PENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA MELALUI MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERBASIS MULTIMEDIA

Rahma Rahma, Fatimah Fatimah

Abstract


Penelitian bertujuan untuk menganalisis peningkatan pemahaman siswa dengan   menggunakan model Numbered Head Together (NHT) Berbasis Multimedia pada materi cara pencegahan kerusakan lingkungan alam. Pendekatan  yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian ini terdiri dari 12 orang siswa kelas IV di SD Negeri 7 Lhokseumawe. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Numbered Head Together (NHT) Berbasis Multimedia dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi cara pencegahan kerusakan lingkungan, hal ini dapat dilihat dari presentase ketuntasan yang diperoleh pada siklus I yaitu 67% dan meningkat pada siklus II menjadi 83% siswa yang tuntas. Siswa berharap  pembelajaran materi lain dapat juga melakukan dengan  model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Berbasis Multimedia.


Keywords


Model Numbered Head Together (NHT), Multimedia, Pemahaman konsep

Full Text:

PDF

References


Arikunto Suharsimi dan Suhardjono, (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Retnaningsih, D. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Model NHT Pada Siswa Kelas V SD Negeri Panggan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 19(5).

Anjani, Gita D, Mawardi. (2017). Jurnal Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Mengunakan Model Pembelajaran Numbered Head Together(NHT) Pada Siswa Kelas IV SD Watu Agung 02. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1): 65-78.

Haryanto. (2007). Sains IPA kelas IV SD KTSP. Jakarta : Erlangga

Tomodu,H. (2017). Jurnal meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ipa Melalui Penggunaan Multimedia Di Kelas III SDN Model Terpadu Madani.Jurnal Mitra Sains. 5(3): 60-67.

Kagen dan Ibrahim. (2015). Model- Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta : Ar- Ruzz

Media.




DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v2i1.2019

Article Metrics

#### view : 27 times
PDF 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Rahma Rahma, Fatimah Fatimah

Creative Commons License

Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.