STUDI LITERATUR PEMANFAATAN SITUS OLABS SEBAGAI ALTERNATIF PRAKTIKUM SECARA ONLINE DALAM PEMBELAJARAN IPA

Dicky Kurniawan, Jhelang Annovasho, Mardaya Mardaya

Abstract


Dalam studi literatur ini, dilakukan eksplorasi terhadap pemanfaatan situs OLabs sebagai alternatif dalam penyelenggaraan praktikum IPA secara daring. Menggunakan metode kajian pustaka, data dari berbagai sumber dievaluasi untuk memperoleh pemahaman yang mendalam mengenai penggunaan platform ini. Temuan dari penelitian menunjukkan bahwa OLabs menyediakan beragam simulasi IPA dan eksperimen virtual yang dapat diakses dengan fleksibel oleh para siswa. Meskipun demikian, masih terdapat beberapa tantangan yang perlu diatasi, seperti keterbatasan infrastruktur teknologi dan kesiapan para guru dalam mengadopsi teknologi tersebut. Dengan adanya evaluasi secara terus-menerus dan pembaruan yang diselenggarakan, OLabs memiliki potensi untuk menjadi solusi yang efektif dalam pembelajaran IPA daring, yang pada gilirannya dapat meningkatkan aksesibilitas dan kualitas pembelajaran IPA di era digital saat ini.


Keywords


Praktikum online, situs OLabs, pembelajaran IPA.

Full Text:

PDF

References


Alvinda, I. (2022). Pengaruh Media Virtual Lab dengan Aplikasi Olabs untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Kemandirian Belajar Siswa pada Materi Sistem Ekskresi di MA NU Raudlatus Shibyan [Skripsi, IAIN KUDUS]. http://repository.iainkudus.ac.id/8766/

Amin, B. D., Nurhayati, N., Azis, A., & Swandi, A. (2019). Identifikasi Potensi Penggunaan Bahan Ajar Fisika Berbasis Simulasi Komputer yang Interaktif dengan Model Inkuiri Terbimbing pada Konsep Abstrak: Studi Literatur and Survey. 386–399. https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/view/11451

Basri, S., Maya, S., & Irsan, I. (202 1). Pelatihan Kelompok Guru IPA dalam Pembelajaran Praktikum Berbasis SIA (Simulasi dan Animasi) Laboratorium Virtual di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Seminar Nasional Paedagoria, 1(0), 80–86.

E EFEKTIVITAS MEDIA LABORATORIUM VIRTUAL PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI ERA PANDEMI COVID-19 TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA | Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan (JURDIKBUD). (n.d.). Retrieved March 4, 2024, from https://journal.amikveteran.ac.id/index.php/jurdikbud/article/view/129

Hasanah, F. A. (2023). Penerapan model inkuiri terbimbing berbantuan OLABS untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi asam basa [Other, UIN Sunan Gunung Djati Bandung]. https://doi.org/10/abstrak.pdf

Implementasi Teknologi dalam Pembelajaran di Era Digital: Tantangan dan Peluang bagi Dunia Pendidikan di Indonesia | Jurnal Pendidikan West Science. (n.d.). Retrieved March 4, 2024, from https://wnj.westscience-press.com/index.php/jpdws/article/view/542

Istiqomah, I. (2024). Model Virtual Laboratory Science Investigation untuk Meningkatkan Kompetensi Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i1.1905

Kahfi, A. (2020). Tantangan Dan Harapan Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid 19. Dirasah : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 3(02), Article 02. https://doi.org/10.51476/dirasah.v3i02.194

Kurniawan, W., Basuki, F. R., & Ariani, R. (2015). VIRTUAL LABORATORY BERBASIS INQUIRY TERBIMBING: PERCOBAAN VISKOSITAS.

LABORATORIUM VIRTUAL DALAM MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA | Gunung Djati Conference Series. (n.d.). Retrieved March 4, 2024, from https://www.conferences.uinsgd.ac.id/index.php/gdcs/article/view/1870

M.Si, D. J. H., M. Pd, Pd, D. T. M., M., M.Pd, E. K., S. Si, M.Pd, M. S., S. Pd Si, & M.Si, F. H., S. Si. (2021). PEMBELAJARAN FISIKA-IPA MASA PANDEMI COVID 19. Cv. Ae Media Grafika.

