PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN SOCIO SCIENTIFIC ISSUES (SSI) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran SSI terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas X SMA Negeri 7 Lhokseumawe. Penelitian ini bersifat kuantitatif dan dirancang dengan desain penelitian quasi eksperimen yang berbentuk Nonequivalen Control Group Desain. Cara menerapkan sampel dengan teknik Purposive Sampling dimana didapatkan total 48 siswa yang terdiri dari 24 siswa kelas X1 dan X2 sebagai kelas kontrol dan eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest yang diperoleh siswa di kelas eksperimen adalah 41,04 dan nilai rata-rata posttest adalah 66,46, sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata pretest yang diperoleh siswa adalah 48,33 dan nilai rata-rata posttest adalah 59,17. Berdasarkan data uji statistik dengan menggunakan uji independent sample test pada SPSS Versi 23 diperoleh hasil sig (2-tailed) 0,003 < signifikansi 0,05 artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Dimana H0 adalah tidak terdapat pengaruh strategi SSI terhadap literasi sains siswa dan Ha adalah tedapat pengaruh strategi SSI terhadap literasi sains siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggraini, D. L., Yulianti, M., Faizah, S. N., Putri, A., & Pandiangan, B. (2022). Peran Guru dalam Mengembangkan Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial (JIPSI), 1(3), 2829–2723.
Auliah, F. N., Febriyanti, N., & Rustini, T. (2023). Analisis Hambatan Guru dalam Penerapan Model Problem Based Learning pada Pembelajaran IPS Kelas IV di SDN 090 Cibiru Bandung. Journal on Education, 5(2), 2025–2033. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.846
Effendi, E., Sinensis, A. R., & Firdaus, T. (2023). Peningkatan Literasi Sains Mahasiswa Pendidikan Fisika Melalui Pembuatan LKPD Berbasis Sosio Saintifik. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 7(1), 35–39. https://doi.org/10.30599/jipfri.v7i1.2222
Farhana, A., Yuanita, P., Roza, Y., & Riau, U. (2023). Deskripsi Kendala Guru Menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Pembelajaran Matematika. Mathema Journal E-Issn, 5(2), 2023.
Hanipah, S., Jalan, A. :, Mopah, K., & Merauke, L. (2023). Analisis Kurikulum Merdeka Belajar dalam Memfasilitasi Pembelajaran Abad Ke-21 pada Siswa Menengah Atas. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia (JUBPI), 1(2), 264–275.
Hasriadi, H. (2022). Metode Pembelajaran Inovatif di Era Digitalisasi. Jurnal Sinestesia, 12(1), 136–151.
Ismayanti, I., Arsyad, M., & Marisda, D. H. (2020). Penerapan Strategi Refleksi pada Akhir Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Materi Fluida. Karst : JURNAL PENDIDIKAN FISIKA DAN TERAPANNYA, 3(1), 117–121. https://doi.org/10.46918/karst.v3i1.573
Isnawati;, & Putri, R. (2021). Analisis Kendala Guru dalam Penerapan Problem Based Learning Analisis Kendala Guru dalam Penerapan Problem Based Learning pada pembelajaran IPS Berbasis Pendidikan Nilai di SDN Kandangan III / 621 Amarylis Gita Isnawati Putri Rachmadyanti. Jurnal Pendidikan Guru Sekolh Dasar, 1326–1337.
Jayahartwan, M., & Sudirman, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Profesi Keguruan, 1(2), 102. https://doi.org/10.59562/progresif.v1i2.29334
Khasanah, S. U., & Setiawan, B. (2022). Penerapan Pendekatan Socio-Scientific Issues Berbantuan E-Lkpd pada Materi Zat Aditif untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 10(2), 313–319.
Lubis, R., Ginting, F. W., Muliani, M., Novita, N., Widya, W., & Absa, M. (2024). Pengembangan Media Video Pembelajaran Fisika Berbasis Powtoon pada Materi Gelombang Bunyi untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas XI. Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 6(2), 106. https://doi.org/10.29103/relativitas.v6i2.14124
Mutia, A., Hadinugrahaningsih, T., & Budi, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Pendekatan Berbasis Kontekstual (CBA) terhadap Literasi Kimia Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri Jakarta pada Materi Hidrolisis Garam. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 10(1), 1–8. https://doi.org/10.21009/jrpk.101.01
Nurhadi, N. (2022). Pengaruh Penerapan Pendekatan Socio Scientific Issues Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Materi Minyak Bumi. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 12(1), 10–19. https://doi.org/10.21009/jrpk.121.02
OECD. (2022). Assesment and Analytical Framework : Science, Reading, Mathematic, and Financial Literacy.
Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA abad 21 dengan literasi sains siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran …, 9, 34–42. https://jurnal.uns.ac.id/jmpf/article/view/31612%0Ahttps://jurnal.uns.ac.id/jmpf/article/download/31612/21184
Pusmendik. (2022). Buku Panduan Capaian Hasil Asesmen Nasional untuk Satuan Pendidikan. Pusat Asesmen Dan Pendidikan, BSKAP, Kemendikbudristek.
Rachmawati, R. C., & Diningsih, E. (2021). Pengenalan Sosio Scientific Issue secara Daring terhadap Kemampuan Penalaran Siswa. Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 15(1), 31–36. https://doi.org/10.26877/mpp.v15i1.7840
Salsabila, W. T., Faza, M. R., & Hidayat, M. R. (2021). Pendidikan Kecakapan Hidup Sebagai Solusi Pembelajaran Matematika di Era Merdeka Belajar dalam Menjawab Tantangan PISA. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 2(1), 105–118.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.
Zahara, Syarifah, R., Alvina, S., & Artikel Abstrak, I. (2022). Literasi Sains dalam Pembelajaran Sains Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Berkarakter, 5(2), 119–124. https://doi.org/10.31764
Zairina, S., & Hidayati, S. N. (2022). Analisis Keterampila Argumentasi Siswa SMP Berbantuan Socio-Scientific Issue Pemanasan Global. Jurnal Pensa : Pendidikan Sains, 10(1), 37–43.
DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v7i2.16523
Article Metrics
Abstract Views : 40 timesPDF Downloaded : 8 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Nuraini Nuraini, Syafrizal Idris, Tulus Setiawan, Muliani Muliani, Desy Sary Ayunda
Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.
View My Stats |