, N. (2016). Moedel Pembelajaran IPA Drngan Alat Peraga Sederhana Untuk Meningkatkan Pemahaman dan Kreativitas Siswa di MTs Ma'Arif Cikeruh, Jatinangor. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat, V (1), 56-60.

Fathurohman, A. (2014). Analogi Dalam Pengajaran Fisika. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, I (1), 74-77.

Gulo, M. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Dengan Menggunakan Alat Peraga Sederhana Pada Materi Gerak Melingkar di Kelas X-5 SMA Negeri 3 Gunungsitoli Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Wahana Inovasi, VI (2), 1-14.

Gupitasari, D. N., Sumarni, W., & Wardani, S. (2019). Pengembangan Alat Peraga Destilasi Berbahan Limbah Untuk Meningkatkan Psikomotorik Siswa. Journal of Chemistry In Education, VIII (1), 1-7.

Kurniawan, P. V. (2012). Penerapan Metode Demonstrasi Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, III (2), 103-109.

Marscella, F. A., Komikesari, H., Fakhri, J., & Dewi, P. S. (2019). Termoskop dan Pendingin Udara Sederhana : Pengembangan Alat Peraga Fisika Untuk Pembelajaran Fisika. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, II (3), 333-343.

Masyruhan, M., Pratiwi, U., & Hakim, Y. A. (2020). Perancangan Alat Peraga Hukum Hooke Berbasis Mikrokontroler Arduino Sebagai Media Pembelajaran Fisika. S P E K T R A: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, VI (2), 134-145.

Masyurahan, M., Pratiwi, U., & Hakim, Y. A. (2020). Perancangan Alat Peraga Hukum Hooke Berbasis Mikrokontroler Arduino Sebagai Media Pembelajaran Fisika. S P E K T R A: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, VI (2), 134-145.

Mujasam, S., Yusuf, I., & Widyaningsih, S. W. (2018). Penerapan Model PBL Menggunakan Alat Peraga Sederhana Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Curricula : Journal of Teaching and Learning, III (1), 11-22.

Nuvitalia, D., Patonah, S., Saptaningrum, E., Khumaedi, & Rusilowati, A. (2016). Analisis Kebutuhan Alat Peraga Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu. Unnes Physics Education Journal, V (2), 61-65.

Osnia, Pohan, L. A., & Lubis, A. W. (2020). Pembelajaran Materi Sistem Periodik Unsur Menggunakan TGT (Team Games Tournament) Berbantukan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar di Kelas X SMA UISI Medan. CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science, IV (1), 7-13.

Pambudi, B., Efendi, R. B., Novianti, L. A., Novitasari, D., & Ngazizah, N. (2018). Pengembangan Alat Peraga IPA dari Barang Bekas untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. IJPE : Indonesian Journal of Primary Education, II (2), 29-33.

Permatasari, A., Yuberti, & Anggraini, W. (2019). Pengembangan Lampu Sensor Berbasis Arduino Uno Sebagai Alat Peraga Fisika. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, II (3), 380-387.

Suastika, I. K., & Rahmawati, A. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, IV (2), 58-61.

Sulaeman, A. A. (2019). Strategi Diklat Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Guru Biologi Dalam Mengembangkan Alat Peraga. EDUSAINS, XI (1), 29-40.

Supardi, Leonard, Suhendri, H., & Rismurdiyanti. (2012). Pengaruh Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Formatif, II (1), 71-81.

Wulandari, S. D., Rosidin, U., & Abdurrahman. (2013). Pengembangan Alat Peraga Fisika Pada Materi Viskositas Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pembelajaran Fisika, I (4), 1-10.

Yudha, J. R., & Sundari, S. (2021). Manfaat Media Pembelajaran Youtube Terhadap Capaian Kompetensi mahasiswa. Journal of Telenursing (JOTING), III (2), 538-545.




DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v5i2.7952

Article Metrics

 Abstract Views : 616 times
 PDF Downloaded : 230 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Mai Ratih Kumalasari

Creative Commons License

Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.

View My StatsFlag Counter