PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SEARCH SOLVE CREATE AND SHARE (SSCS) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI TERMODINAMIKA

Devika Yuanita, Syafrizal Idris, Widya Widya, Fajrul Wahdi Ginting, Arlin Maya Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SSCS terhadap pemahaman konsep peserta didik pada materi termodinamika. Subjek penelitian yaitu kelas XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 4 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing kelas berjumlah 25 peserta didik. Data penelitian diperoleh dengan memberikan tes pilihan berganda pada materi hukum termodinamika berupa pre-test dan post-test. Teknik menggunakan analisis deskriptif. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata pre-test kelas eksperimen adalah 32,00 dan kelas kontrol 33,40. Kemudian, rata-rata post-test kelas eksperimen yaitu 81,80 sedangkan pada kelas kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran SSCS memiliki nilai 68,60. Berdasarkan uji hipotesis dengan uji Independent Samples T-Test diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran SSCS terhadap pemahaman konsep peserta didik pada materi termodinamika kelas XI MAN Kota Lhokseumawe.

Keywords


Search Solve Create and Share (SSCS), pemahaman konsep, termodinamika

Full Text:

PDF

References


Asmara, A., & Septiana, A. (2023). Model Pembelajaran Berkonteks Masalah. Sumatera Barat : Azka Pustaka. https://books.google.co.id/books?id=u_nwEAAAQBAJ

Dewi, N. K. T. Y., Sugiarta, I. M., & Parwati, N. N. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Berbantuan Alat Peraga untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Journal of Education Action Research, 5(1), 40–47. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31789

Erlistiani, M., Syachruroji, A., & Andriana, E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create and Share) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 13(2), 161–168. https://doi.org/10.33369/pgsd.13.2.161-168

Hildawati, H., Suhirman, L., Prisuna, B. F., Husnita, L., Mardikawati, B., Isnaini, S., Wakhyudin, W., Setiawan, H., Hadiyat, Y., Sroyer, A. M., & others. (2024). Buku Ajar Metodologi Penelitian Kuantitatif & Aplikasi Pengolahan Analisa Data Statistik. PT. Sonpedia Publishing Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=_eL8EAAAQBAJ

Ibrahim, I., Gunawan, G., Marwan, M., & Jalaluddin, J. (2019). Hakekat Pembelajaran Sains dalam Inovasi Kurikulum Karakter. Penerbit : Sefa Bumi Persada.

Magfirah, N. (2022). Peranan Model Pembelajaran SSCS Terhadap Kemampuan Literasi Sains. Hybrid: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains, 1(2), 34–39. https://etdci.org/journal/hybrid/article/view/736%0Ahttps://etdci.org/journal/hybrid/article/download/736/402

Marzuqo, K., Adnan, A., & Saragih, S. (2022). Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Studi Eksperimen pada Model Pembelajaran Search, Solve, Create, Share di UIN Suska Riau. Instructional Development Journal, 5(1), 39. https://doi.org/10.24014/idj.v5i1.19472

Rachmatia, T. (2020). Dasar-Dasar Teori Pembelajaran. Jurnal Pendas : Pendidikan Dasar, 1(2), 33. http://jurnal.stkipkieraha.ac.id/index.php/pendas/article/view/109

Radiusman, R. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8

Ramadani, E. M., & Nana. (2020). Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Virtual Lab Phet pada Pembelajaran Fisika Guna Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA : Literature Review. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT), 8(1), 87–92.

Rismayanti, T. A., & Pujiastuti, H. (2020). Pengaruh Model Search Solve Create Share (SSCS) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(2), 183. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i2.6345

Sihombing, S. (2021). Analisis Minat dan Motivasi Belajar, Pemahaman Konsep dan Kreativitas Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Materi Geometri Selama Pembelajaran dalam Jaringan Kelas X SMA Kota Medan. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 50–66. https://doi.org/10.36655/sepren.v2i2.555

Sodikin, A., Dwiyana, M. B., & Putri, C. A. (2022). Inovasi Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Blended Play Siswa Sekolah Dasar Kelas III di Ciomas Bogor. In Proseding Didaktis, 324–335. http://proceedings.upi.edu/index.php/semnaspendas/article/view/2378%0Ahttp://proceedings.upi.edu/index.php/semnaspendas/article/download/2378/2204

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugrah, N. U. (2020). Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme dalam Pembelajaran Sains. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 19(2), 121–138. https://doi.org/10.21831/hum.v19i2.29274

Suryana, E., Aprina, M. P., & Harto, K. (2022). Teori Konstruktivistik dan Implikasinya dalam Pembelajaran. 5, 2070–2080.

Syurgawi, A., & Yusuf, M. (2020). Metode dan Model Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Maharot : Journal of Islamic Education, 4(2), 175. https://doi.org/10.28944/maharot.v4i2.433

Wijaya, P. S., Wahyuni, R., & Rosmaiyadi. (2023). Model Pembelajaran SSCS dengan Pendekatan Konstruktivisme untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Matematika Ilmiah, 9, 39–55.

Zahara, S., Muliani, & Rizaldi. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Model Pembelajaran PBL Terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Riset Inovasi Pendidikan Fisika, 4(1), 15–23.




DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v7i2.16524

Article Metrics

 Abstract Views : 61 times
 PDF Downloaded : 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Devika Yuanita, Syafrizal Idris, Widya Widya, Fajrul Wahdi Ginting, Arlin Maya Sari

Creative Commons License

Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.

View My StatsFlag Counter