PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MURDER (MOOD, UNDERSTAND, RECALL, DEGEST, EXPEND, REVIEW) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran MURDER pada materi gelombang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan menggunakan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Dewantara. Sampel dipilih dengan teknik Purposive Sampling sehingga kelas VIIIA sebagai kelas kontrol dengan jumlah 31 siswa dan kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 30 siswa. Berdasarkan analisis data, hasil belajar siswa kelas ekperimen untuk soal pilihan ganda diperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 72,00 dan kelas kontrol sebesar 59,61. Nilai uji independent sample t test pada soal pilihan ganda diperoleh nilai signifikan 2-tailed sebesar 0,003 < 0,05 dan soal essay diperoleh nilai signifikan 2-tailed sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran MURDER yang signifikan terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 2 Dewantara.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
'Ala, M. (2011). Quantum Teaching. Yogyakarta: Diva pres.
Darmika, K., Suma, K., & Suastra, I. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif MURDER Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar IPA Siswa SMP. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 4.
Ely, S.A., & J.A.,P. (2014). Model Pembelajaran Kooperatif MURDER Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Inti Teknik Elektronika Di SMK Negeri 1 Nganjuk. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, Volume 03, Nomor 01, 155-162.
Hamalik, Oemar. (2008). Teknik Pengukuran dan Evaluasi Pendidikan. Bandung: Mandar Maju.
Haris, M., & Fandi, A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran MURDER Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 12 Makassar. Jurnal Bionature, Volume 17, Nomor 2, 76-80.
Isran, & Hidayati. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expend, Review) Terhadap Prestasi Belajar Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika-COMPTON, Volume 3, Nomor 1, 71-77.
Juniantari, M. (2011). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik dengan Seting Model Kooperatif MURDER Bagi Siswa SMP Kelas VII. Singaraja: Pascasarjana.
Musawwir, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif MURDER Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa MTs. Skripsi. Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam.
Nurhidayah. (2018). Implementasi Strategi Belajar Kooperatif MURDER Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik Kelas XI IPA SMAN 6 Wajo Kabupaten Wajo. Skripsi. Makassar: UIN Alauddin Makassar.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v4i1.3759
Article Metrics
Abstract Views : 1128 timesPDF Downloaded : 345 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Novia Miranti
Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.
View My Stats |