PENGARUH HARGA DAN KELENGKAPAN PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA SWALAYAN LILAWANGSA MART DI LHOKSEUMAWE
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel harga dan variabel kelengkapan produk terhadap kepuasan konsumen pada Swalayan Lilawangsa Mart. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh pengunjung yang melakukan pembelian di Swalayan Lilawangsa Mart. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 orang pengunjung yang memlaukan pembelian produk yang diperoleh dengan teknik sampel Non-Probability Sampling dengan metode Accidental sampling. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data primer yang diperoleh dengan cara membagikan kuisioner dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda yang diuji dengan bantuan aplikasi SPSS versi 25. Hasil dari dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel harga dan variabel kelengkapan produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Dan secara simultan variabel harga dan kelengkapan produk secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen.
Keywords
References
Abdullah, T., & Trantri, F. (2012). Manajemen Pemasaran. Depok: Radjarafindo Perdana.
Arianty, N., Jasin, H., Nasution, P. L. K., & Cjristina, I. (2016). Manajemen Pemasaran. Medan: Perdana Publishing.
Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Dipenogoro.
Kotler dan Amstrong. (2008). Prinsip - Prisip Pemasaran Edisi 12. Jilid 1., Jakarta: Erlangga
Kotler, P, Armstrong, G., & Opresnik, M. (2017). Principles of Marketing (17 edition.). New Jersey: Person.
Kotler, Philip. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga
Saladin, Djaslim. (2006). Manajemen Pemasaran. Bandung: Lina Karya
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: C.V. Alfabeta.
Suharno, & Sutarso, Y. (2010). Marketing in Practice. Yoyakarta: Graha Ilmu.
Swastha, Basu & Irawan. (2001). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty Offsett.
Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Bisnis Pemasaran. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, Fandy. (2012). Strategi Pemasaran, Edisi Ketiga. Yogyakarta: ANDI.
Tjiptono, Fandy. (2015). Strategi Pemasaran Edisi 4. Yogyakarta: ANDI
Utami, Christina W. (2010). Manajemen Ritel. Edisi Kedua. Salemba Empat, Jakarta.
Aristo, Stephanus Felix. (2016). Pengaruh Produk, Harga dan Promosi Terhdap Keputusan Pembelian Konsumen Woles Chips. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis. Vol.1, No.4. Hal: 441- 447
Gadeng, Tarmizi. (2018). Pengaruh Ekspektasi Pelanggan, Kelengkapan Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Indomaret di Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh 8.2
Musmuliadin, Widarko, A., & ABS, M. K. (2020). Pengaruh Harga, Promosi, Lokasi, Kelengkapan Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus pada Mahasiswa UNISMA yang Berbelanja di Indomaret). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 9 (06).
Nur Prabowo, Wahyu. (2015). Pengaruh Harga, Promosi, Lokasi, Kelengkapan Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Empiris Pada Konsumen Indomaret di Kabupaten Karanganyar). Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Pertiwi, Elsa. Lintang. (2017). Pengaruh kualitas produk kelengkapan produk dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen toko roti Yulia Bakery Kota Kediri. vol, 1, 1-16.
Raharjani, Jeni. (2005). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pemilihan Pasar Swalayan Sebagai Tempat Berbelanja (Studi Kasus Pada Pasar Swalayan di Kawasan Seputar Simpang Lima Semarang). Jurnal Studi Manajemen & Organisasi, Vol. 2 No. 1 Hal 1-15.
Refbacks
- There are currently no refbacks.