MULTIMEDIA DAN SAINS PENERAPAN TEKNOLOGI UNTUK PENELITIAN DAN PENYAMPAIAN ... - Sigit Setiyanto, Ihsan Cahyo Utomo, Aisyah Mutia Dawis, Tri Yuliati, Nur Budi Nugraha, Maniah Maniah, Fauzan Natsir, Herni Yuniarti Suhendi, Ahmad Rois Syujak—Google Buku. (n.d.). Retrieved November 17, 2023, from https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=P-DeEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=Lingkungan+digital+yang+mencakup+Internet,+telekomunikasi,+televisi+interaktif+digital,+dan+permainan+interaktif+menunjukkan+bahwa+media+interaktif+dapat+beroperasi+dalam+berbagai+konteks+teknologi+informasi+modern,+menciptakan+pengalaman+pembelajaran+yang+dinamis+dan+terlibat.+&ots=ikaxuGvtNI&sig=M3vLRWd7Lrp9XeuyN18_d3Nl0s8&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Mu’minah, I. H. (2022). PENGARPENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI PRAKTIKUM VIRTUAL LAB BERBASIS OLABS (ONLINE LABORATORY) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWAUH PENGGUNAAN APLIKASI PRAKTIKUM VIRTUAL LAB BERBASIS OLABS (ONLINE LABORATORY) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Indonesian Journal Of Community Service, 2(1), Article 1.

Nurnawangsih, L. (2022). Pengembangan Penuntun Praktikum Online Fisika Dasar I menggunakan Model Inkuiri Terbimbing pada Materi Pengukuran dengan Aplikasi OLabs [Other, Universitas Jambi]. https://repository.unja.ac.id/

Pahmi, Z. (2023). Implikasi Kebijakan Pendidikan Dasar Pada Era Pandemi Terhadap Proses Pembelajaran. Pesona Edukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar & Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), Article 1.

PEMANFAATAN OLABS HELICAL SPRING PADA PEMBELAJARAN HUKUM HOOKE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA | Jurnal Pembelajaran dan Sains (JPS). (n.d.). Retrieved March 4, 2024, from https://www.jurnal.serambimekkah.ac.id/index.php/jps/article/view/467

Pengaruh Pembelajaran Daring Berbantuan Laboratorium Virtual Terhadap Minat dan Hasil Belajar Kognitif Fisika | Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (Jartika). (n.d.). Retrieved March 4, 2024, from http://journal.rekarta.co.id/index.php/jartika/article/view/363

Pengembangan laboratorium virtual untuk kegiatan paraktikum dan memfasilitasi pendidikan karakter di SMK | Jaya | Jurnal Pendidikan Vokasi. (n.d.). Retrieved March 4, 2024, from https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/view/1019

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK DIGITAL GUNA MENUNJANG PROSES PEMBELAJARAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 | Amanullah | Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran. (n.d.). Retrieved November 17, 2023, from https://journal.umpo.ac.id/index.php/dimensi/article/view/2300

Pentingnya Kajian Pustaka Dalam Penelitian | Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan. (n.d.). Retrieved December 14, 2023, from http://journals.ukitoraja.ac.id/index.php/jkip/article/view/149

Review: Laboratorium Virtual untuk Pembelajaran Kimia di Era Digital | Lestari | Jambura Journal of Educational Chemistry. (n.d.). Retrieved March 4, 2024, from https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jjec/article/view/15008

Surahman, E., Satrio, A., & Sofyan, H. (2020). Kajian Teori Dalam Penelitian. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3, 49–58. https://doi.org/10.17977/um038v3i12019p049

Tanduklangi, A., & Amri, C. (2019). Manajemen Sumber Daya Pembelajaran Bahasa Berbantuan Komputer: Computer Assisted Language Learning. Deepublish.

VINKA RAFLESIANA, 1413022070. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN TRACKER PADA PEMBELAJARAN GERAK HARMONIK SEDERHANA BERBASIS INKUIRI TERBIMBINGTERHADAPKETERAMPILAN INTERPRETASI GRAFIK SISWA [Skripsi]. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN. https://digilib.unila.ac.id/58094/




DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v7i1.16431

Article Metrics

 Abstract Views : 21 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dicky Kurniawan

Creative Commons License

Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.

View My StatsFlag Counter