PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT, OBSERVE AND EXPLAIN TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Predict, Observe and Explain terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi fluida statis di SMA Negeri 1 Nisam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Eksperimen Design dengan menggunakan desains penelitian non equivalent control group design yang terdiri dari dua kelompok yaknik kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Yang terdiri dari kelas XI F-1 sebagai kelas eksperimen dan XI F-2 sebagai kelas kontol. Dengan jumlah siswa masing-masing kelas terdiri dari 20 orang. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes soal pilihan ganda. Hasil penelitian ini diperoleh nilai rata-rata posttest pada kelas kontrol dengan nilai sebesar 65,25 sedangkan pada kelas eksperimen diperoleh nilai sebesar 85,75. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji non parametrik dengan uji mann whitney test diperoleh hasil sig (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari pada nilai signifikasi 0,05 yang artinya (H0) ditolak dan (Ha) dierima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh model Predict, Observe and Explain terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi fluida statis.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, I. H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Nht Dengan Media Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pembelajaran Nahasa Jepang Kelas Xi. Dinamika Pembelajaran, 54. 2(1).
Ardiannisa, S., Fonna, M., & Fatmi, N. (2020). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Simulasi Phet Pada Materi Elastisitas di SMA 2 Bireuen. Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 2(2):, 1–7
Astuti, M. R. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Predict Observe Explain Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Relawan Indonesia, 236. 4(3).
Harjono, K. A. (2019). Pengaruh Model Pembalajaran Predict Observe And Explain (Poe) Terhadap Hasil Belajar Ipa Fisika Smp Negeri 1 Lembar Tahun 2015/2016. Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 199. 5(2).
Kurnia. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Predict Observe Explain (Poe) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas Iv Sdn 38 Mataram Tahun Ajaran 2020/2021. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Mataram.
Nurfiyani, I. O. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Poe Predict Observe And Explain Terhadap Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Konsep Keanekaragaman Hayati. Biosfer, 68. 4(2).
Panggabean, J. H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Termbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Pembelajaran Fisika . Inovasi Pembelajaran Fisika , 34.
Safriana, S., Gumanti, V., & Ginting, F.W. (2023). Development of e-Handout Based on Problem-Based Learning to Improve Students Cognitive on Rotation Dynamics. Asian Journal of Science Education, 5(2):, 83–92.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D.
Bandung. Alfabeta.
Syahfitri, Z. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe And Explain Terhadap Hasil Belajar Kognitif Dan Sikap Siswa Pada Materi Laju Reaksi Kelas Xi Sma Negeri 2 Dewantara. Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Malikussaleh.
Wijayanti, L. (2020). Remediasi Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Creative Problem Solving (Cps) Pada Materi Keseimbangan Benda Tegar Dan Dinamika Rotasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas Xi Mia. Sains Education Indonesia (JSEI) . 2(1).
DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v7i1.15100
Article Metrics
Abstract Views : 94 timesPDF Downloaded : 26 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Reza Yuliska, Nuraini Fatmi, saifuddin saifuddin, Fajrul Wahdi Ginting, Munzir Absa
Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.
View My Stats |