PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MURDER (MOOD, UNDERSTAND, RECALL, DEGEST, EXPEND, REVIEW) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Syafrizal Syafrizal, Muliani Muliani, Novia Miranti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran MURDER pada materi gelombang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan menggunakan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Dewantara. Sampel dipilih dengan teknik Purposive Sampling sehingga kelas VIIIA sebagai kelas kontrol dengan jumlah 31 siswa dan kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 30 siswa. Berdasarkan analisis data, hasil belajar siswa kelas ekperimen untuk soal pilihan ganda diperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 72,00 dan kelas kontrol sebesar 59,61. Nilai uji independent sample t test pada soal pilihan ganda diperoleh nilai signifikan 2-tailed sebesar 0,003 < 0,05 dan soal essay diperoleh nilai signifikan 2-tailed sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran MURDER yang signifikan terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 2 Dewantara.


Keywords


Model Pembelajaran MURDER, Hasil Belajar Siswa, Gelombang

Full Text:

PDF

References


'Ala, M. (2011). Quantum Teaching. Yogyakarta: Diva pres.

Darmika, K., Suma, K., & Suastra, I. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif MURDER Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar IPA Siswa SMP. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 4.

Ely, S.A., & J.A.,P. (2014). Model Pembelajaran Kooperatif MURDER Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Inti Teknik Elektronika Di SMK Negeri 1 Nganjuk. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, Volume 03, Nomor 01, 155-162.

Hamalik, Oemar. (2008). Teknik Pengukuran dan Evaluasi Pendidikan. Bandung: Mandar Maju.

Haris, M., & Fandi, A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran MURDER Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 12 Makassar. Jurnal Bionature, Volume 17, Nomor 2, 76-80.

Isran, & Hidayati. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expend, Review) Terhadap Prestasi Belajar Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika-COMPTON, Volume 3, Nomor 1, 71-77.

Juniantari, M. (2011). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik dengan Seting Model Kooperatif MURDER Bagi Siswa SMP Kelas VII. Singaraja: Pascasarjana.

Musawwir, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif MURDER Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa MTs. Skripsi. Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam.

Nurhidayah. (2018). Implementasi Strategi Belajar Kooperatif MURDER Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik Kelas XI IPA SMAN 6 Wajo Kabupaten Wajo. Skripsi. Makassar: UIN Alauddin Makassar.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v4i1.3759

Article Metrics

 Abstract Views : 1107 times
 PDF Downloaded : 337 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Novia Miranti

Creative Commons License

Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.

View My StatsFlag Counter