PENGARUH PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adisel., &. A. (2020). Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Sistem Manajemen Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. Journal of Administration and Education Management , 3 (1): 1-10.
Agustini, K. K. (2016). Pengaruh E-modul Berbasis Metode Pembelajarab Problem Based Learning Terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Siswa pada Pelajaran Programan Dasar (Studi Kasus: Kelas X Multimedia di SMK Negeri 3 Singaraja). Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI) , volume 5, Nomor 2.
Akhmadi, M. N. (2021). Analisis Butir Soal Evaluasi Tema 1 Kelas 4 SDN Plumbungan Menggunakan Program Anates. Ed- Humanistics, 6(1).
Anwar, I. (2010). Pengembangan Bahan Ajar. Bahan Kuliah Online. Bandung: Direktori.
Arif, M. (2014). Penerapan Aplikasi Anates Bentuk Soal Pilihan Ganda. Jurnal Ilmiah Edutic, 1(1).
Arikunto, S. (2010). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Citrawathi, D. M. (2006). Pengembangan Pembelajaran Biologi Menggunakan Modul Berorientasi Siklus Belajar dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja .
Daryanyo. (2011). Media Pembelajaran. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depsiknas.
Eggen, P., Don Kauchak, & Satrio, w. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran: Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir. Jakarta: PT Indeks.
Fietri, A. W., Zulyusri, & Violita. (2021). Analisis Butir Soal Biologi Kelas XI Madrasah Aliyah Sakinah Kerinci Menggunakan Program Komputer Anates 4.0 For Windows. Natural Science: Jurnal Pendidikan Bidang IPA Dan Pendidikan IPA. 7(1).
Gunawan, I. (2015). Taksonomi Bloom Revisi Ranah Kognitif: kerngka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajran, dan Penilaian. Premie Educandum , Vol. 2 No 2: 26.30.IKIP PGRI Madium.
Hamalik, O. (2012). Kurikukum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung : CV Pustaka Setra.
Irwan., Kurnia, N, & Reni, M. (2021). Pengaruh Modul terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Keanekaragaman Hayati SMA Negeri 9 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan.
Lasmi, N. K. (2015). Seri Pendalaman Materi (SPM) Fisika. Bandung: Penerbit Esis.
Mulyasa, E. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nahel, B. (2012). Pengertian Buku Siswa. (Online), (http://www.id.shvong.com/socialsciences/education/2251813-pengertian-buku-siswa/,diakses 2 oktober 2013).
Nasution, S. (2010). Berbagai Pendekatan Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Prastowo, A. (2010). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovasai: Menciptakan Metode Pengembangan yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: DIVA Press.
Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.
Rahayu, T., Muhammad, L, H., & Victria, H, S. (2008). Pengembangan Modul Pembelajaran Genetika Berbasis Fenomena Loka. Jurnal Cakrawala Pendidikan , 2(2).
Sari, R. A. (2019). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numered Head Together (NHT) Dan Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matermatika Siswa Kelas X SMK Al-Falah Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Salatiga: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga.
Sears, Z. (1994). Fisika untuk Universitas 3 Optika Fisika Modern (Terjemahan). Bandung: Binacipta.
Setiyaningsih, I. A. (2015). Pengaruh Penggunaan Modul Berbasis Masalah dalam Pembelajaran Inquiry Terhadap Coriosity dan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasa Sistem Koordinasi Kelas XI SMA N 1 Kayen. Sains & Entr , 333-341.
Simbolon, P. (2019). Pengaruh Penggunaan Modul Ekosistem Berbasis Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pinangsori. Vol. 7 No. 3.
Sudaryono. (2017). Metode Penelitian. Jakarta: Rajawali Press.
Sudjana, N. (2013). Penilaian Hasil Belajar Prses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. A
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: CV Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi, A. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Sulisiyani. (2017). Pengaruh Modul Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar . Jurnal SAP , Vol. 2 No. 2.
Suprawoto, N. A. (2009). Mengembangkan Bahan Ajar dengan Menyusun Modul
Tanggona, A. S. (2007). Sains Fisika 2. Jakarta: Bumi Aksara.
Wenno, I, H. (2010). Pengembangan Model Modul IPA Berbasis Problem Solving berdesarkan Karakteristik Siswa dalam Pembelajaran di SMP/MTs. Jurnal Cekrawala Pendidikan, Vol. 2 No.2.
DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v4i2.5257
Article Metrics
Abstract Views : 1421 timesPDF Downloaded : 257 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 eka nadia, nuraini fatmi, dessy siska
Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.
View My Stats |