PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR

Baiq Ayu Ruhana, Lalu Ahmad Didik Meiliyadi, Muhammad Zaini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi suhu dan kalor. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini mengunakan sampel dengan jumlah 39 siswa yang terbagi menjadi dua kelas dengan 19 siswa sebagai kelas eksperimen dan sisanya sebagai kelas kontrol. Kedua kelas ini diberi dua perlakuan yang berbeda pada kelas eksperimen diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran discovery learning sedangkan pada kelas control di beri perlakuan model pembelajaran konvensional. Kedua kelas diberikan soal tes yang sama untuk memperoleh hasil dari perlakuan. Berdasarkan analisis data menggunakan deskriftif statistik pada kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 19 orang dan pada kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang setelah dilakukan analisis data diperoleh dimana pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata 80,00 dan standar deviasi 3,73. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai tertinggi 75 dan nilai terendah 55 dengan nilai rata-rata 68,75 dan standar deviasi 5,82. Berdasarkan uji statistik yang telah dilakukan, kemampuan berpikir kritis siswa yang dilihat pada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning cukup baik dari pada hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model biasa atau dalam hal ini adalah model konvensional. Oleh karena itu hasil penelitian ini menunjukan adanya pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi suhu dan kalor.


Keywords


learning, berpikir kritis, suhu dan kalor

Full Text:

PDF

References


Aldila Afriansyah, E., Herman, T., Turmudi, & Afgani Dahlan, J. (2021). Critical thinking skills in mathematics. Journal of Physics: Conference Series, 1778(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1778/1/012013

Anawati, R. Y., Mujasam, M., Widyaningsih, S. W., & Yusuf, I. (2020). Pengaruh Discovery Learning Berbasis Alat Peraga Sederhana Fisika Materi Usaha Dan Energi Terhadap Higher Order Thinking Skills (Hots). Curricula: Journal of …, 5(3), 119–128. https://doi.org/10.22216/jcc.2020.v5i3.4446

Aprilianingrum, D., & Wardani, K. W. (2021). Meta Analisis: Komparasi Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Basicedu, 5(2), 1006–1017. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.871

Bahari, N. K. I., Darsana, I. W., & Putra, D. K. N. S. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Lingkungan Alam Sekitar terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 103. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15488

Cintia, N. I., Kristin, F., & Anugrahaeni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1), 69–77. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/pip/article/download/6666/4909/&ved=2ahUKEwjHr9-W6IriAhXFgeYKHZolBawQFjACegQIBRAB&usg=AOvVaw0NKehPpgnsIr_syA3N9Itv&cshid=1557280285653

Desyandri, D., Muhammadi, M., Mansurdin, M., & Fahmi, R. (2019). Development of integrated thematic teaching material used discovery learning model in grade V elementary school. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 7(1), 16–22. https://doi.org/10.29210/129400

Hidayat, R., Hakim, L., & Lia, L. (2019). Pengaruh Model Guided Discovery Learning Berbantuan Media Simulasi PhET Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(2), 97. https://doi.org/10.20527/bipf.v7i2.5900

Hidayat, T., Mawardi, & Astuti, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Melalui Model Pembelaran Discovery Learning Pada Tema Indahnya Keberagamandi Negeriku. Jurnal Pendidikan Unsika, 7(1), 1–10. http://journal.unsika.ac.id/index.php/judika

Kencana Sari, F. F., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Inquiry dan Discovery Learning Bermuatan Karakter terhadap Keterampilan Proses Ilmiah Siswa Kelas V dalam Pembelajaran Tematik. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 4(1), 1. https://doi.org/10.26737/jpdi.v4i1.929

Khofifah, L., Supriadi, N., & Syazali, M. (2021). Model Flipped Classroom dan Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematis. Prisma, 10(1), 17. https://doi.org/10.35194/jp.v10i1.1098

Ko’o, E., Meiliyadi, L. A. D., & Bahtiar. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Multiple Intelligences Pada Materi Kalor Kelas VII MTs Miftahul Ishlah. Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 1(4), 1–18. https://doi.org/10.29103/relativitas.v5i1.6979

Lalu A, D. (2017). Pengukuran Kalor Jenis Material Menggunakan Modifikasi Persamaan Teorema Stefann Boltzman. Fisika Dan Pendidikan Fisika, 2(2), 1.

Maharani, B. Y., & Hardini, A. T. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Benda Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa. E-Jurnalmitrapendidikan, 1, 549–561.

Mentari, W. (2014). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 7(2), 107–115.

