ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA DALAM MERANGKAI RANGKAIAN ELEKTRONIKA SEDERHANA

Izkar Hadiya

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengukur Keterampilan Proses Sains (KPS) yang merupakan  keterampilan penting dalam praktikum pada materi sains. KPS yang tinggi menunjukkan bahwa mahasiswa telah mencapai tujuan pembelajaran yaitu penguasaan konsep yaitu materi elektonika dasar. Penelitian ini menggunakan desain One-Shot Case Study yaitu menerapkan project base learning (PBL) dalam merangkai rangkaian elektronika sederhana. Selanjutnya mengukur KPS mahasiswa berdasarkan soal KPS yang diberikan pada akhir pembelajaran. Purposive sample digunakan adalah mahasiswa fisika yang mengambil Mata kuliah elektronika dasar sebanyak 30 orang. KPS mahasiswa yang diukur meliputi mengidentifikasi variabel, mengungkapkan pengertian variabel, menginterpretasi data, mengklasifikasi data, menghubungkan antar data, memformulasikan model, menarik kesimpulan, dan menyatakan praduga sementara. Hasil penelitian menujukkan bahwa KPS mahasiswa secara keseluruhan 80.0 ± SD 7.886 atau berada dalam kategori baik.

 

Kata Kunci : Keterampilan Proses Sains, Rangkaian elektronika, Project Base Learning


Full Text:

PDF

References


Lepiyanto, A. (2014). Analisis Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran Berbasis Praktikum. BIOEDUKASI. Jurnal Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Metro. Vol 5. No 2. Hal. 157.

Okudan. Gul E. dan Sarah E. Rzasa. 2004. A Project-Based Approach to Entreprenurial Leadership Education. Journal Technovation. Desember. Volume XX. Page 1-16.

Prilianti, R. (2014). Ketrampilan Proses Sebagai Penerapan Pendekatan Scientific Dalam Pembelajaran IPA . http://bdksemarang.kemenag.go.id.

Rais. (2009). Pengembangan Model Project Based Learning: Suatu Upaya Meningkatkan Kecakapan Akademik Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin UNM.Laporan Penelitian Tahun I DP2M DIKTI-LEMLIT UNM.

Rais. (2010). Pengembangan Model Project Based Learning: Suatu Upaya Meningkatkan Kecakapan Akademik Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin UNM.Laporan Penelitian Tahun II DP2M DIKTI-LEMLIT UNM.

Rais, Muh. (2010). Project-Based Learning: Inovasi Pembelajaran Yang Berorientasi Soft Skills. Makalah Pendamping dalam Seminar Nasional Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya

Rosenfeld, Sherman; Benhur, Yehuda. (2001). Project-Based Learning (PBL) In Science and Technology: A Case Study of Professional Development. Journal of Action Research and Professional Development. Volume II. Page 460-480.

Sukarno, Permanasari, A., & Hamidah, I. (2013). Science Teacher Understanding to Science Process Skills and Implications for Science Learning at Junior High School (Case Study in Jambi). International Journal of Science and Research (IJSR), 2(6), 450-454.

Tasiwan. (2015). Efek Pembelajaran Berbasis Proyek Terbimbing terhadap Perkembangan Keterampilan Proses dan Sikap Sains Siwa. Berkala Fisika Indonesia, 7(2), 39-48.

Widyaningsih, S.W dan I. Yusuf. (2016). Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Melalui Penggunaan Media Laboratorium Virtual Pada Mata Kuliah Fisika Dasar Universitas Papua. Pancaran, Vol. 5, No. 3, hal 99-110.

Yennita, MugiSukmawati, dan Zulirfan. (2012). Hambatan Pelaksanaan Praktikum IPA Fisika yang Dihadapi Guru SMP Negeri di Kota Pekanbaru. Jurnal Pendidikan, 3(1): 1-11.




DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v1i1.1193

Article Metrics

 Abstract Views : 518 times
 PDF Downloaded : 109 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Izkar Hadiya

Creative Commons License

Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.

View My StatsFlag Counter