PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING BERBASIS GOOGLE MEET TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI GERAK LURUS KELAS X SMA YAPIM TARUNA STABAT

Syarifa Rita Zahara, Bunga Anggraini, Syafrizal Syafrizal

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran daring berbasis google meet terhadap pemahaman konsep siswa pada materi gerak lurus kelas X SMA Yapim Taruna Stabat. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimental design. Penelitian ini dilakukan pada bulan agustus tahun 2021. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan teknik purposive sampling dimana siswa kelas X MIA 1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 20 orang dan siswa kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 20 orang. Kelas kontrol dengan perlakuan menggunakan google classroom dan group whatsapp sedangkan kelas eksperimen menggunakan google meet dan group whatsapp pada saat proses pembelajaran. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonequivalent control group desains. Instrumen pengumpulan data menggunakan soal pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan SPSS versi 20. Untuk menguji hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney test. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai  rata-rata  post-test eksperimen yaitu 79,25 dan nilai rata-rata post-test kontrol yaitu 66. Besar uji non parametrik diperoleh hasil 0,000 < 0.05 sehingga dapat disimpulkan penerapan pembelajaran berbasis google meet dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa.

Keywords


Google Meet, Materi Gerak Lurus, Pemahaman Konsep

Full Text:

PDF

References


Agung Mahardini, M. M. (2020). Analisis Situasi Penggunaan Google Classroom pada Pembelajaran Daring Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 215. https://doi.org/10.24127/jpf.v8i2.3102

Ardiannisa, S., Fonna, M., & Fatmi, N. (2020). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Simulasi Phet Pada Materi Elastisitas Di Sma 2 Bireuen. Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 2(2), 1–7. http://ojs.unimal.ac.id/index.php/relativitas/

Darmalaksana, W., Hambali, R. Y. A., Masrur, A., & Muhlas. (2020). Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemic Covid-19 sebagai Tantangan Pemimpin Digital Abad 21. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung Tahun 2020.

El Iq Bali, M. M. (2019). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Distance Learning. Tarbiyatuna : Kajian Pendidikan Islam, 3(1), 29. https://doi.org/10.29062/tarbiyatuna.v3i1.198

Haryadi, R., & Jannah, R. (2020). Pembelajaran Daring Fisika Pada Siswa Sekolah Menengah Atas ( SMA ). 4(2), 264–268.

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 99–110. https://doi.org/10.24235/ILEAL.V3I1.1820

Kurniasari, A., Pribowo, F. S. P., & Putra, D. A. (2020). Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (Bdr) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 1–8.

Nurhayati, S., Wicaksono, M. F., Lubis, R., Rahmatya, M. D., & Hidayat, H. (2020). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Pembelajaran Daring Dengan Memanfaatkan Teknologi Informasi Bagi Guru SMA Negeri 5 Cimahi Bandung. Indonesian Community Service and Empowerment (IComSE), 1(2), 70–76. https://doi.org/10.34010/icomse.v1i2.3878

P, N. D. P., Hamidah, I., & Setiawan, A. (n.d.). Penggunaan Website Dalam Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Kinematika Gerak Lurus.

Qusthalani. (2019). Pengembangan Media Evaluasi Pendidikan “Si Asseb” Di Sma Negeri 1 Matangkuli Aceh Utara. Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 2(1), 6–14. https://doi.org/10.29103/RELATIVITAS.V2I1.1459

Sawitri, D. (2020). Penggunaan Google Meet Untuk Work From Home Di Era Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(01), 13–21.

Suhandi, A. M. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Dan Kemampuan Berargumentasi Calon Guru Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 8, 174–183.




DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v7i1.5666

Article Metrics

 Abstract Views : 19 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Syarifa Rita Zahara, Bunga Anggraini, Syafrizal Syafrizal

Creative Commons License

Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.

View My StatsFlag Counter