PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA

Syarifah Rita Zahara

Abstract


Penelitian difokuskan pada pengaruh PBL terhadap keterampilan proses sains siswa dan prestasi belajar fisika siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan ketrampilan proses sains siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning dalam pembelajaran fisika, (2) menguji pengaruh model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap prestasi belajar fisika siswa dalam pembelajaran fisika. Jenis penelitian ini adalah percobaan dengan menggunakan post-test only control design. Sampel penelitiannya adalah X1A sebagai kelas eksperimen dan X12B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data adalah observasi, uji, dokumentasi, wawancara dan portofolio. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan Independent Sample T-Test oleh SPSS versi 16. Hasil penelitian ini adalah (1) rata-rata nilai keterampilan proses sains siswa adalah 78, (2) prestasi fisika siswa diperoleh hasil analisis Independen. -Sample T-test Sig. (1-tailed) sebesar 0,002. Penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) keterampilan proses sains siswa rata-rata dalam kriteria yang baik, (2) ada pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap prestasi belajar fisika

 

Kata kunci : model pembelajaran berbasis masalah, keterampilan proses sains, prestasi fisika.


Full Text:

PDF

References


Bektiarso. 2000. Pentingnya Konsepsi Awal dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Saintifika Vol. 1 (1), hal 11-20.

Bungel. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Smp Negeri 4 Palu Pada Materi Prisma.JurnalElektronikPendidik anMatematikaTadulako, Vol. 2 (5), hal45-53

Depdiknas. 2003. Standart Kompetensi mata pelajaran fisika SMA & MA. Jakarta: Balitbang Depdiknas

Prima dan Kaniawati. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Pendekatan Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep Elastisitas pada Siswa SMA. Jurnal pengajaran MIPA, Vol. 16(1), hal 179-184

Purba. 2015. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) dengan Pemahaman Konsep Awal Terhadap Keterampilan Proses Sains (KPS) Siswa SMA. Jurnal pendidikan fisika indonesia, Vol 4 (2), hal 8-13

Rosidah. 2014.Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) PadaPembelajaranHukum-HukumDasar Kimia DitinjauDariAktivitas Dan HasilBelajarSiswaKelas X IPA SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia, Vol. 3 (3), hal 66-75

Rusman. 2013. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Sumarji. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Kemampuan Pemecahan Masalah Ilmu Statika dan Tegangan di SMK. Jurnal Teknologi dan Kejuruan, Vol. 32(2), hal 129-140

Wahyudi. 2015. Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar BiologiSiswaKelas X SMA Negeri Jumapolo Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Bio-Pedagogi, Vol. 4 (1), hal 5-11

Widayanto. 2009. Pengembangan Keterampilan Proses dan Pemahaman Siswa Kelas X Melalui Kit Optik. Jurna lpendidikan fisika indonesia, Vol. 5 (1),hal 1-7

Widodo.2013. Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Problem Based Learning pada Siswa Kelas VIIA MTs Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal fisika indonesia, Vol. XVII (49), hal32-35

Wulandari, Bekti. 2013. Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar PLC Di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 3(2), hal 178-19




DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v1i1.1195

Article Metrics

 Abstract Views : 2459 times
 PDF Downloaded : 366 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Syarifah Rita Zahara

Creative Commons License

Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.

View My StatsFlag Counter