PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS SAINTIFIK TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA KELAS VIII DI MTS SWASTA SYAMSUDDHUHA
Novi Raudhatillah, Syarifah Rita Zahara, Riza Andriani, Halimatus Sakdiah, Nurul Fadieny
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran imkuiri berbasis saintifik terhadap keterampilan generik sains siswa kelas VIII pada materi pesawat sederhana di MTs Swasta Syamsyuddhuha. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan menggunakan nonequivqlent Control Group Design. Teknik pemgambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di MTs Swasta Syamsyuddhuha. Sampel pada penelitian ini adalah VIII-2 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri berbasis saintifik dan VIII-3 dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif. Dimana hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Inkuiri berbasis Saintifik berpengaruh terhadap keterampilan generik sains siswa pada materi pesawat sederhana. Hal ini dapat dilihat berdasarkan nilai rata-rata hasil keterampilan generik sains siswa pada kelas eksperimen dengan proses pembelajaran menggunakan model inkuiri berbasis saintifik sebesar 87,95. Sedangkan nilai rata-rata hasil keterampilan generik sains siswa pada kelas kontrol dengan proses pembelajaran menggunakan model konvensional sebesar 73,37. Dengan demikian, peningkatan keterampilan generik sains siswa pada materi pesawat sederhana kelas VIII MTs Swasta Syamsyuddhuha lebih tinggi jika pembelajaran menggunakan model inkuiri berbasis saintifik dibandingkan dengan menggunakan model konvensional
Keywords
Inkuiri, Saintifik, Keterampilan Generik Sains, Pesawat Sederhana
Al-Tabani, T. I. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Proresif dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran abad 21 Kunci Imlementasi. Bogor: Ghalia Indonesia.
Iriany. (2009). Model Pembelajaran Inkuiri Laboratorium Berbasis Teknologi Informasi Pada Konsep Laju Reaksi untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains dan Berpikir Kreatif Siswa SMA. Bandung: Sekolah Pasca Sarjana UPI.
Nurfarida, Bahtiar, & Ernita, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 2(1):, 9–19.
Rizal, H. P. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Keterampilan Generik Sains Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 1 Pangkajene Sidrap. Bioedukasi: jurnal biologi, vol 5 (1).
Samadin. (2012). Penerapan Pembelajaran Inkuiri Model Silver untuk Mengembangkan Keterampilan Generik Sains Siswa Pada Konsep Sifat Koligatif Larutan. Bandung: UIN Sunan Gunung Jati.
Sani, M. R. (2014). Pengaruh model pembelajaran inkuiri dan kreativitas terhadap keterampilan generik sains siswa di SMA 1 Peukan Pidie. Jurnal Pendidikan fisika issn 2252-732, 41.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: PT. Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.