MODEL ARGUMENT DRIVEN INQUIRY (ADI) DENGAN MEMANFAATKAN GAMIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN PENALARAN ILMIAH SISWA

Fitrotus Saadah, Siti Nurdianti Muhajir, Rahmadhani Mulvia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan penerapan model Argument Driven Inquiry dengan gamifikasi berbasis website wordwall dalam meningkatkan penalaran ilmiah siswa pada materi fluida statis. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain pretest-postest control group design, populasi penelitian melibatkan 72 siswa dengan sampel yang digunakan 66 siswa kelas XI di salah satu sekolah di Garut, sampel dibagi dengan 35 siswa di kelas eksperimen dan 31 di kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan instrumen pretest-postest  yang terdiri dari 10 soal deskriptif, lembar observasi, dan angket respon siswa terhadap model pembelajaran serta gamifikasi melalui Wordwall. Analisis data dilakukan menggunakan uji statistik non-parametrik Mann-whitney serta uji N-Gain melalui SPSS Statistik versi 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Argument Driven Inquiry  atau ADI lebih efektif dan memiliki dampak yang signifikan dibandingkan Inquiry Based Learning. Keterlaksanaan pembelajaran optimal, dan siswa memberikan respon positif terhadap penerapan model Argument Driven Inquiry serta pengunaan gamifikasi dalam pembelajaran yang berkontribusi pada peningkatan penalaran ilmiah mereka.


Keywords


Argument Driven Inquiry; Gamification; Scientific Reasoning;

Full Text:

PDF

References


Adnyana, I. M. D. M. (2021). Populasi dan Sampel. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, 14(1), 103–116.

Al-Fa’izah, Z., Rahayu, Y. ., & Hikmah, N. (2017). Digital Repository Universitas Jember Digital Repository Universitas Jember. Efektifitas Penyuluhan Gizi Pada Kelompok 1000 HPK Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Sikap Kesadaran Gizi, 3(3), 69–70.

Arfiany, N., Ramlawati, R., & Yunus, S. R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Argument Driven Inquiry (Adi) Terhadap Peningkatan Keterampilan Argumentasi Dan Hasil Belajar Ipa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 4(1), 24–35. https://doi.org/10.23887/jppsi.v4i1.31575

Amril, H. (2023). Pengembangan Instrumen Penilaian Untuk Mengukur Keterampilan Argumentasi Pada Pembelajaran Fisika Berbasis Masalah.

Arikunto, suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: PT Rineka cipta. Association of American Colleges and Universities, Scientific Reasoning Rubric, 2010, (https://www.aacu.org).

Creswell, J. W. and Creswell, J. D. (2017) Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches.3rd edn. United States of America: Sage publications.

Darma Budi. Tanpa tahun. Statistika Penelitian Menggunakan Spss (Uji Validitas, Uji Reabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2). Jakarta : Guepedia.

Hadi, W. P., Muharrami, L. K., & Utami, D. S. (2021). Identifikasi kemampuan penalaran ilmiah berdasarkan gender. Wahana Matematika Dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 15(2), 133–142. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPM/article/view/34047

Halim, Muhammad. (2022). 4 Kelebihan Gamifisika dalam pendidikan. https://edoo.id/2022/10/4-kelebihan-gamifikasi-dalam-pendidikan/

Harris Saputra, F., Fathiah Alatas, & Ahmad Suryadi. (2023). Jenis Penalaran Ilmiah Apa Yang Digunakan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Permasalahan Suhu Dan Kalor?: Studi Pada Praktikum Fisika Umum. Jurnal Kumparan Fisika, 6(1), 27–36. https://doi.org/10.33369/jkf.6.1.27-36

Hasnunidah, N. (2016). Pengaruh argument-driven inquiry dengan scaffolding dan kemampuan akademik terhadap keterampilan argumentasi, keterampilan berpikir kritis, dan pemahaman konsep biologi dasar mahasiswa Jurusan Pendidikan MIPA Universitas Lampung (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Hayati, Z., & Fuadiyah, S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) terhadap Kemampuan Argumentasi Peserta Didik pada Pembelajaran Biologi.

