PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SEARCH SOLVE CREATE AND SHARE (SSCS) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI TERMODINAMIKA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asmara, A., & Septiana, A. (2023). Model Pembelajaran Berkonteks Masalah. Sumatera Barat : Azka Pustaka. https://books.google.co.id/books?id=u_nwEAAAQBAJ
Dewi, N. K. T. Y., Sugiarta, I. M., & Parwati, N. N. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Berbantuan Alat Peraga untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Journal of Education Action Research, 5(1), 40–47. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31789
Erlistiani, M., Syachruroji, A., & Andriana, E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create and Share) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 13(2), 161–168. https://doi.org/10.33369/pgsd.13.2.161-168
Hildawati, H., Suhirman, L., Prisuna, B. F., Husnita, L., Mardikawati, B., Isnaini, S., Wakhyudin, W., Setiawan, H., Hadiyat, Y., Sroyer, A. M., & others. (2024). Buku Ajar Metodologi Penelitian Kuantitatif & Aplikasi Pengolahan Analisa Data Statistik. PT. Sonpedia Publishing Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=_eL8EAAAQBAJ
Ibrahim, I., Gunawan, G., Marwan, M., & Jalaluddin, J. (2019). Hakekat Pembelajaran Sains dalam Inovasi Kurikulum Karakter. Penerbit : Sefa Bumi Persada.
Magfirah, N. (2022). Peranan Model Pembelajaran SSCS Terhadap Kemampuan Literasi Sains. Hybrid: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains, 1(2), 34–39. https://etdci.org/journal/hybrid/article/view/736%0Ahttps://etdci.org/journal/hybrid/article/download/736/402
Marzuqo, K., Adnan, A., & Saragih, S. (2022). Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Studi Eksperimen pada Model Pembelajaran Search, Solve, Create, Share di UIN Suska Riau. Instructional Development Journal, 5(1), 39. https://doi.org/10.24014/idj.v5i1.19472
Rachmatia, T. (2020). Dasar-Dasar Teori Pembelajaran. Jurnal Pendas : Pendidikan Dasar, 1(2), 33. http://jurnal.stkipkieraha.ac.id/index.php/pendas/article/view/109
Radiusman, R. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8
Ramadani, E. M., & Nana. (2020). Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Virtual Lab Phet pada Pembelajaran Fisika Guna Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA : Literature Review. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT), 8(1), 87–92.
Rismayanti, T. A., & Pujiastuti, H. (2020). Pengaruh Model Search Solve Create Share (SSCS) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(2), 183. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i2.6345
Sihombing, S. (2021). Analisis Minat dan Motivasi Belajar, Pemahaman Konsep dan Kreativitas Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Materi Geometri Selama Pembelajaran dalam Jaringan Kelas X SMA Kota Medan. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 50–66. https://doi.org/10.36655/sepren.v2i2.555
Sodikin, A., Dwiyana, M. B., & Putri, C. A. (2022). Inovasi Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Blended Play Siswa Sekolah Dasar Kelas III di Ciomas Bogor. In Proseding Didaktis, 324–335. http://proceedings.upi.edu/index.php/semnaspendas/article/view/2378%0Ahttp://proceedings.upi.edu/index.php/semnaspendas/article/download/2378/2204
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sugrah, N. U. (2020). Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme dalam Pembelajaran Sains. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 19(2), 121–138. https://doi.org/10.21831/hum.v19i2.29274
Suryana, E., Aprina, M. P., & Harto, K. (2022). Teori Konstruktivistik dan Implikasinya dalam Pembelajaran. 5, 2070–2080.
Syurgawi, A., & Yusuf, M. (2020). Metode dan Model Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Maharot : Journal of Islamic Education, 4(2), 175. https://doi.org/10.28944/maharot.v4i2.433
Wijaya, P. S., Wahyuni, R., & Rosmaiyadi. (2023). Model Pembelajaran SSCS dengan Pendekatan Konstruktivisme untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Matematika Ilmiah, 9, 39–55.
Zahara, S., Muliani, & Rizaldi. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Model Pembelajaran PBL Terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Riset Inovasi Pendidikan Fisika, 4(1), 15–23.
DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v7i2.16524
Article Metrics
Abstract Views : 20 timesPDF Downloaded : 4 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Devika Yuanita, Syafrizal Idris, Widya Widya, Fajrul Wahdi Ginting, Arlin Maya Sari
Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.
View My Stats |