PENGARUH METODE PRAKTIKUM BERBANTUAN SIMULASI PHET TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATERI TUMBUKAN

Arif Alridha, Sirry Alvina, Nuraini Fatmi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode praktikum berbantuan simulasi PhET terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi momentum dan impuls di SMA Negeri 1 Lhoksukon. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu (quasy experiment) dengan desain control group pretest posttest dan pengambilan sampel dengan teknik random sampling. Pengambilan data dilakukan di kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 14 orang dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 14 orang. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan aplikasi SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran dengan menggunakan metode praktikum dengan model problem solving berbantuan simulasi PhET, memperoleh rata-rata hasil posttest mencapai 82,5, sedangkan kelas yang diajarkan dengan metode konvensional, rata-rata hasil posttest yang diperoleh hanya mencapai 73,928. Dengan demikian kelas yang mengikuti pembelajaran dengan metode praktikum dengan model problem solving berbantuan simulasi PhET memberikan hasil belajar yang lebih baik dibandingkan kelas yang mengikuti pembelajaran dengan metode konvensional.

Keywords


Metode Praktikum, Simulasi PhET, Hasil Belajar Kognitif, Momentum dan Impuls

Full Text:

PDF

References


Agung W. Subiantora, (2010). Pentingnya Paktikum Dalam Pembelajaran IPA Prosiding. Kegiatan Ppm “Pelatihan Perkembangan Praktikum IPA Berbasis Lingkungan” Bagi Guru – Guru MGMP IPA SMP. Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: MGMP Yogyakarta.

Anastasia, (2018). Pengaruh Penerapan Simulasi PhET Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK Panggudi. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Santa Darma

A.M, Sadirman, (1992). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Pers

Arikunto, Suharsimi. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Pt Bumi Aksara

Aunurrahman (2015). Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta

Fakruni, (2015). Upaya Peningkatan Aktifitas Dan Hasil Belajar Fisika Menggunakan Model Inquiri Di SMP. Jurnal Penelitian. Pontianak: Universitas Tanjungpura

Hingkua, Wirjawan, Arcana. (2014). Media Pembelajaran Fisika Sma Berbasis Video Pada Pokok Bahasan Momentum, Impuls Dan Tumbukan. Jurnal Pendidikan ilmu fisika. Surabaya: Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya

Ita Susanti, (2016). Pengaruh Metode Eksperimen Terbimbing Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Sains Pada Pokok Bahasan Perubahan Wujud Zat Kelas X SMA Selta Duce Bantul. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Santa Dharma

Kallesta, (2017). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Ipa Fisika Pada Materi Bunyi. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika dan Teknologi.

Karim dkk, (2015) Diagnosis Kesulitan Belajar Mahasiswa Dalam Memahami Konsep Momentum. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika,1 (1), 85-90.

Mauliza, (2017). Pengaruh Media Phet Simulasion Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Teori Kinetik Gas Kelas Xi Di Sma 1 Unggul Darul Imara. Skripsi. Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry

Noer, Rohmah, (2012). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Teras

Purwanto, (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Bandung

Ruswandi, (2013). Psikologi Pembelajaran, Bandung : Ciptapesona Sejahtra

Saiful, Sagala, (2015). Menjelajah Pembeljaran Inovatif Sumber Lawang: Mas Media Pusaka

Sudijono, Anas. (2015). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Pt Raja Gravindo

Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatis, Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sumargo, Yuanita. (2014). Penerapan Media Laboratorium Virtual (Phet) Pada Materi Laju Reaksi Dengan Model Pengajaran Langsung. Jurnal pendidikan kimia. Volume 3. No. 1, pp. 119-133, Januari 2014

Suparno, Paul, (2007). Metodelogi Pembelajaran Fisika Kontruksivisik Menyenangkan. Skripsi. Yogyakarta: Univ Samanta Darma

The PhET Team, (2011). Pengaruh Model Problem Solving melalui Simulasi PhET. Relativitas Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika 2 (1): 28

Winataputra, (1993). Strategi Belajar Mengajar Matematika. Jurnal pendidikan matematika. Jakarta: Universitas Terbuka

Wieman, Clarl Dan Adams, W.K.Ddk. (2010). Teaching Physisc Using Phet Simulation. Dalam Artikel The Physisc Teacher: Volume 44, Issue 1, Pages 18-23




DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v4i2.3797

Article Metrics

 Abstract Views : 403 times
 PDF Downloaded : 55 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Arif Alridha

Creative Commons License

Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.

View My StatsFlag Counter