PENGARUH PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA

Nuraini Fatmi, Eka Nadia, Deassy Siska

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan modul pembelajaran terhadap hasil belajar kgnitif siswa. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Design, pupulasi yang diambil adalah kelas X semester genap 2020/2021 SMA Negeri 1 Teupah Selatan. Teknik pengambilan Sampel menggunakan desain non probability sampling. Sampel yang diambil adalah kelas X-MIA 1 sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 22 siswa dan kelas X-MIA 2 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 22 siswa. Instrument pengumpulan data menggunakan tes (pretest dan postest), instrument non tes (wawancara dan dokumentasi). Rata-rata nilai pretest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 19.18 dan 18.91, sedangkan nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen dan kelas konrol adalah 80.36 dan 39.09. uji analisis data dilakukan dengan menggunakan uji independent T test dengan signifikan  pada hasil belajar kognitif siswa diperoleh signifikan- 2-tailed sebesar 0,000 < 0,05, sehingga  Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan analisis tes tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan modul pembelajaran terhadap hasil belajar kognitif siswa.

Keywords


Modul Pembelajaran, Hasil belajar kognitif

Full Text:

PDF

References


Adisel., &. A. (2020). Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Sistem Manajemen Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. Journal of Administration and Education Management , 3 (1): 1-10.

Agustini, K. K. (2016). Pengaruh E-modul Berbasis Metode Pembelajarab Problem Based Learning Terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Siswa pada Pelajaran Programan Dasar (Studi Kasus: Kelas X Multimedia di SMK Negeri 3 Singaraja). Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI) , volume 5, Nomor 2.

Akhmadi, M. N. (2021). Analisis Butir Soal Evaluasi Tema 1 Kelas 4 SDN Plumbungan Menggunakan Program Anates. Ed- Humanistics, 6(1).

Anwar, I. (2010). Pengembangan Bahan Ajar. Bahan Kuliah Online. Bandung: Direktori.

Arif, M. (2014). Penerapan Aplikasi Anates Bentuk Soal Pilihan Ganda. Jurnal Ilmiah Edutic, 1(1).

Arikunto, S. (2010). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Citrawathi, D. M. (2006). Pengembangan Pembelajaran Biologi Menggunakan Modul Berorientasi Siklus Belajar dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja .

Daryanyo. (2011). Media Pembelajaran. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depsiknas.

Eggen, P., Don Kauchak, & Satrio, w. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran: Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir. Jakarta: PT Indeks.

Fietri, A. W., Zulyusri, & Violita. (2021). Analisis Butir Soal Biologi Kelas XI Madrasah Aliyah Sakinah Kerinci Menggunakan Program Komputer Anates 4.0 For Windows. Natural Science: Jurnal Pendidikan Bidang IPA Dan Pendidikan IPA. 7(1).

Gunawan, I. (2015). Taksonomi Bloom Revisi Ranah Kognitif: kerngka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajran, dan Penilaian. Premie Educandum , Vol. 2 No 2: 26.30.IKIP PGRI Madium.

Hamalik, O. (2012). Kurikukum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung : CV Pustaka Setra.

Irwan., Kurnia, N, & Reni, M. (2021). Pengaruh Modul terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Keanekaragaman Hayati SMA Negeri 9 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan.

Lasmi, N. K. (2015). Seri Pendalaman Materi (SPM) Fisika. Bandung: Penerbit Esis.

Mulyasa, E. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nahel, B. (2012). Pengertian Buku Siswa. (Online), (http://www.id.shvong.com/socialsciences/education/2251813-pengertian-buku-siswa/,diakses 2 oktober 2013).

Nasution, S. (2010). Berbagai Pendekatan Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Prastowo, A. (2010). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovasai: Menciptakan Metode Pengembangan yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: DIVA Press.

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Rahayu, T., Muhammad, L, H., & Victria, H, S. (2008). Pengembangan Modul Pembelajaran Genetika Berbasis Fenomena Loka. Jurnal Cakrawala Pendidikan , 2(2).

Sari, R. A. (2019). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numered Head Together (NHT) Dan Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matermatika Siswa Kelas X SMK Al-Falah Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Salatiga: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga.

Sears, Z. (1994). Fisika untuk Universitas 3 Optika Fisika Modern (Terjemahan). Bandung: Binacipta.

Setiyaningsih, I. A. (2015). Pengaruh Penggunaan Modul Berbasis Masalah dalam Pembelajaran Inquiry Terhadap Coriosity dan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasa Sistem Koordinasi Kelas XI SMA N 1 Kayen. Sains & Entr , 333-341.

Simbolon, P. (2019). Pengaruh Penggunaan Modul Ekosistem Berbasis Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pinangsori. Vol. 7 No. 3.

Sudaryono. (2017). Metode Penelitian. Jakarta: Rajawali Press.

Sudjana, N. (2013). Penilaian Hasil Belajar Prses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. A

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, A. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sulisiyani. (2017). Pengaruh Modul Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar . Jurnal SAP , Vol. 2 No. 2.

Suprawoto, N. A. (2009). Mengembangkan Bahan Ajar dengan Menyusun Modul

Tanggona, A. S. (2007). Sains Fisika 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Wenno, I, H. (2010). Pengembangan Model Modul IPA Berbasis Problem Solving berdesarkan Karakteristik Siswa dalam Pembelajaran di SMP/MTs. Jurnal Cekrawala Pendidikan, Vol. 2 No.2.




DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v4i2.5257

Article Metrics

 Abstract Views : 1419 times
 PDF Downloaded : 255 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 eka nadia, nuraini fatmi, dessy siska

Creative Commons License

Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.

View My StatsFlag Counter