Muhsin, M. (2019). Application of Talking Stick Learning Model to Improve Students’ Positive Attitude and Learning Achievement in the Subject of Heat. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 32–48. https://doi.org/10.26618/jpf.v7i1.1685

Mukarromah, A. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Pada Model Discovery Learning Berdasarkan Pembelajaran Tematik. Indonesian Journal of Primary Education, 2(1), 38. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i1.11844

Novayani, S., Nufida, B. A., & Mashami, R. A. (2015). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 3(1), 253. https://doi.org/10.33394/hjkk.v3i1.669

Nur’aini, Didik, L. A., & Bahtiar. (2020). Analisis Miskonsepsi Tentang Kemagnetan Pada Siswa MTs Ishlahul Muslimin Senteluk Kelas IX Tahun Ajaran 2018/2019. RELATIVITAS: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 2(2), 8–15. https://doi.org/10.29103/relativitas.v3i1.2022

Nurazizah, S., & Nurjaman, A. (2018). Analisis Hubungan Self Efficacy Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Pada Materi Lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 361. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p361-370

Ponidi, P., Waziana, W., Kristina, M., & Gumanti, M. (2020). Model of Utilizing Discovery Learning to Improve Mathematical Learning Achievements. Attractive : Innovative Education Journal, 2(1), 41. https://doi.org/10.51278/aj.v2i1.27

Prajono, R., Gunarti, D. Y., & Anggo, M. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik SMP Ditinjau dari Self Efficacy. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 143–154. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.1072

Prani, A. I. E., Wartono, & Sulur. (2016). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Penguasaan Konsep Fisika Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Interactive Demonstration. Jurnal Riset Pendidikan Fisika, 1(1), 1–4. http://journal2.um.ac.id/index.php/jrpf/article/view/871

Puspitasari, Y., & Nurhayati, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 7(1), 93–108. https://doi.org/10.47668/pkwu.v7i1.20

Putri, A., Roza, Y., & Maimunah, M. (2020). Development of Learning Tools with the Discovery Learning Model to Improve the Critical Thinking Ability of Mathematics. Journal of Educational Sciences, 4(1), 83. https://doi.org/10.31258/jes.4.1.p.83-92

Rahmayani, A. L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Menggunakan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 4(1), 59. https://doi.org/10.26740/jp.v4n1.p59-62

Ritdamaya, D., & Suhandi, A. (2016). Konstruksi Instrumen Tes Keterampilan Berpikir Kritis Terkait Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 02(2), 87–96. https://doi.org/10.21009/1.02212

Salmi, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas Xii Ips.2 Sma Negeri 13 Palembang. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 6(1), 1–16. https://doi.org/10.36706/jp.v6i1.7865

Syamsir, M., Danial, M., & Syahrir, M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA SMP Berbasis Discovery Learning Berorientasi Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik. Chemistry Education Review (CER), 3(2), 205. https://doi.org/10.26858/cer.v3i2.13771

Taqwa, M. R. A., Priyadi, R., & Rivaldo, L. (2019). Pemahaman Konsep Suhu Dan Kalor Mahasiswa Calon Guru. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 56. https://doi.org/10.24127/jpf.v7i1.1547

Trianingsih, A., Husna, N., & Prihatiningtyas, N. C. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Persamaan Lingkaran di Kelas XI IPA. Variabel, 2(1), 1. https://doi.org/10.26737/var.v2i1.1026

Wahyudi, F., Didik, L. A., & Bahtiar. (2021). Pengembangan Instrumen Three Tier Test Diagnostik Untuk Menganalisis Tingkat Pemahaman Dan Miskonsepsi Siswa Materi Elastisitas Development of Three Tier Diagnostic Instruments Test To Analyze Student’S Level of Understanding and Misconceptions of Elastic. 4(2). https://doi.org/10.29103/relativitas.v4i2.5184

Wati, R. Y., Ningrat, H. K., & Didik, L. A. (2021). Pembelajaran fisika berbasis CTL melalui metode eksperimen untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar materi tata surya. Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 9(1), 40–49. https://doi.org/10.23971/eds.v9i1.2103

Windarti, Y., Slameto, S., & Widyanti S, E. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Tematik Kelas 4 Sd. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 150. https://doi.org/10.31764/pendekar.v1i1.353




DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v6i1.10375

Article Metrics

 Abstract Views : 950 times
 PDF Downloaded : 247 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Baiq Ayu Ruhana, Lalu Ahmad Didik Meiliyadi, Muhammad Zaini

Creative Commons License

Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.

View My StatsFlag Counter