PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS PADA MATERI GETARAN HARMONIK SEDERHANA
Abstract
Penelitian ini berdasarkan siswa kurangnya minat belajar dalam pembelajaran berlangsung, dikarenakan guru di sekolah tersebut masih menggunakan metode ceramah, sehingga siswa tidak dilibatkan dalam mengambangkan keterampilan generik sains, bahwasanya keterampilan dasar sudah ada pada diri seorang siswa sehingga proses belajar kurang efektif hal inilah yang dapat berpengaruh terhadap diri seorang peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) terhadap keterampilan generik sains pada materi getaran harmonik sederhana kelas X di MAS Syamsuddhuha. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan desain pretest-posttest control grup design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X MAS Syamsuddhuha. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen (model POE) dan siswa IPA 3 sebagai kelas kontrol (model direct instruction). Data yang diperoleh di analisis menggunakan Sofware MS Excel 2007 dan SPSS Versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 58,5 dan nilai rata-rata pada kelas kontrol sebesar 34,0. Dari data peroleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Uji hipotesis dilakukan menggunakan menggunakan compare means independent sampel t-test pada nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai signifikan 0,00 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis data posttest diperoleh bahwa kedua kelas memiliki keterampilan generik sains yang berbeda secara signifikan setelah diberikan perlakuan, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh lebih baik model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) terhadap keterampilan generik sains pada materi getaran harmonik sederhana kelas X di MAS Syamsuddhuha.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v4i2.3450
Article Metrics
Abstract Views : 331 timesPDF Downloaded : 94 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Masyitrah Masyitrah, Izkar Hadiya, Nanda Novita
Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.
View My Stats |