PENERAPAN KODE ETIK (CODE OF CONDUCT) PERBANKAN TERHADAP PEMEGANG SAHAM DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM
Abstract
Artikel ilmiah ini membahas tentang penerapan etika bisnis dalam konteks Islam, khususnya dalam hubungannya dengan pemegang saham bank syariah. Etika bisnis dalam Islam berakar pada konsep hubungan manusia dengan manusia, manusia dengan lingkungannya, dan manusia dengan Tuhan. Penerapan Pembatasan kepemilikan saham pada bank syariah sebagai upaya untuk menghindari dominasi pihak tertentu yang dapat memengaruhi manajemen bank. Namun, masalah utama adalah menentukan pemegang saham mayoritas, dan bank sentral masih mempertimbangkan aturan pembatasan ini. Pentingnya kode etik bank (Code of Conduct) sebagai panduan etika internal yang memandu hubungan antara manajemen, karyawan, dan pemegang saham. Kode etik ini mencakup prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik, keterbukaan, akuntabilitas, dan tanggung jawab. Dalam perspektif etika bisnis Islam, menerapkan konsep pembangunan berkelanjutan, menghindari perilaku tidak etis, dan menumbuhkan saling percaya antara pengusaha kuat dan lemah. Konsep-konsep ini penting untuk menciptakan lingkungan bisnis yang etis dan berkelanjutan dalam Islam.
Keywords
References
Afdawaiza, “Etika Bisnis dan Ekonomi dalam Pandangan Al-Ghazali,” Jurnal ESENSIA, Volume.10, Nomor.2, Juli 2009.
Bank BTPN, Kode Etik (Code of Ethic) PT Bank BTPN Tbk, https://www.btpn.com/pdf/investor/dokumen-tata-kelola/kode-etik-2020_final-januari-bilingual_rev-27.01.2020-upload-.pdf
Bank Mandiri, Tata Tertib Good Corporate Governance (GCG) PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. https://bankmandiri.co.id/documents/38268824/50360399/GCG+Charter+%28Indonesia%29.pdf/20caa754-9c72-a91f-f24d-26939e13981d?t=1651108400183, akses tanggal 14 September 2023.
Beukun, Rafik Issa, Etika Bisnis Islami, alih bahasa Muhammad, cetakan I, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004.
Bisnis Indonesia, “Saham Bank: BI Masih Mencari Formula Ideal,” Kamis 12 Januari 2012, http://www.bisnis.com/articles/saham-bank-bi-masih-mencari-formula-ideal, akses 22 Januari 2012.
Giri, Gabrielle, “Membangun dan Mengembangkan Etika Bisnis dalam Perusahaan,” http://gabrielgirierlangga.blogspot.com/2011/11/membangun-dan-mengembangkan-etika.html, akses 14 Januari 2012.
-------------, Etika Bisnis Moral dan Etika dalam Dunia Bisnis,” http://gabrielgirierlangga.blogspot.com/2011/11/etika-bisnis-moral-dan-ektika-dalam.html, akses 14 Januari 2012.
Jurnal Nasional, “Untung-Rugi Pembatasan Kepemilikan Saham Bank Syariah,” Jum’at, 15 Juli 2011, http://www.jurnas.com/halaman/5/2011-07-15/176318, akses 22 Januari 2012.
Kholiq, Achmad, “Etika Bisnis dalam Perspektif Islam,” http://www.ar-raniry.ac.id/?content=article_detail&idb=39, akses 20 November 2011.
Naqvi, Syed Nawab Haider, Menggagas Ilmu Ekonomi Islam, alih bahasa M. Saiful Anam, cetakan. I, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003.
Pradohono dan Yulius Christiawan, “Pengaruh Economic Value Added (EVA), Residual Income, Earnings dan Arus Kas Operasi Terhadap Return yang Diterima Pemegang Saham,” Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Volume.6. Nomor.2, November, 2004.
Rais, “Etika Bisnis dalam Perspektif Pemikiran Al-Ghazali,” http://masrais.multiply.com/journal/item/10/ETIKA_BISNIS_DALAM_PERSPEKTIF_PEMIKIRAN_AL_GHAZALI, akses 14 Januari 2012.
Shihab, M. Quraish, Wawasan Al-Qur’an, Bandung: Mizan, 1999.
Wikipedia, “Pemegang Saham,” http://.id.wikipedia.org/wiki/Pemegang_Saham, akses 14 Januari 2012.
Refbacks
- There are currently no refbacks.