PENGARUH LIKUIDITAS DAN PROFITABILITAS TERHADAP PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING PADA BANK UMUM SYARIAH INDONESIA

Murni Murni, Imam Malik, Nurul Ula

Abstract

This research aims to determine the influence of liquidity and profitability on the disclosure of Islamic Social Responsibility in Sharia Commercial Banks in Indonesia in 2019-2021. Using a quantity approach with secondary data, namely the annual financial reports of Sharia Commercial Banks in Indonesia for the 2019-2021 period. The data analysis technique uses multiple linear regression so that
the results obtained are that liquidity and profitability have no effect on Islamic Social Responsibility in Sharia Banking in Indonesia for the 2019-2021 period, simultan or partially

Keywords

Liquidity; Profitability; Islamic Social Responsibility

Full Text:

PDF

References

Alma, B., & Priansa, D. J. (2014). Manajemen bisnis syariah: Menanamkan nilai dan praktik syariah dalam bisnis kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Aini, N., Susilowati, Y., Indarti, K., & Age, R.F. (2017). Pengaruh umur perusahaan, ukuran perusahaan, leverage, likuiditas, profitabilitas, dan kinerja lingkungan hidup terhadap pengungkapan islamic social reporting pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) Tahun 2012-2015. Dinamika Akuntansi, Keuangan dan Perbankan, 6(1), 67-82.

Fatmawati, D. (2015). Pengaruh Pembiayaan Murabahah Terhadap Profitabilitas (ROA dan ROE) PT Bank Syariah Mandiri Branch Bondowoso. Skripsi Institut Agama Islam Negeri Jember, (Jember: Perpustakaan Digital Library Institut Agama Islam Negeri Jember, 2016), 54.

Gatandi, A, T dan Filianti, D. (2021). Determinants Of Disclosure Of Islamic Social Reporting In Sharia Commercial Banks In Indonesia 2015-2019. Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan, 1 (6), 727-742.

Haniffa, R. (2002). Social Reporting Disclosure-An Islamic Perspective. Indonesia Management Accounting Research, 1 (2), 120-150.

Herawati, H., Rawi, R., & Destiana, R. (2019). Pengaruh ROA dan ukuran dewan pengawas syariah terhadap Islamic social reporting pada bank umum syariah. Jurnal Akuntansi, 14(1), 1-12.

Lestari, S. (2016). Pengaruh tingkat profitabilias, likuiditas, leverage, ukuran perusahaan, dan umur perusahaan terhadap pengungkapan Islamic social reporting pada perbankan syariah Indonesia tahun 2010-2014. Jurnal Akuntansi Unesa, 4(2).

Othman, R., Thani, A.Md., & Ghani, E.K. (2009). Determinants of Islamic social reporting among top shariah-approved companies in bursa Malaysia. Research Journal of International Studies, 12, 4-20.

Putri, R.K., & Kurnia, P. (2017). Pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, likuiditas, dan basis kepemilikan terhadap corporate social responsibility pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2012-2014. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi, 4(1), 558-571

Ramadhani, F. (2016). Pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, dan ukuran dewan pengawas syariah terhadap pengungkapan Islamic social reporting (Studi empiris pada bank umum syariah di Indonesia tahun 2010-2014). Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi, 3(1), 2487-2500.

Wulandari, Fitri. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Kinerja Lingkungan dan Leverage Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting. Accounting Jurnal. 5 : 1-15.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.