PENGARUH METODE PRAKTIKUM BERBANTUAN SIMULASI PHET TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATERI TUMBUKAN
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agung W. Subiantora, (2010). Pentingnya Paktikum Dalam Pembelajaran IPA Prosiding. Kegiatan Ppm “Pelatihan Perkembangan Praktikum IPA Berbasis Lingkungan” Bagi Guru – Guru MGMP IPA SMP. Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: MGMP Yogyakarta.
Anastasia, (2018). Pengaruh Penerapan Simulasi PhET Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK Panggudi. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Santa Darma
A.M, Sadirman, (1992). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Pers
Arikunto, Suharsimi. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Pt Bumi Aksara
Aunurrahman (2015). Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta
Fakruni, (2015). Upaya Peningkatan Aktifitas Dan Hasil Belajar Fisika Menggunakan Model Inquiri Di SMP. Jurnal Penelitian. Pontianak: Universitas Tanjungpura
Hingkua, Wirjawan, Arcana. (2014). Media Pembelajaran Fisika Sma Berbasis Video Pada Pokok Bahasan Momentum, Impuls Dan Tumbukan. Jurnal Pendidikan ilmu fisika. Surabaya: Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
Ita Susanti, (2016). Pengaruh Metode Eksperimen Terbimbing Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Sains Pada Pokok Bahasan Perubahan Wujud Zat Kelas X SMA Selta Duce Bantul. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Santa Dharma
Kallesta, (2017). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Ipa Fisika Pada Materi Bunyi. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika dan Teknologi.
Karim dkk, (2015) Diagnosis Kesulitan Belajar Mahasiswa Dalam Memahami Konsep Momentum. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika,1 (1), 85-90.
Mauliza, (2017). Pengaruh Media Phet Simulasion Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Teori Kinetik Gas Kelas Xi Di Sma 1 Unggul Darul Imara. Skripsi. Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
Noer, Rohmah, (2012). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Teras
Purwanto, (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Bandung
Ruswandi, (2013). Psikologi Pembelajaran, Bandung : Ciptapesona Sejahtra
Saiful, Sagala, (2015). Menjelajah Pembeljaran Inovatif Sumber Lawang: Mas Media Pusaka
Sudijono, Anas. (2015). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Pt Raja Gravindo
Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatis, Dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sumargo, Yuanita. (2014). Penerapan Media Laboratorium Virtual (Phet) Pada Materi Laju Reaksi Dengan Model Pengajaran Langsung. Jurnal pendidikan kimia. Volume 3. No. 1, pp. 119-133, Januari 2014
Suparno, Paul, (2007). Metodelogi Pembelajaran Fisika Kontruksivisik Menyenangkan. Skripsi. Yogyakarta: Univ Samanta Darma
The PhET Team, (2011). Pengaruh Model Problem Solving melalui Simulasi PhET. Relativitas Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika 2 (1): 28
Winataputra, (1993). Strategi Belajar Mengajar Matematika. Jurnal pendidikan matematika. Jakarta: Universitas Terbuka
Wieman, Clarl Dan Adams, W.K.Ddk. (2010). Teaching Physisc Using Phet Simulation. Dalam Artikel The Physisc Teacher: Volume 44, Issue 1, Pages 18-23
DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v4i2.3797
Article Metrics
Abstract Views : 528 timesPDF Downloaded : 100 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Arif Alridha
Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.
View My Stats |