PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DICOVERY LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN PBL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA

Syarifah Rita Zahara, Muliani Muliani, Rizaldi Rizaldi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman kosep siswa dengan menerapkan model pemelajaran discovery learning dan Problem Based Learning (PBL). Penelitain ini menggunkan jenis penelitian eksperimen semu (quasy experiment) dengan desain control group pretest-posttest dan pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Pengambilan data dilakukan di kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan aplikasih SPSS 18. Berdasarkan uji hipotesis data uji independent sample t-test siswa dari tes awal dan tes akhir diperoleh t­hitung > ttabel yaitu 0,001 > 0,05 dan diperoleh nilai signifikan 2-tailed sebesar 0.00 lebih rendah dari 0,05. Sehingga dapat diambil keputusan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan konsep sisa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL dapat  meningkatakan pemahaman konsep siswa

Keywords


Discovery Learning, PBL, Pemahaman Konsep

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi 2010. Jakarta: Rineka Cipta.

Hosnan. (2014). Pendektana Saintifik dan Kontektual Dalam Pembelajaran Abad 2. Bogor: Ghalia Indonesia.

Medriati, R. (2013). Upaya Peningkaatan Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Konsep Cahaya Kelas VII6 Melalui Penerapan Model Pemeblajaran Problem Based Learning (PBL) Brbasis Laboraturium Di SMPN 14 Kota Bengkulu. Jurnal Prosiding Semirate, 131.

Purnamaningrum, A. (2012). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Biologi Siswa Kelas X-10 SMA Negeri 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012 . Jurnal Pendidikan Biologi.

Purwantoko. (2010). Keefektifan Pembelajaran Dengan Menggunakan Media Puzzle Terhadap Pemahaman IPA Pokok Bahasan Kalor Pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, vol. 6.

Sadia, I. W. (2014). Model-Model Pembelajaran Sains Kontruktivitas. Yoyakarta: Rajawali Pers.

Sifa'i, M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran iscovery Learning Dan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik . Jurnal Pedidikan.

Susanto. (2012). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar . Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v4i1.3805

Article Metrics

 Abstract Views : 437 times
 PDF Downloaded : 158 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Syarifah Rita Zaha, Muliani Muliani, Rizaldi Rizaldi

Creative Commons License

Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.

View My StatsFlag Counter