Identifikasi Kemampuan Penalaran Ilmiah Siswa Sma Pada Materi Suhu Dan Kalor. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(ii), 833–839.

K. M. Kapp and J. Coné, "What Every Chief Learning Officer Needs to Know about Games and Gamification for Learning," 2012. [Online]. Available: http://karlkapp.com/articles/. [Akses 11 02 2025]

Liviani, Ratna. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Augmented reality terhadap hasil belajar IPA dan kemampuan Berkomunikasi Siswa kelas VI. Universitas Islam negeri : Salatiga.

Marhamah, O. S., Nurlaelah, I., & Setiawati, I. (2017). Penerapan Model Argument-Driven Inquiry (Adi) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berargumentasi Siswa Pada Konsep Pencemaran Lingkungan Di Kelas X Sma Negeri 1 Ciawigebang. Quagga : Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 9(02), 45. https://doi.org/10.25134/quagga.v9i02.747

Miarti, E. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Dengan Model Argument Driven Inquiry Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa (Doctoral dissertation, Universitas Lampung).

Mochsif, N. D. A., Parno, P., & Yuliati, L. (2021). Pengaruh Model Argument-Driven Inquiry-STEM-EFA terhadap Peningkatan Scientific Reasoning Skills Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(12), 1861. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i12.15160

Muhammad Isnaini, Muhammad Win Afgan, Al Haqqi, I. A. (2025). Teknik Analisis Data Uji Normalitas. 4(2), 170.

Muliardi, M. W. R., Supeno, S., & Bektiarso, S. (2018). Lembar kerja siswa scientific explanation untuk melatihkan kemampuan penjelasan ilmiah siswa SMA dalam pembelajaran fisika. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika (Vol. 3, No. 1, pp. 33-38).

Nugraha, M. G., Kirana, K. H., Utari, S., Kurniasih, N., Nurdini, N., & Sholihat, F. N. (2017). Problem solving-based experiment untuk meningkatkan keterampilan penalaran ilmiah mahasiswa fisika. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2), 137-144.

Nugraha, S. A., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). STUDI PENGARUH DARING LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV. Jurnal Inovasi Penelitian. https://doi.org/10.47492/jip.v1i3.74

Nuzula, H. (2022). PENGEMBANGAN LIFE SKILLS MELALUI OUTDOOR EDUCATION DALAM RANGKA PENGEMBANGAN PEMUDA YANG POSITIF (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Orhan Göksün, D., & Gürsoy, G. (2019). Comparing success and engagement in gamified learning experiences via Kahoot and Quizizz. Computers and Education, 135(October), 15–29. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.02.015

Pambudi S, dkk. (2018). Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Mobile Gamification Untuk Pembelajaran Pemrograman Web. Jurnal Fisika : Seri Konferensi.

Prastiwi, V. D., Parno, P., & Wisodo, H. (2018). Identifikasi pemahaman konsep dan penalaran ilmiah siswa SMA pada materi fluida statis. Momentum: Physics Education Journal. https://doi.org/10.21067/mpej.v1i1.2216

Pujianti, I., Herman, H., & Kaharuddin, K. (2020). „Penerapan Model Argument Driven Inquiry Dalam Pembelajaran Fisika Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas X Mia 1 Sma Negeri 7 Bone‟. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 16, 244.

Puteri, N. V. D., Akuntansi, P., Universitas, F., Maret, S., Ir, J., & No, S. (2020). 1 , 2 , 3 . 1(2), 140–150.

Qolby, B. S. (2020). Uji mann whitney dalam statistika non parametrik. Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika, 2(1), 3–16.

Rabbani, Aletheia. (2021). Pengertian Gamification, Elemen, Manfaat, Contoh, Kelebihan, dan Kekurangannya. https://www.sosial79.com/2021/09/Pengertian%20Gamification.html

Rahmawati, W. (2018). Pengaruh Pendekatan pembelajaran socioscientific issues (SSI) Pada model problem solving learning terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi pencemaran air. Skripsi FKIP, Pendidikan Biologi, Universitas Muhammadiyah Sukabumi.

Reni, S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Argument Driven Inquiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Keterampilan Argumentasi Siswa Sma (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).

Repository, D., & Jember, U. (2018). “Penyiapan Guru Profesional melalui Pendidikan Berkemajuan .” April.

Rhodes, TL (2010). Menilai hasil dan meningkatkan pencapaian: Tip dan alat untuk menggunakan rubrik. (Tanpa judul).

Rimadani, E., & Diantoro, M. (2017). Arikunto, suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: PT Rineka cipta. Association of American Colleges and Universities, Scientific Reasoning Rubric, 2010, (https://www.aacu.org).

Riwayani, R., Perdana, R., Sari, R., Jumadi, J., Kuswanto, H., Kurniasari, I. S., Setyarsih, W., Syazali, M., Iqoh, U., Mufty, V. F., Rahmawati, Y., Hali, A. S., Muslim, M., Nasution, E. S., Budiyono, A., Wildan, A., Mahardika, I. K., Wahyunan Widhi, M. T., Hakim, A. R., … Sutikno, S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition dengan Metode Improve untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 3(1), 36–50. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/20276

Sadewa, I. K. I. D. (2019). PENGARUH PENERAPAN MODEL ARGUMENT-DRIVEN INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP BERDASARKAN PERBEDAAN GAYA BELAJAR.

Safitri, M., Nazliati, & Rasyid, M. N. (2022). Penerapan Media Web Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI Siswa di SMP Negeri 2 Langsa. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(1), 47–56. https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v9i1.636

Sampson, V., & Gleim, L. (2009). Argument-driven inquiry to promote the understanding of important concepts & practices in biology. The American biology teacher, 71(8), 465-472.

Sudirman, & Heindriana, A. . (2023). Pengembangan Praktikum Virtual Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Ilmiah Siswa Madrasah Aliyah (MA). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(12), 528–538.

Susanto, P. C., Arini, D. U., Yuntina, L., Soehaditama, J. P., & Nuraeni. (2024). Konsep Penelitian Kuantitatif: Populasi, Sampel, dan Analisis Data (Sebuah Tinjauan Pustaka). Jurnal Ilmu Multi Disiplin, 3(1), 1–12. https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Utami, F., Sheftyawan, W. B., Pratama, A. Y., & Supriadi, B. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Aplikasi Wordwall Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Fisika Di Sma. Jurnal Pembelajaran Fisika, 12(2), 61. https://doi.org/10.19184/jpf.v12i2.38890

V. Sampson, J. Grooms, Dan J. P. Walker. (2024). “Argument-Driven Inquiry As A Way To Help Students Learn How To Participate In Scientific Argumentation And Craft Written Arguments: An Exploratory Study,” Sci. Educ., Vol. 95, No. 2, Hlm. 217–257.

Wahyuni, D. S. (2023). Hubungan Antara Kemampuan Penalaran Ilmiah Dengan Pemahaman Konsep Fisika Pada Materi Hukum Gerak Newton (Studi Korelasional Peserta Didik Xi Ipa Sman 1 Karangnunggal Tahun Ajaran 2022/2023) (Doctoral dissertation, Universitas Siliwangi).

Wardani, P. O., Supeno, S., & Subiki, S. (2018). Identifikasi kemampuan penalaran ilmiah siswa SMK tentang rangkaian listrik pada pembelajaran fisika. FKIP e-Proceeding, 3(1), 183-188.

Yasmin. 2023. Uji Normalitas Data Dengan Menggunakan SPSS. Tersedia online: https://tambahpinter.com/ujinormalitas/#Pengertian_Uji_Normalitas_Data

Yulianti, E., & Zhafirah, N. N. (2020). Analisis Komprehensif pada Implementasi Pembelajaran dengan Model Inkuiri Terbimbing: Aspek Penalaran Ilmiah. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 125–130. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.341

Zahara, Intan Kamila, Undang Rosidin, Kartini Helina I dan Neni Hasnunidah. (2018). Pengaruh Penerapan Model Argument - Driven Inquiry (Adi) Pada Pembelajaran IPA terhadap Keterampilan Perbedaan Kemampuan Akademik. Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya (JIFP) 2(2): 53-61.




DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v8i1.21302

Article Metrics

 Abstract Views : 63 times
 PDF Downloaded : 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 fitrotus saadah

Creative Commons License

Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.

View My StatsFlag Counter